7 Manfaat Komik dalam Dunia Pendidikan, Apa Saja?

Secara sederhana, komik adalah kisah yang disampaikan dengan urutan kerangka berilustrasi. Berikut sederet manfaat komik dalam dunia pendidikan.
Komik termasuk cara bercerita grafis dengan gambar lebih mendominasi daripada teks tulisan. Beberapa komik disajikan secara ringkas dan pendek dengan beberapa halaman atau beberapa bingkai saja.

Setiap bingkai dalam komik dirancang sedemikian rupa untuk menghadirkan pemahaman pembaca, sebagaimana tertulis dalam buku bertajuk Kedudukan Komik dalam Pendidikan Sains dan Pertanyaan Penggerak untuk Memotivasi Minat Siswa karya Kenneth Tobin.

Di samping itu, pembaca juga dituntut berimajinasi agar mampu memahami cerita yang ada di setiap bingkai sehingga mampu memahami cerita seutuhnya.

Lantas, apakah komik dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam tujuan pendidikan?

Peran Komik dalam Bidang Pendidikan

Dalam konteks pendidikan, komik merupakan salah satu bentuk penyajian bahan ajar yang disampaikan melalui cerita bergambar. Komik memuat beberapa unsur, yakni kombinasi antara gambar, teks, dan dialog.

Mengutip buku berjudul Penggunaan Bahan Ajar Komik Digital karya Husnul Khotimah, penggunaan komik dalam rangka mengembangkan literasi membaca merupakan salah satu strategi yang efektif.

Beberapa komik dikembangkan sebagai media pembelajaran dengan tujuan pendidikan. Tidak hanya untuk menghibur, nyatanya komik juga dapat mentransfer informasi serta mengkomunikasikan suatu konsep.

Komik memuat gambar menarik yang mampu memancing rasa penasaran peserta didik sehingga membuat mereka mau membaca tanpa harus diperintah oleh guru.

Akan tetapi penggunaan komik disesuaikan dengan mata pelajaran, tingkat pendidikan, dan tujuan pendidikan. Hal ini dikarenakan komik lebih menarik bagi anak-anak daripada pendidikan tradisional.

Manfaat Komik dalam Dunia Pendidikan

Penggunaan komik dalam kegiatan belajar mengajar dapat membuat peserta didik merasa lebih santai, senang, dan tidak merasa tegang.

Keadaan yang mendukung proses pembelajaran peserta didik, tentunya akan berpengaruh juga terhadap hasil capaian pembelajaran.

Adapun beberapa manfaat komik dalam dunia pendidikan di antaranya:

  1. Mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif
  2. Membangun konteks afektif yang positif dan minat dalam teori pengajaran dan pembelajaran
  3. Mendorong peserta didik untuk berpikir kritis
  4. Memotivasi peserta didik
  5. Meningkatkan penguasaan kosakata
  6. Meningkatkan keterampilan multimodal selama proses pembelajaran
  7. Meningkatkan pendidikan karakter

Demikian penjelasan mengenai peran dan manfaat komik dalam dunia pendidikan. Semoga membantu.

Kurikulum Merdeka untuk SLB, Ada Mapel dengan Porsi Paling Besar

Struktur Kurikulum Merdeka untuk siswa SLB mengacu pada struktur Kurikulum Merdeka untuk siswa SD, SMP, dan SMA reguler.  Namun, juga ada penyesuaian untuk peserta didik yang memiliki hambatan intelektual.
Para siswa SLB yang tidak memiliki hambatan intelektual bisa mengikuti kurikulum reguler, dengan penyesuaian terhadap kondisi murid yang bersangkutan. Mengutip dari laman Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbudristek, penyesuaian ini diberlakukan untuk keterampilan fungsional dan mata pelajaran yang menunjang kebutuhan tersebut.

Di samping itu, Capaian Pembelajaran (CP) pendidikan khusus juga disusun berdasarkan CP reguler yang dimodifikasi sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Siswa SLB yang tidak mempunyai hambatan intelektual, bisa tetap memakai CP yang sama dengan satuan pendidikan reguler. Demikian dikatakan dalam media sosial Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek.

Kurikulum Merdeka untuk siswa SLB memberikan porsi paling besar untuk mata pelajaran keterampilan. Sebab, proyeksi pembelajarannya adalah kemandirian, sehingga murid dipersiapkan sebagai lulusan yang siap kerja dan bisa berwirausaha.

Selain beberapa hal di atas, ada beberapa hal lain mengenai seluk beluk Kurikulum Merdeka untuk SLB yang perlu dipahami. Simak pemaparannya, mengutip dari laman Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbudristek.

Kurikulum Merdeka SLB

1. Untuk SMPLB dan SMALB, porsi jam pelajaran paling besar adalah mapel kelompok keterampilan. Sementara, untuk SDLB adalah seni dan budaya.

2. Siswa SMPLB dan SMALB memilih satu jenis keterampilan sesuai bakat dan minatnya di kelas VIII. Saat di kelas VII, siswa bisa memilih 2 jenis keterampilan atau lebih.

3. Sekolah bisa mengembangkan jenis keterampilan secara mandiri sesuai kebutuhan dan karakteristik daerahnya, serta ketersediaan SDM.

4. Mapel seni budaya di SMPLB dan SMALB pada kelompok mapel umum, berfungsi untuk sarana apresiasi dan terapi, sedangkan mapel seni pada kelompok keterampilan berfungsi untuk pembekalan profesi.

5. Program kebutuhan khusus di SMALB adalah mapel wajib, seperti di SDLB dan SMPLB.

6. Pengampu mapel program kebutuhan khusus adalah guru pendidikan khusus, guru mapel lain, atau guru kelas yang dinilai layak oleh kepala sekolah. Guru mapel lain atau guru kelas, wajib memperoleh pelatihan kompetensi program kebutuhan khusus.

7. Penentuan fase siswa didasarkan pada hasil asesmen diagnostik.

8. Murid berkebutuhan khusus dari SLB bisa melanjutkan sekolah ke satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif dengan mengikuti kelas transisi.

9. Alokasi jam pelajaran sifatnya fleksibel, sehingga satuan pendidikan/sekolah bisa menyesuaikan beban belajar dengan karakteristik, kebutuhan belajar, dan/atau kebutuhan akademik, budaya, sosial, dan sebagainya.

10. Muatan pelajaran kepercayaan untuk penganut kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dilakukan sebagaimana perundang-undangan yang mengatur layanan pendidikan kepercayaan kepada Tuhan YME.

11. Program magang diatur lebih lanjut oleh pemimpin unit utama yang menangani kurikulum, asesmen, dan perbukuan.

12. Proses identifikasi dan penumbuhkembangan minat, bakat, dan kemampuan siswa dilaksanakan oleh guru yang dikoordinasikan oleh guru BK. Jika guru BK belum mencukupi, maka koordinasi dilakukan guru lainnya.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Kurikulum Merdeka untuk SLB.

Daftar 6 Universitas Negeri di Malang dan Ini Jurusan Favoritnya

Malang menjadi salah satu kota pilihan terfavorit sebagai tempat kuliah. Persepsi masyarakat yang tinggi didukung dengan banyaknya universitas negeri di Malang. Apalagi ada banyak tempat wisata di Malang yang bisa dikunjungi. Maka tidak mengherankan jika banyak pelajar yang ingin berkuliah di Malang.

6 Universitas Negeri di Malang dan Jurusan Terfavorit

Hingga saat ini terdapat 6 universitas negeri di Malang. Semuanya terkenal dan para pelajar antusias untuk mendaftar di ke-enam perguruan tinggi negeri itu. Apalagi tersedia banyak jurusan yang bisa dipilih. Bahkan orang-orang sangat semangat untuk mendaftar di jurusan favorit.

Apa sajakah universitas negeri di Malang dan jurusannya yang paling laris peminat? Simak baik-baik ya! Berikut ini adalah 6 universitas negeri di malang dan jurusannya

1. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya adalah universitas terbaik di Malang sejak jaman dulu hingga saat ini. UB merupakan salah satu universitas negeri di Malang akreditasi A. Kabar baiknya, ada banyak jurusan di UB yang telah terakreditasi A. Biasanya ada pada jurusan favorit. Jurusan favorit di UB tentu saja Kedokteran. Adapun jurusan lain yang difavoritkan di UB adalah Ilmu Hukum, Administrasi Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Komunikasi. Jumlah peminat yang mendaftar saat SBMPTN pasti lebih dari 2000 loh!

Di sini juga ada jurusan yang baru dan masih belum banyak yang tahu yaitu D4 Manajemen Perhotelan dan D4 Desain Grafis. Prospek kerjanya juga besar, makanya jurusan ini dihadirkan di UB.

2. Universitas Negeri Malang (UM)

UM adalah kampus pendidikan kebanggaan arek Malang. Sebab UM-lah kampus pendidikan ternama di Indonesia yang banyak mencetak guru-guru berprestasi. Akreditasi Universitas Negeri Malang adalah A. Tentu saja, ada banyak pula program studi di UM yang terakreditasi A.

Terdapat 59 program studi di UM. Adapun jurusan terfavorit adalah Ilmu Kesehatan Masyarakat, Teknik Informatika, Psikologi, Pendidikan Guru SD, Akuntansi, dan Manajemen. Iya, meski menyangga slogan Learning University, namun UM juga menyediakan jurusan non pendidikan.

3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Ini adalah kampus islami yang dibangga-banggakan warga Malang. Di sinilah tempat mahasiswa belajar ilmu pengetahuan sekaligus mendalami ilmu agama. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah terakreditasi A dan tercatat secara resmi oleh BAN PT.

Di sini terdapat 8 fakultas dan 32 jurusan. Adapun jurusan terfavorit di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah Kedokteran. Di sini lebih banyak jurusan yang khas akan keislamannya, namun tidak menutup peluang untuk jurusan umum dengan rumpun soshum maupun humaniora.

4. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Tenaga kesehatan di Malang dan Jawa Timur, umumnya merupakan lulusan dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Hal ini wajar lantaran kampus ini memiliki kurikulum dan sistem pembelajaran yang baik sehingga mampu mencetak tenaga kesehatan yang handal dan profesional.

Hingga saat ini terdapat 4 jurusan dengan 24 program studi di Poltekkes Kemenkes Malang. Adapun jurusan yang tergolong baru dan memiliki prospek kerja besar antara lain D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, D3 Asuransi Kesehatan, dan D3 Teknologi Bank Darah.

5. Politeknik Negeri Malang (Polinema)

Ini juga merupakan politeknik kebanggaan warga Malang. Di sinilah para teknisi handal dibina dan digembleng untuk menjadi teknisi yang handal dan profesional di bidangnya. Polinema telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

Di sini terdapat 14 program studi D3 dan 11 program studi D4. Jurusan terfavorit di sini yaitu D3 Administrasi Niaga, D4 Teknik Informatika, dan D4 Akuntansi Manajemen. Ketiga jurusan tersebut memiliki peminat lebih dari 3000 saat pembukaan pendaftaran.

6. Politeknik Pembangunan Pertanian Malang

Ini adalah universitas negeri di Malang yang bisa dibilang sebagai kampus hidden gem di Malang. Dulunya kampus ini bernama Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang. Politeknik Pembangunan Pertanian Malang telah terakreditasi B dari BAN PT.

Baca juga : 7 Kampus di Kota Balikpapan yang Terkenal

Di sini terdapat 3 jurusan, yaitu Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Agribisnis Peternakan, dan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan. Saat ini, sedang dibuka lowongan pekerjaan CPNS besar-besaran untuk penyuluh pertanian, dan beberapa tahun ke depan Indonesia akan berfokus untuk mengembalikan kejayaan sebagai negara agraris.

Untuk mewujudkan generasi hebat yang mampu membangun negeri, telah disediakan banyak beasiswa untuk para mahasiswa. Bila kamu tertarik mencari beasiswa, coba cari tahu informasinya di universitas123 ya!

Cara Mendapatkan Beasiswa di Korea Biar Kuliah Gratis!

Korean Government Scholarship Program (KGSP) merupakan cara mendapatkan beasiswa di Korea untuk mahasiswa internasional. Program dari pemerintah Korea Selatan ini terbilang menarik, karena kamu tidak perlu mengeluarkan dana untuk biaya hidup juga biaya kuliah.

Untuk memperoleh beasiswa tersebut, kamu wajib ikut kursus selama satu tahun di kampus kamu. Kursus tersebut adalah untuk memperdalam kemampuan Bahasa Korea. Jika sebelum mendaftar, kamu sudah punya skor TOPIK level 5, maka syarat kursus Bahasa bisa gugur.

Jadi, penerima beasiswa yang ingin kuliah di Korea pasti membutuhkan waktu hingga 5 tahun untuk kuliah S1 (1 tahun harus kursus Bahasa + 4 tahun masa kuliah S1). Sedangkan untuk program beasiswa S2, mahasiswa internasional harus menuntaskan perkuliahan selama tiga tahun (2 tahun perkuliahan + 1 tahun kursus Bahasa Korea). Untuk S3, harus kuliah 4 tahun.

Keuntungan Beasiswa KGSP

Berikut adalah manfaat memperoleh beasiswa KGSP di Korea:

  • Tiket pulang-pergi ke Korea gratis
  • Biaya kuliah dari awal sampai lulus gratis
  • Memperoleh uang tempat tinggal 200,000 Won
  • Biaya hidup 800,000 Won (Mahasiswa S1) dan 900,000 Won (Mahasiswa S2)
  • Biaya berobat 20,000 Won per bulan
  • Biaya kursus Bahasa 800,000 Won tiap 4 bulan
  • Penghargaan tambahan bagi mahasiswa berprestasi dalam Bahasa Korea (TOPIK skor sampai level 5) sebesar 100,000 Won
  • Bantuan penelitian 210,000 – 240,000 Won tiap semester
  • Biaya disertasi atau perkuliahan 500,000 – 800,000 Won

Syarat dan Jadwal Pendaftaran KGSP

Untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan beasiswa di Korea, maka harus memenuhi syarat berikut:

  • Bukan warga negara korea
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia di bawah 25 tahun untuk program S1, dan tidak lebih dari 40 tahun untuk S2
  • Lulus SMA dengan baik untuk program S1
  • Punya gelar Bachelor atau Master untuk program S2
  • Belum pernah daftar kuliah ke perguruan tinggi di Korea
  • Penerima KGSP bisa ikut daftar lagi, hanya senyak satu kali. Jika sudah memperoleh skor TOPIK level 4, atau sudah menerima surat rekomendasi Kedutaan Korea
  • GPA 80% ke atas dari pendidikan sebelumnya

Jadwal Pendaftaran mulai Oktober – November dengan hasil pengumuman pada bulan januari. Akhir februari, kamu harus tiba di Korea, jika mengambil program S1.

Sedangkan jadwal pendaftaran program beasiswa S2 adalah setiap Maret-April dengan hasil penerima beasiswa diumumkan bulan Juni. Penerima beasiswa wajib datang ke Korea bulan Agustus.

Cara Daftar Beasiswa Korea

Berikut adalah cara mendapatkan beasiswa di Korea:

  1. Isi formulir terlebih dahulu, dengan pilih universitas tersedia. Formulir hanya dapat diisi ketika pengumuman pendaftaran sudah resmi keluar.
  2. Sertakan berbagai dokumen berikut, dan wajib sudah dalam bentuk terjemahan dari penerjemah tersumpah;
    • Rapor & Ijazah SMU, awal hingga akhir semester, terjemahan wajib sudah legalisir sekolahAkte lahir sudah terjemahan dan dilegalisir notaris
    • Kartu keluarga
    • KTP orang tua dan pendaftar
  3. Dua surat rekomendasi dari guru dan kepala sekolah dalam Bahasa Inggris. Surat ini wajib ada tandatangan dan stempel resmi. Masukkan dalam amplop terpisah, lalu disegel penulis rekomendasi.
  4. Personal Statement, tentang alasan kenapa kuliah di universitas tersebut, keunggulan dan keahlian kamu, serta alasan kenapa kamu pantas memperoleh beasiswa di Korea.
  5. Study Plan berisi alasan memilih jurusan dan rencana apa yang akan kamu lakukan setelah lulus nanti.
  6. Janji NIIED, sesuai format pada website NIIED
  7. Fotokopi nilai TOEFL/IELTS dan TOPIK (opsional).
  8. Paspor kamu dan orang tua (opsional).
  9. Laporan kesehatan
  10. Verifikasi Visa D2
  11. Sertifikat atau penghargaan yang pernah dicapai

Pengiriman Pengajuan Beasiswa

Agar pengajuan beasiswa dapat memenuhi persyaratan, cara mendapatkan beasiswa di Korea dari KGSP adalah berikut:

  1. Dokumen format A4
  2. Fotokopi semua dokumen dalam 3 rangkap. Dokumen yang perlu dilegalisir bisa kamu legalisir sebelum difotokopi
  3. Pisahkan seluruh dokumen tersebut dengan cara berikut:
    • Amplop 1 (Tandai dengan tulisan “ORIGINAL” di atas amplop): Dokumen-dokumen sudah legalisir + surat rekomendasi
    • Amplop 2 (Tandai dengan tulisan “COPY” di atas amplop): isi dokumen yang sudah fotokopi sebanyak 3 rangkap.
    • Masukkan kedua amplop tersebut dalam amplop lebih besar, dan beri tulisan “KGSP” pada amplop, kemudian kirim ke alamat Kedutaan Besar Korea di Jakarta.
  4. Setelah menerima dokumen kamu, Kedutaan Besar akan melakukan seleksi. Biasanya, akan ada notifikasi melalui email agar kamu bisa mengikuti tes wawancara Bahasa Inggris.
  5. Jika lulus seleksi wawancara, maka dokumen kamu akan diteruskan pada NIIED, dan dengancara mendapatkan beasiswa di Korea ini membantu agar kamu bisa kuliah ke universitas pilihan. Universitas tinggal meninjau dokumen dan menentukan apakah kamu diterima atau tidak.

Baca juga : 6 Kampus Terbaik di Kota Jayapura, Papua

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana proses mendapatkan beasiswa di Korea melalui program beasiswa KGSP. Peluang bagus ini sebaiknya jangan kamu sia-siakan supaya bisa kuliah gratis di luar negeri!

10 Universitas dengan Kualitas Pendidikan Terbaik Versi THE Impact Ranking 2022

Times Higher Education (THE) baru saja merilis pemeringkatan The Impact Ranking 2022. Ranking ini meninjau kampus yang terdaftar berdasarkan kontribusinya pada 17 kategori Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB atau Sustainable Development Goals (SDGs).
Salah satu dari tujuan SDGs adalah pendidikan yang berkualitas. Dalam pemeringkatan ini, sebanyak 1.406 kampus dari 106 negara dan wilayah dinilai kualitas pendidikan dan pengajarannya termasuk penelitian, profil lulusan, dan kontribusi ke masyarakat.

Universitas yang berhasil meraih peringkat nomor 1 dalam kualitas pendidikan terbaik di dunia adalah Aalborg University, Denmark. Aalborg menerapkan sistem pendidikan yang berbeda dari universitas manapun yakni pembelajaran dengan fokus pemecahan masalah atau Problem Based Learning (PBL).

Sedari dini, mahasiswa akan dibentuk kelompok kecil dan diberikan tugas akhir untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada di dunia nyata. Berkat sistem pembelajaran ini, Aalborg University memiliki lulusan yang berorientasi pada masa depan dan siap masuk ke dunia kerja.

10 Universitas dengan Kualitas Pendidikan Terbaik versi THE Impact Ranking 2022

1. Institut Pertanian Bogor
Ranking dunia: 50
Skor: 76.,6

2. Universitas Sebelas Maret
Ranking dunia: 71
Skor: 74,7

3. Universitas Indonesia
Ranking dunia: 79
Skor: 73,9

4. Universitas Airlangga
Ranking dunia: 201-300
Skor: 62,0-67,6

5. Universitas Bakrie
Ranking dunia: 201-300
Skor: 49,8-58

6. Universitas Diponegoro
Ranking dunia: 401-600
Skor: 49,8-58

7. Universitas Gadjah Mada
Ranking dunia: 401-600
Skor: 49,8-58,0

8. Universitas Negeri Surabaya
Ranking dunia: 401-600
Skor: 49,8-58,0

9. Universitas Negeri Malang
Ranking dunia: 401-600
Skor: 49,8-58

10. Institut Teknologi Bandung
Ranking dunia: 601-800
Skor: 41,7-49,7

10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terburuk di Dunia, Asia Termasuk?

Kualitas sistem pendidikan terbaik di setiap negara seringkali dikaitkan dengan status ekonomi. Negara maju dan berkembang, menawarkan kualitas sistem pendidikan terbaik. Sedangkan negara dengan status rendah ekonomi, menawarkan sebaliknya.
Berdasarkan laporan US News and World Report, BAV Group, dan Wharton School of the University of Pennsylvania pada 2021 dan dirilis pada 2022, ada ribuan orang di 78 negara, yang disurvei untuk memeringkat negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik.

Tingkat Melek Huruf Orang Dewasa

Mengutip laman World Population Review, sebagian besar temuan dan peringkat mengenai pendidikan di seluruh dunia melibatkan tingkat melek huruf orang dewasa dan tingkat pendidikan yang diselesaikan.

Salah satu studi yang paling banyak ditinjau tentang pendidikan di seluruh dunia melibatkan 470.000 siswa berusia lima belas tahun. Setiap siswa diberikan tes dalam matematika, sains, dan membaca yang mirip dengan ujian SAT atau ACT (tes standar yang digunakan untuk penerimaan perguruan tinggi di A.S.).

Nilai ujian ini kemudian dikompilasi untuk menentukan nilai rata-rata setiap negara untuk masing-masing dari tiga mata pelajaran.

Berdasarkan penelitian ini, China mendapat nilai tertinggi, disusul oleh Korea, Finlandia, Hong Kong, Singapura, Kanada, Selandia Baru, Jepang, Australia, dan Belanda.

Sementara sebaliknya, banyak negara yang kemudian muncul dengan sistem pendidikan yang dianggap tidak memadai. Kebanyakan negara ini berasal dari daerah Afrika, dan satu dari wilayah Asia.

10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terburuk di Dunia

Berdasarkan laporan The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization’s Education for All Global Monitoring pada 2021, terdapat peringkat negara-negara dengan sistem pendidikan terburuk di dunia berdasarkan tingkat melek huruf orang dewasa yang rendah.

1. Nigeria (28.7%)
2. Burkina Faso (28.7%)
3. Mali (31.1%)
4. Central African Republic (56%)
5. Ethiopia (39%)
6. Eritrea (67.8%)
7. Guinea (41%)
8. Pakistan (54.9%)
9. Gambia (50%)
10. Angola (70%)

Nah, itulah daftar 10 negara dengan sistem pendidikan terburuk di dunia.

5 Universitas Terbaik di Majalengka Yang Menjadi Favorit

Universitas Terbaik di Majalengka – Majalengka memiliki beberapa universitas terbaik juga, hampir semua kecamatan di wilayah tersebut mampu memberikan pilihan perguruan tinggi. Status universitas berarti institusi pendidikan tinggi mampu memberikan lebih banyak pilihan arsitektur.

Majalengka adalah salah satu kabupaten di Nusantara, yaitu di Tatar Pasundan, Jawa Barat. Ada beberapa kampus terkemuka di Indonesia. Misalnya IPB, ITTB, UPI, UNPAD, dan lain-lain. Namun, kali ini Anda akan mendapatkan daftar lengkap pilihan studi di Majalengka.

Universitas Favorit di Majalengka

Majalengka tidak hanya menyediakan universitas tetapi juga jenis pendidikan tinggi lainnya seperti sekolah menengah dan perguruan tinggi. Setiap jenis perguruan tinggi pasti menawarkan biaya kuliah yang berbeda-beda, tergantung tingkat pendidikan dan kebijakan masing-masing kampus. Supaya kamu tidak penasaran dengan universitas di Majalengka, berikut informasi yang bisa kamu baca:

1. Universitas Terbuka

Universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas terbesar di Indonesia. Hampir di berbagai daerah di Indonesia selalu ada Universitas Terbuka. Di Majalengka, Jawa Barat, Universitas Terbuka menyediakan pembelajaran jarak jauh dengan fleksibilitas tinggi. Hal ini sangat membantu karena tujuan UT adalah memberikan kuliah dan mendukung pemerataan pendidikan.

2. Universitas Majalengka

Selanjutnya Universitas di Majalengka dapat menjadi pilihan bagi masyarakat lokal atau mahasiswa dari luar daerah yang ingin melanjutkan studi di Jawa Barat. Universitas Majalengka menyediakan hingga 22 program studi dan terdapat lebih dari 9.000 alumni yang telah bekerja di berbagai sektor.

Selain menjadi PNS, tak sedikit alumni yang berwirausaha atau berprofesi sebagai politisi. Mengusung konsep Kampus Unggul, Universitas Majalengka menawarkan beberapa pilihan yaitu FISIP, FEB, FKIP, FAI, FT, FAPERTA, dan FH. Semua program pendidikan dari tingkat sarjana hingga pascasarjana.

3. AMIK Yasika Majalengka

Daftar PTS selanjutnya ada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Akademi Manajemen Komputer dan Informatika AMIK atau YASIKA terletak di desa Kasokandel. Jurusan yang ditawarkan adalah ilmu komputer.

Artinya, jika Anda ingin mendapatkan gelar di bidang informatika, atau komputer, dan ingin memulai karir dengan keterampilan komputer, AMIK Yasika Majalengka adalah pilihan yang tepat.

4. YPIB STIKES Majalengka

Kampus swasta ini terletak di Kabupaten Majalengka. Salah satu keunggulan perguruan tinggi ini adalah menawarkan program studi Kesehatan. Mahasiswa dapat memilih dari berbagai jenjang pendidikan antara lain S1 Keperawatan, D3 Kebidanan, Profesi Keperawatan, dan S1 Farmasi.

Pada tahun 2019, universitas akhirnya mendapatkan akreditasi dengan predikat B. Jika ingin berkunjung ke kampus, Anda harus menuju Jalan Koperasi Gerakan Nomor 003, Majalengka.

5. STKIP Yasika

Nama perguruan tinggi asal Kabupaten Majalengka ini dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pendirinya adalah Yayasan Sindangkasih atau YASIKA.

Hingga saat ini, terdapat 290 mahasiswa aktif dan dalam perjalanannya, sebanyak 5.904 mahasiswa telah diwisuda. Untuk menuju lokasi, maka Anda harus menuju Jalan Raya Kasokandel Timur.

Itulah informasi lengkap mengenai pilihan universitas apa saja yang ada di Majalengka dan kampus alternatif lainnya di berbagai jenis perguruan tinggi tersebut. Anda bisa memilih SMA, kuliah, atau lainnya sesuai dengan jurusan yang Anda minati. Biaya kuliah tergantung pilihan jurusan, pilihan jenjang pendidikan, dan kebijakan masing-masing kampus.

Inilah 4 Universitas Terbaik di Kuningan Lengkap Dengan Jurusan

Universitas Terbaik di Kuningan – Universitas adalah pendidikan tertinggi. Banyak calon mahasiswa yang mencari informasi universitas terbaik karena dengan universitas terbaik mereka merasa bangga dengan kuliah tentang kapan mereka diterima di universitas yang diinginkan.

Definisi terbaik adalah memiliki nilai lebih dari pesaingnya. Sedangkan pengertian nilai kampus terbaik adalah kampus yang memiliki, fasilitas, sumber daya manusia yang mumpuni di bidangnya dan juga selalu menghasilkan lulusan terbaik.

Untuk memenuhi keinginan masyarakat adat di Kuningan yang ingin kuliah di perguruan tinggi terbaik, tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Karena di Kuningan juga memiliki daftar universitas terbaik. Kali ini kami akan berbagi informasi tentang universitas terbaik di Kuningan, yuk simak ulasannya.

DAFTAR UNIVERSITAS TERBAIK DI KUNINGAN

1. STKIP Muhammadiyah Kuningan

STKIP Muhammadiyah Kuningan merupakan perguruan tinggi dengan latar belakang pendidikan. Berdiri sejak 22 Desember 2010, beralamat di Jl. RA Moertasih Soepomo No. 28 B Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 45511.

Saat ini STKIP Muhammadiyah Kuningan memiliki 6 program studi, antara lain:

  • Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK)
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)
  • Pendidikan Matematika (PMTK)
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBS)

2. Universitas Kuningan (UNIKU)

Universitas Kuningan merupakan universitas yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Adipati Kuningan. Pada tanggal 17 Juni 2003 Uniku diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Prof. A Malik Fajar Msc.

Jl. Cut Nyak Dien No. 36 A Cijoho, Kuningan, Jawa Barat. 45513 adalah alamat kampus Uniku. Berikut Jurusan dan Fakultas yang ada di Universitas Kuningan.

Ekonomi

  • Jurusan Akuntansi
  • Jurusan Manajemen

Fakultas Hukum

Pelatihan guru dan ilmu pendidikan

  • Jurusan Bahasa Inggris
  • Departemen Pendidikan Biologi
  • Departemen Pendidikan Ekonomi
  • jurusan matematika
  • Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Komputer

  • Departemen Sistem Informasi
  • Teknik Informatika

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU)

STIKKU merupakan perguruan tinggi kedokteran pertama di Kuningan. Tepat pada tanggal 22 Desember 2006, sebuah sekolah menengah resmi berdiri, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan atau yang sering kita kenal dengan STIKKU.

STIKKU beralamat di Jl. Kadugede, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 45561. Saat ini STIKKU membuka 4 program studi, antara lain:

  • Ilmu Keperawatan
  • Kebidanan
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Profesi Keperawatan

Universitas Islam AL-IHYA Kuningan (UNISA)

Universitas Islam Al-Ihya atau yang sering kita sebut unisa terletak di Jl. Mayasih No. 11 Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 45552. Program studi yang diselenggarakan oleh Unisa meliputi:

Islam

  • Pendidikan Agama Islam
  • Perbankan syariah
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibti’daiyah
  • Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Teknik

  • Teknik Mesin
  • Teknik Pangan
  • Informasi Teknis

FKIP

  • Pendidikan Guru Anak Usia Dini
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  • Pendidikan Bahasa Inggris

Kesehatan

  • Kesehatan masyarakat
  • Ilmu gizi

7 Kampus di Kota Balikpapan yang Terkenal

Sebagai ibukota provinsi, Kota Balikpapan menjadi pusat pembangunan di Kalimantan Timur. Di dalamnya terdapat bandar udara, pelabuhan, pusat kegiatan ekonomi, dan pusat pendidikan termasuk sejumlah perguruan tinggi.

Balikpapan mempunyai kampus dengan standar nasional dan internasional yang menjadi unggulan di Pulau Kalimantan. Daftar nama kampus di kota Balikpapan dapat membantu Anda menemukan kampus yang diinginkan.

Kampus di Balikpapan

Kampus di Balikpapan terdiri dari universitas, institut, politeknik, dan akademi swasta dan negeri. Dibangun dengan fasilitas lengkap, tak heran lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dari luar Kalimantan Timur juga banyak yang menimba ilmu di sana.

Daftar Perguruan Tinggi di Balikpapan

Balikpapan yang dijuluki sebagai Kota Minyak mempunyai banyak perguruan tinggi yang tersebar di beberapa kecamatan.Selain Universitas Balikpapan dan STT Migas yang terkenal, masih ada sejumlah lembaga pendidikan tinggi yang telah terakreditasi oleh BAN-PT. Daftar di bawah ini memuat informasi tentang daftar nama kampus di kota Balikpapan.

Institut Teknologi Kalimantan Balikpapan

Pada faktanya Institut Teknologi Kalimantan didirikan untuk meningkatkan kualitas pemuda dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Kampus yang fokus pada penguatan pendidikan di bidang teknologi ini membuka program studi Fisika, Matematika, Teknik Mesin, Teknik Kimia, serta Teknik Material dan Metalurgi.

Selain itu, ada juga jurusan Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Perkapalan, Sistem Informasi, Informatika, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, dan Teknik Kelautan. Informasi lengkap tentang Institut Teknologi Kalimantan Balikpapan bisa Anda dapatkan di kampus Jalan Soekarno-Hatta Km. 15, Karang Joang, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Politeknik Negeri Balikpapan

Ide mendirikan membuka politeknik negeri di Balikpapan sudah ada sejak tahun 2000.Namun, izin pendirian Politeknik Negeri Balikpapan baru keluar pada tahun 2002.Politeknik ini pun mulai menjalankan aktivitasakademik dengan membuka program studi Teknik Sipil, Teknik Mesin Alat Berat, Teknik Elektronika, Perhotelan, dan Tata Boga.Politeknik Negeri Balikpapan berkampus di Jalan Soekarno Hatta Km 8 Balikpapan.

Universitas Balikpapan

Universitas Balikpapan berdiri pada tanggal 1 Juli 1981.Perguruan tinggi swasta ini dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur.Alamat kampus sendiri berada di Jalan Pupuk Raya, Gunung Bahagia, Balikpapan.Universitas Balikpapan menyelenggarakan pendidikan pada program studi Akuntansi, Ilmu Hukum, Manajemen, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Sastra Inggris, dan Teknik Elektro.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Balikpapan

STMIK Balikpapan didirikan oleh Yayasan Airlangga Balikpapan dengan izin Menteri Pendidikan Nasional tanggal 1 Februari 2000.Kampusnya sendiri berlokasi di Jalan Manunggal No. 9, Balikpapan.Program studi yang dibuka yaitu Teknik Informatika (S1) dan Manajemen Informatika (D3).Kedua jurusan tersebut telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT.

Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Migas

Sebagai daerah dengan komoditas migas yang tinggi, Balikpapan memerlukan tenaga ahli dalam bidang ini.Hal itulah yang mendasari didirikannya STT Migas oleh Yayasan Kaltim Mandiri.Sekolah tinggi yang terdaftar pada tanggal 13 Maret 2003 ini beralamat di Jalan Karang Joang Km 8, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.Program studi yang tersedia yaitu Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Teknik Instrumentasi Elektronika Migas, serta Teknik Pengolahan Minyak dan Gas.

Universitas Tridharma

Universitas Tri Dharma merupakan universitas swasta yang telah berdiri sejak tahun 1978 di Balikpapan.Kampusnya berada di Jalan A. W. Syahrani, Kota Balikpapan. Mengantongi akreditasi C, Universitas Tridharma membuka 4 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik.

Akademi Akuntansi Balikpapan

Akademi Akuntansi Balikpapan tidak hanya fokus dalam menghasilkan lulusan yang ahli di bidang akuntansi, melainkan membentuk sumber daya manusia yang bertakwa, berintegritas, dan tangguh.Kampus Akademi Akuntansi Balikpapan beralamat di Jala Kapten PiereTendean No. 60 Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

Nah, setelah membaca ulasan tentang daftar nama kampus di Kota Balikpapan, mungkin Anda telah mengantongi mana saja perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan. Daftar perguruan tinggi di atas tentunya belum mencakup semuka lembaga pendidikan tinggi yang ada, tetapi sudah cukup lengkap sebagai bahan rujukan Anda.

6 Kampus Terbaik di Kota Jayapura, Papua

Kota satu ini berada di ujung timur Indonesia dan merupakan ibu kota provinsi Papua. Sebagai ibu kota provinsi, maka Jayapura terbilang paling modern dibanding daerah di Papua lainnya. Lembaga pendidikan pun sudah cukup memadai di kota ini, termasuk perguruan tinggi.

Berikut ulasan terkait dengan daftar nama kampus di Kota Jayapura;

Kampus di Kota Jayapura

Beberapa kampus perguruan tinggi yang berada di Jayapura, seperti Universitas Cendrawasih, Universitas Kristen Papua, dan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura. Lalu ada apa lagi ya?

Daftar Nama Kampus di Kota Jayapura

Berikut daftar beberapa kampus yang berada di Jayapura, Papua.

Universitas Cendrawasih (Uncen)

Universitas Cendrawasih memiliki sejarah yang cukup panjang hingga pendiriannya di tahun 1962. Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Papua dan terbilang menjadi favorit. Lokasinya berada di Jalan Camp Wolker, Jayapura, Papua, Indonesia.

Untuk jenjang S1, sudah cukup banyak fakultas yang ada di Universitas Cendrawasih. Beberapa di antaranya, adalah Fakultas KIP, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, MIPA, Teknik, dan Kedokteran.

Selain itu, ada juga Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keolahragaan. Di Uncen juga sudah terdapat program pascasarjana.

IAIN Fattahul Muluk Jayapura

Selanjutnya ada Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Jayapura. Pendirian kampus ini dilakukan pada tahun 2004, dengan melalui sejarah yang cukup panjang sebelum itu. Kalau Anda ingin menengok IAIN Fattahul Muluk, Anda bisa datang ke Jl. Merah Putih Buper, Yabansai, Heram, Jayapura.

Kampus ini memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Tarbiyah, Syariah, serta Ekonomi dan Bisnis Islam. Di Fakultas Tarbiyah terdapat Program Studi Guru MI, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, dan PAUD Islam.

Di Fakultas Syariah terdapat Program Studi Hukum Tata Negara, Hukum Keluarga, dan Muamalah. Sedangkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdapat Program Studi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah.

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua

Kampus ini berlokasi di Jalan Raya Abepura,Sentani, Waena, Sentani Timur, Jayapura. Pendirian ISBI Tanah Papua terbilang belum terlalu lama, yakni pada 09 Oktober 2014. Kampus ISBI Tanah Papua saat ini memiliki kurang lebih 255 mahasiswa dengan 30 orang pengajar.

Terdapat lima program studi di sini, yakni Program Studi Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa, Seni Kriya, dan DKV. Kelima program studi itu ditujukan untuk jenjang S1. Di kampus ini juga dilengkapi fasilitas lain untuk menunjang pembelajaran, seperti perpustakaan dan fasilitas olahraga.

Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ)

Daftar nama kampus di Kota Jayapura selanjutnya adalah Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ). Perguruan tinggi satu ini merupakan salah satu universitas swasta yang terkenal di Jayapura. Pendiriannya resmi dilakukan pada tanggal 01 Oktober 2003.

Terdapat cukup banyak fakultas di universitas ini, seperti Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri dan Kebumian, dan Ilmu Kesehatan.

Selain itu, ada juga Ilmu Komputer dan Manajemen, hingga Ekonomi, Sastra, dan Sosial Politik. Semua fakultas tersebut untuk jenjang S1, kecuali Fakultas Ilmu Kesehatan hanya untuk jenjang D3.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura

Politeknik Kesehatan Jayapura dikelola langsung oleh Kementerian Kesehatan RI. Oleh karena itu, Poltekkes Kemenkes Jayapura berstatus sebagai perguruan tinggi negeri. Pembelajaran yang dilaksanakan di sini untuk jenjang D3 dan D4.

Kampus ini memiliki berbagai jurusan yang tentunya berkaitan dengan kesehatan. Jurusan tersebut, antara lain Jurusan Gizi, Analisis Kesehatan, Keperawatan, Kebidanan, dan Kesehatan Lingkungan. Alamat Poltekkes Kemenkes Jayapura berada di Jl. Padang Bulan II, Abepura, Hedam, Heram, Jayapura, Papua.

Universitas Yapis Papua

Alamat Universitas Yapis Papua berada di Jl. Dr. Sam Ratulangi No. II, Mandala, Jayapura Utara, Jayapura. Didirikan sejak 14 April 2004, perguruan tinggi ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Papua dan memiliki akreditasi B.

Di Universitas Yapis terdapat beberapa jurusan, antara lain Jurusan Akuntansi, Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Administrasi Negara. Selain itu, ada juga jurusan Budidaya Perairan, Pendidikan Agama Islam, Teknik Sipil, dan Sistem Informasi.

Untuk yang berada di wilayah timur Indonesia, bisa memilih satu di antara daftar nama kampus di Kota Jayapura untuk berkuliah. Selamat berjuang!

7 Universitas Terbaik Australia versi QS WUR 2023, Monash Nomor Berapa?

Australia adalah salah satu negara yang kerap menjadi incaran pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Tidak mengherankan, sebab beberapa kampus di Australia termasuk dalam universitas terbaik dunia.
Menurut data tahun 2022, sebagaimana dilansir dari laman Kemendikbudristek, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Canberra Mukhamad Najib menyebut ada sekitar 11 ribu mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia. Dari jumlah tersebut, 80 persen di antaranya sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Jika kamu tertarik menempuh pendidikan tinggi di Australia, bisa melihat pilihan universitas terbaik Australia menurut Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) tahun 2023.

Peringkat tersebut menunjukkan daftar universitas terbaik di Australia pada tahun 2023 berdasarkan reputasi akademik, penelitian, sampai kemudahan mendapat pekerjaan.

Apa saja universitas terbaik di Australia menurut QS WUR 2023? Ini daftarnya melansir dari situs resminya, Selasa (20/9/2022).

7 Universitas Terbaik Australia versi QS WUR 2023
1. Australian National University (ANU)
Dibangun sejak 1946, Australian National University (ANU) menempati posisi pertama universitas terbaik di Negeri Kanguru itu. ANU menyediakan program sarjana dan pascasarjana dengan kemudahan untuk mengambil double degree.

ANU berlokasi di pusat Australia yaitu ibu kota Canberra. Kini ANU memiliki lebih dari 3.000 akademisi dan termasuk dalam The Group of Eight, sebuah komunitas prestise dari universitas peneliti.

2. University of Melbourne
University of Melbourne berdiri sejak 1853. Awalnya kampus ini hanyalah bangunan di tengah kota dengan empat profesor dan 16 mahasiswa. KIni University of Melbourne telah berkembang dan menempati ranking 2 terbaik di Australia.

University of Melbourne memiliki lebih dari 65.000 mahasiswa dengan 30.000 mahasiswa internasional dari 130 negara di dunia. Kampus ini memiliki alumnus terkemuka dengan empat perdana menteri Australia.

3. University of Sydney
Berada di posisi 3 Australia, University of Sydney juga menempati posisi 4 di dunia dengan alumnus tertinggi mendapat pekerjaan. Universitas ini juga secara konsisten berada di top 50 universitas terbaik dunia.

Kurikulum yang variatif, fasilitas mumpuni, dan pembelajaran yang ciamik, mahasiswa bisa mempelajari berbagai kompetensi sesuai minatnya. Tercatat ada 400 area studi yang bisa mahasiswa pilih di University of Sydney.

4. University of New South Wales (UNSW)
University of New South Wales (UNSW) menempati ranking 4 universitas terbaik Australia. Memiliki 64.000 mahasiswa dari 130 negara, lulusannya berkarir di berbagai belahan dunia.

Dengan komunitas akademisi berjumlah 8.000 orang, UNSW memiliki kepakaran riset di bidang tenaga solar, material berkelanjutan, dan komputerisasi kuantum.

5. The University of Queensland (UQ)
The University of Queensland (UQ) adalah universitas terbaik lainnya yang unggul dalam pengajaran. Universitas ini diketahui telah memenangkan banyak penghargaan dalam area pengajaran di tingkat nasional.

UQ juga kuat dalam bidang riset dan pascasarjana dengan lebih dari 15.800 mahasiswa jenjang doktoral. Area penelitian di bidang ilmu sosial dan teknik membuat UQ menjadi universitas dengan penerima penghargaan penelitian terbanyak di Australia, total ada 452 penghargaan!

6. Monash University
Monash University adalah universitas terbesar di Australia. Menempati ranking top 100 dunia dan termasuk dalam the Group of Eight, bersama dengan Australia National University.

Berfokus global, Monash University telah membuka kampus cabang di 4 negara lain, salah satunya berada di Indonesia. Monash juga bekerja sama dengan 100 institusi pendidikan tinggi di dunia. Jadi jika kamu menempuh pendidikan di Monash, kamu bisa menyelesaikan pendidikan di universitas mitra di Italia.

7. The University of Western Australia (UWA)
Terakhir, universitas terbaik Australia adalah The University of Western Australia (UWA). Berbeda dengan universitas sebelumnya, UWA terletak dekat sungai Swan di Perth dan bersebelahan dengan taman terkenal Perth, Kings Park.

UWA juga universitas yang berfokus di bidang riset. Termasuk dalam the Group of Eight bersama Australia National University dan Monash University, UWA tergabung dalam komunitas universitas riset internasional yaitu Student experience the Worldwide Universities Network dan the Matariki Network of Universities.

15 Kampus Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank 2022, UNS hingga Unnes

Universitas Sebelas Maret (UNS) hingga Universitas Negeri Semarang (Unnes) masuk dalam daftar kampus terbaik di Jawa Tengah versi lembaga pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank.

Dalam pemeringkatan UniRank 2022 secara keseluruhan, ada 582 perguruan tinggi di Indonesia yang memenuhi kriteria. Baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Dari hasil penilaian, sederet perguruan tinggi yang ada di wilayah Jawa Tengah berhasil menempati posisi terbaik. Ada kampus mana saja?

15 Kampus Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank 2022:

1. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Peringkat nasional: 8

2. Universitas Diponegoro (Undip)
Peringkat nasional: 9

3. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
Peringkat nasional: 14

4. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
Peringkat nasional: 18

5. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)
Peringkat nasional: 31

6. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Peringkat nasional: 43

7. Universitas Katolik Soegijapranata
Peringkat nasional: 63

8. Universitas Kristen Satya Wacana
Peringkat nasional: 65

9. Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP)
Peringkat nasional: 74

10. Universitas Muhammadiyah Semarang
Peringkat nasional: 90

11. Universitas Islam Sultan Agung
Peringkat nasional: 100

12. Universitas Islam Negeri Walisongo
Peringkat nasional: 117

13. Institut Seni Indonesia Surakarta
Peringkat nasional: 120

14. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Peringkat nasional: 122

15. Universitas Semarang
Peringkat nasional: 135

Respons Unnes Masuk UniRank 2022
Menanggapi hasil ini, Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan rasa syukur atas capaian membanggakan Unnes sebagai peringkat 14 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Prof Fathur mengatakan dengan hasil yang ada saat ini, Unnes akan terus berbenah untuk menjadi yang terbaik sebagai perguruan tinggi di tingkat Nasional maupun Global.

“Kita bersyukur dan bangga atas prestasi ini. Pemeringkatan ini bukan hanya persoalan ranking, tetapi merupakan komitmen Unnes sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional,” tutur Rektor Unnes dikutip dari laman resmi kampus, Senin (26/9/2022).

Sekolah Kedinasan: Kuota dan Jadwal Ujian 2022/2023

Masa daftar Sekolah Kedinasan 2022 sudah selesai. Sekarang kita memasuki masa-masa ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Sudah siap mengikuti ujiannya, Sobat Pintar?

Pengertian Sekolah Kedinasan

Sekolah Kedinasan adalah perguruan tinggi negeri yang dikelola oleh instansi pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Instansi pemerintah terkaitlah yang mendanai sebagian atau seluruh biaya pendidikan di suatu Sekolah Kedinasan.

Sekolah Kedinasan dikenal juga sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Disebut sekolah karena sebagian besar nama PTK merupakan Sekolah Tinggi, seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Kini, nama-nama Sekolah Kedinasan banyak yang berubah, misalnya Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) atau Politeknik Statistika STIS.

Perbedaan Sekolah Kedinasan dengan Non-Kedinasan

Oke, PTK itu perguruan tinggi negeri. Terus, apa bedanya PTK dengan perguruan tinggi negeri lain, seperti Universitas Indonesia atau Universitas Gadjah Mada?

Seperti telah disebutkan sebelumnyaperbedaannya terletak pada instansi yang menaungi. Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan berbagai perguruan tinggi negeri yang lain berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu, PTK dikelola oleh instansi terkait. Misalnya, PKN STAN dikelola oleh Kementerian Keuangan, sedangkan Politeknik Statistika STIS dikelola oleh Badan Pusat Statistik.

Perbedaan berikutnya terletak pada biaya kuliah. Biaya kuliah di kampus negeri menjadi tanggung jawab tiap-tiap mahasiswa. Beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hanya untuk mahasiswa yang memenuhi persyaratan seleksi.

Sementara itu, biaya kuliah di Sekolah Kedinasan sebagian besar menjadi tanggung jawab instansi terkait. Mahasiswanya pun biasanya mendapat uang saku.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Kampus Penerbangan di Jogja

Dunia Perkuliahan

Berbeda dalam pengelolaan dan pembiayaan, tentu saja Sekolah Kedinasan dan universitas negeri berbeda dalam perkuliahannya. Namun perlu dicatat, perbedaan perkuliahan itu sangat tergantung dari Kedinasannya masing-masing.

Misalnya, Sekolah Kedinasan yang berbasis militer seperti Akademi Kepolisian, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Akademi Militer memang menerapkan kurikulum yang lebih menekankan pada kedisiplinan. Perkuliahannya fokus pada pembentukan fisik dan karakter tahan banting, yang tentu saja berbeda dari perkuliahan di universitas-universitas negeri pada umumnya.

Demikian pula dengan Sekolah Kedinasan yang lain. Tiap-tiap PTK memiliki peraturan dan terikat dengan instansi yang menaungi dan mendanai biaya perkuliahannya. Bisa dikatakan, perkuliahan di Sekolah Kedinasan memang lebih disiplin jika dibandingkan dengan perkuliahan di universitas negeri secara umum.

Beberapa Instansi Sekolah Kedinasan Populer

Selain Kementerian Keuangan dan Badan Pusat Statistik, seperti yang telah disebutkan di atas, masih banyak instansi pemerintah lain yang mengelola PTK. Beberapa diantaranya, termasuk Kemenkeu dan BPS, adalah berikut ini.

1. Kementerian Perhubungan: Sekolah Tinggi Transportasi Darat dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Ada dua sekolah kedinasan dibawah Kementerian Perhubungan, yaitu Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI). Bila STPI menjadi sekolahnya calon pilot, STTD menawarkan lebih banyak pilihan jurusan yaitu:

(1) D2 Penguji Kendaraan Bermotor (BKP)

(2) D2 Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (LLASDP)

(3) D3 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

(4) D3 Perkeretaapian, dan

(5) D4 Transportasi Darat.

2. Kementerian Hukum dan HAM: Politeknik Imigrasi

Poltekim adalah sekolah kedinasan dibawah Kemenkumham. Di sekolah ini, pendidikan profesional kedinasan taruna berlangsung selama tiga tahun, diawali dengan Pendidikan Dasar Kesamaptaan bersama Korps Brimob dan/atau Korps Marinir. Kemudian, setelah diwisuda dan mendapat Brevet Pejabat Imigrasi (PI), alumni Poltekim akan mengikuti Pendidikan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Pusat Pendidikan Reserse dan Kriminal Polri.

3. Kementerian Dalam Negeri: Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Sekolah kedinasan yang mendidik kader pemerintahan di tingkat pusat dan daerah ini memiliki dua fakultas, yaitu Manajemen Pemerintahan dan Politik Pemerintahan. Alumni kedua fakultas tersebut bergelar Sarjana Sains Terapan sesuai dengan program studinya masing-masing.

4. Badan Pusat Statistik: Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistika

Polstat STIS dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Ada dua program di sekolah kedinasan ini, yaitu D3 Statistika dan D4 Statistika. Program D4-nya memiliki dua peminatan, yaitu Komputasi Statistik serta Ekonomi dan Sosial Kependudukan. Lulusan program D3 Polstat STIS bergelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.), sedangkan alumni program D4-nya bergelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.).

5. Kementerian Keuangan: Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

PKN STAN memiliki program:

(1) D1 Pajak

(2) D1 Kepabeanan dan Cukai

(3) D1 Kebendaharaan Negara

(4) D3 Akuntansi

(5) D3 Pajak

(6) D3 Kepabeanan dan Cukai

(7) D3 Kebendaharaan Negara

(8) D3 Manajemen Aset

(9) D3 Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan, serta

(10) D4 Akuntansi.

Jadwal dan Kuota Sekolah Kedinasan Tahun 2022

Sebagaimana telah disebutkan di awal, masa daftar Sekolah Kedinasan 2022 telah selesai. Tepatnya, masa pendaftaran tersebut berlangsung mulai 9 April sampai 30 April 2022. Berikutnya, kita memasuki masa pelaksanaan ujian SKD. Jadwal ujian Kedinasan 2022 dan kuota Sekolah Kedinasan 2022 adalah sebagai berikut:

1.  Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Jadwal Ujian Kedinasan 2022

SKD sesi 1 tanggal 8 Juni 2022 pukul 18.20 waktu setempat

SKD sesi 2 tanggal 9 Juni 2022 pukul 18.20 waktu setempat

SKD sesi 3 tanggal 10 Juni 2022 pukul 17.00 waktu setempat

SKD sesi 4 tanggal 11 Juni 2022 pukul 18.20 waktu setempat

Kuota Sekolah Kedinasan 2022

Kuota STIN 2022 adalah sebanyak 300 orang.

2. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Jadwal Ujian Kedinasan 2022

10 Juni 2022: Tarakan, Gorontalo

11 Juni 2022: Sorong, Ternate

11 – 12 Juni 2022: Batam

13 Juni 2022: Denpasar

13 – 14 Juni 2022: Jakarta, Ambon

13 – 15 Juni 2022: Semarang

14 Juni 2022: Banjarmasin, Palu

14 – 15 Juni 2022: Bengkulu

14 – 16 Juni 2022: Medan

15 Juni 2022: Manokwari, Manado, Palangkaraya

15 – 16 Juni 2022: Makassar

16 Juni 2022: Balikpapan

16 – 18 Juni 2022: Surabaya, Pontianak, Kupang

17 – 19 Juni 2022: Padang

18 – 19 Juni 2022: Kendari

19 – 20 Juni 2022: Aceh, Yogyakarta

20 Juni 2022: Jayapura

20 – 21 Juni 2022: Palembang

21 Juni 2022: Merauke

Kuota Sekolah Kedinasan 2022

D4 Meteorologi: 88

D4 Klimatologi: 30

D4 Geofisika: 30

D4 Instrumentasi-MKG: 102

3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Jadwal Ujian Kedinasan 2022

8 – 9 Juni 2022: Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Gorontalo, Sulawesi Barat

9 Juni 2022: Kalimantan Utara, Maluku Utara

9 – 11 Juni 2022: Jambi, Bengkulu, Kalimantan Selatan

9 – 13 Juni 2022: Jawa Tengah

10 – 11 Juni 2022: Banten, Papua Barat

10 – 12 Juni 2022: Lampung

11 Juni 2022: Maluku, Papua Barat

11 – 12 Juni 2022: Riau, Sulawesi Tengah

11 – 13 Juni 2022: Sumatra Selatan, Kalimantan Tengah

11 – 14 Juni 2022: DI Yogyakarta

12 – 13 Juni 2022: Bali, Kalimantan Timur

12 – 14 Juni 2022: Sumatra Utara, Nusa Tenggara Barat

12 – 16 Juni 2022: Jawa Timur

13 Juni 2022: Sulawesi Utara

13 – 14 Juni 2022: Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara

13 – 15 Juni 2022: Sulawesi Selatan

14 – 15 Juni 2022: Papua

14 – 16 Juni 2022: Jawa Barat

15 – 19 Juni 2022: Aceh

18 – 21 Juni 2022: Nusa Tenggara Timur

Kuota Sekolah Kedinasan 2022

D3 Statistika: 100

D4 Statistika: 250

D4 Komputasi Statistik: 150

4. Politeknik Siber dan Sandi Negara

Jadwal Ujian Kedinasan 2022

9 Juni 2022: Banjarmasin

10 – 11 Juni 2022: Pekanbaru

11 Juni 2022: Yogyakarta, Palembang

11 – 12 Juni 2022: Jakarta, Medan

12 Juni 2022: Surabaya, Denpasar

13 Juni 2022: Makassar, Manado, Padang

14 Juni 2022: Bandung, Jayapura

16 Juni 2022: Kupang

Kuota Sekolah Kedinasan 2022

Kuota formasi Politeknik SSN 2022 adalah 100 orang.

5. Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Jadwal Ujian Kedinasan 2022

Jadwal tes Kedinasan IPDN direvisi, yang sedianya dilaksanakan tanggal 7 Juni 2022, menjadi tanggal 8 sampai 11 Juni 2022.

Kuota Sekolah Kedinasan 2022

Seluruh provinsi: 1.230

Provinsi Papua: 109

Provinsi Papua Barat: 49

6. Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Jadwal Ujian Kedinasan 2022

9 Juni: Sulawesi Barat

9 – 10 Juni 2022: Gorontalo

10 Juni 2022: Bangka Belitung

10 – 11 Juni 2022: Kepulauan Riau

11 Juni 2022: Maluku Utara

11 – 13 Juni 2022: DKI Jakarta

11 – 14 Juni 2022: Banten

12 – 13 Juni 2022: Maluku

13 – 14 Juni 2022: Jambi, Kalimantan Selatan, Papua Barat, Sulawesi Selatan

13 – 15 Juni 2022: Bali

14 Juni 2022: Sulawesi Utara

14 – 15 Juni 2022: Kalimantan Tengah

15 – 16 Juni 2022: Kalimantan Timur, Riau

15 – 18 Juni 2022: Bengkulu

15 – 19 Juni 2022: Jawa Tengah

16 – 18 Juni 2022: Nusa Tenggara Barat

16 – 19 Juni 2022: Sumatra Utara

16 – 20 Juni 2022: Jawa Barat

17 – 18 Juni 2022: Sulawesi Tenggara

18 Juni 2022: Papua

18 – 19 Juni 2022: Kalimantan Barat

18 – 21 Juni 2022: Jawa Timur

19 – 21 Juni 2022: Sumatra Barat

20 – 22 Juni 2022: DI Yogyakarta

20 – 25 Juni 2022: Lampung

21 – 23 Juni 2022: Sumatra Selatan

22 – 23 Juni 2022: Sulawesi Selatan

24 – 27 Juni 2022: Aceh, Nusa Tenggara Timur

Kuota Sekolah Kedinasan 2022

Poltekip: 300

Poltekim: 300

7. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Jadwal Ujian Kedinasan 2022

Jadwal tes Kedinasan PKN STAN masih bersifat tentatif, dengan jadwal pengumuman SKD tanggal 28 Juni 2022 dan pelaksanaan SKD tanggal 30 Juni sampai 5 Juli 2022.

Kuota Sekolah Kedinasan 2022

D4 Akuntansi Sektor Publik: 300

D4 Manajemen Keuangan Negara: 350

D4 Manajemen Aset Publik: 100

8. Sekolah Tinggi Transportasi Darat dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Jadwal Ujian Kedinasan 2022

9 Juni 2022: Gorontalo, Mamuju, Pangkal Pinang, Tarakan

9 – 10 Juni 2022: Ternate

9 – 11 juni 2022: Jakarta

11 – 12 Juni 2022: Jambi

11 – 14 Juni 2022: Bengkulu

12 Juni 2022: Ambon

12 – 13 Juni 2022: Palu, Bankarmasin

12 – 15 Juni 2022: Pekanbaru

12 – 17 Juni 2022: Medan

12 – 18 Juni 2022: Jakarta

12 – 20 Juni 2022: Lampung

13 Juni 2022: Manokwari

13 – 14 Juni 2022: Manado, Sorong, Palangkaraya

13 – 15 Juni 2022: Balikpapan

13 – 17 Juni 2022: Sumatra Barat

13 – 20 Juni 2022: Palembang

14 Juni 2022: Tanjung Pinang

14 – 15 Juni 2022: Banyuwangi

14 – 16 Juni 2022: Mataram, Pontianak

14 – 17 Juni 2022: Kendari

14 – 19 Juni 2022: Yogyakarta

15 – 16 Juni 2022: Denpasar

15 – 18 Juni 2022: Jayapura

15 – 19 Juni 2022: Surabaya

16 – 22 Juni 2022: Makassar

18 – 22 Juni 2022: Semarang

19 – 21 Juni 2022: Denpasar

20 – 24 Juni 2022: Aceh

21 – 24 Juni 2022: Kupang

26 – 29 Juni 2022: Medan, Surabaya

27 – 29 Juni 2022: Madiun

29 Juni 2022: Nabire

Kuota Sekolah Kedinasan 2022

Melalui Jalur Pola Pembibitan Kemenhub: 2.506

Melalui Jalur Pola Pembibitan Pemerintah Daerah: 744

Melalui Jalur Pola Pembibitan Kemenhub Khusus Putra/Putri Papua/Papua Barat: 100

Prospek Kerja Lulusan

Salah satu keunggulan Sekolah Kedinasan dibanding kampus negeri pada umumnya adalah peluang Ikatan Dinas bagi lulusannya. Alumni PTK dengan Ikatan Dinas, atau lumrah dikenal sebagai Sekolah Ikatan Dinas, akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada instansi yang menaunginya.

Beberapa Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas saat ini yaitu STIN (Badan Intelijen Negara), IPDN (Kementerian Dalam Negeri), PKN STAN (Kementerian Keuangan), Poltekim (Kementerian Hukum dan HAM), Poltekip (Kementerian Hukum dan HAM), Polstat STIS (Badan Pusat Statistik), STTD (Kementerian Perhubungan), STSN (Badan Siber dan Sandi Negara), dan STMKG (BMKG).

Sementara itu, alumni PTK non Ikatan Dinas akan memperoleh ijazah sama seperti alumni perguruan tinggi negeri dan swasta pada umumnya. Selain memiliki prospek kerja di luar instansi pemerintah, alumni PTK non Ikatan Dinas berpeluang menjadi ASN melalui tes CPNS.Nah, tertarik untuk menjadi ASN, Sobat Pintar?

10 Universitas di Sulawesi, Ada Berapa di Makassar?

Apa sajakah universitas terbaik di Sulawesi? Buat calon mahasiswa seperti kamu, wajib banget tahu apa saja alternatif universitas, termasuk di Sulawesi. Salah satu pulau terbesar di Indonesia ini terdiri dari lima provinsi, yang masing-masing punya universitas unggulannya sendiri. Sebagai referensi buat Sobat Pintar, berikut ini daftar universitas di Sulawesi.

1. Universitas Hasanuddin

Universitas di Sulawesi Selatan ini memiliki tiga kampus. Pertama, Kampus Tamalanrea berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 10, Tamalanrea, Makassar. Kedua, Kampus Gowa berada di Jalan Poros Malino Km. 6, Bontomarannu, Gowa. Terakhir, Kampus Sidrap berada di Jalan Jend. Sudirman No.176, Pangkajene, Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang.

Terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di Sulawesi, Universitas Hasanuddin (Unhas) terakreditasi A oleh Ban-PT. Ada empat rumpun fakultas di universitas negeri di Makassar ini, yaitu Sains dan Teknologi, Sosial Humaniora, Ilmu Kesehatan, dan Ilmu Pertanian.

2. Universitas Sam Ratulangi

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) adalah salah satu universitas di Sulawesi Utara yang terkreditasi Unggul oleh Ban-PT. Kampus Unsrat di Bahu, Manado, menjadi rumah bagi 11 fakultas Program Sarjana, yaitu Kedokteran, Teknik, Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Budaya, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Kesehatan Masyarakat.

3. Universitas Tadulako

Universitas di Sulawesi Tengah ini berada di Jalan Soekarno Hatta Km. 9 Tondo, Palu. Dengan status akreditasi institusi B, Universitas Tadulako (Untad) terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi, Hukum Pertanian, Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kehutanan, Kedokteran, Peternakan dan Perikanan, serta Kesehatan Masyarakat.

4. Universitas Halu Oleo

Universitas Halu Oleo (UHO) adalah sebuah universitas di Sulawesi Tenggara, beralamat di Anduonou, Kendari. Institusi pendidikan negeri dengan akreditasi B ini menaungi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pertanian, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Hukum, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, Peternakan, Kehutanan dan Ilmu Lingkungan, Ilmu Budaya, Farmasi, Teknologi dan Ilmu Pertanian, Ilmu dan Teknologi Kebumian, serta Ilmu Administrasi.

5. Universitas Negeri Manado

Berstatus sebagai perguruan tinggi negeri sama seperti Unsrat, Universitas Negeri Manado (Unima) juga berada di universitas di Sulawesi Utara. Bedanya, lokasi kampus Unima berada di Kelurahan Tonsaru, Kecamatan Tondano Selatan. Saat ini terakreditasi B, Unima memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan, Ilmu Keolahragaan, Ilmu Sosial, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa dan Seni, Ekonomi, dan Teknik.

6. Universitas Negeri Makassar

Tentu saja, ada lebih dari satu perguruan tinggi di Makassar. Universitas yang ada di Makassar tak hanya Unhas, tapi juga Universitas Negeri Makassar (UNM). Dua kampus di Makassar ini sama-sama berstatus sebagai perguruan tinggi negeri, keduanya juga terakreditasi A.

Kampus UNM berlokasi di Jalan AP. Pettarani, Makassar. Universitas negeri di Makassar ini menaungi Fakultas Psikologi, Ilmu Pendidikan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Bahasa dan Sastra, Ilmu Keolahragaan, Ilmu Sosial, Seni dan Desain, serta Ekonomi.

7. Universitas Muslim Indonesia

Ini dia, universitas swasta di Makassar dengan akreditasi Unggul. Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo KM. 5, Makassar. Perguruan swasta di Makassar ini memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Agama Islam, Farmasi, Hukum, Ilmu Komputer, Kedokteran, Perikanan, dan Ilmu Kelautan, Kesehatan Masyarakat, Pertanian, Kedokteran Gigi, Sastra, Teknik, dan Teknologi Industri.

8. Universitas Kristen Indonesia Paulus

Universitas swasta di Makassar ini terakreditasi B. Universitas Kristen Indonesia Paulus (Ukipaulus) membuka Fakultas Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Teknik, serta Informatika dan Komputer untuk Program Sarjana. Kampus Ukipaulus beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 13 , Daya, Kota Makassar.

9. Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) adalah universitas swasta di Makassar dengan akreditasi B. Ada tujuh fakultas di Unismuh saat ini, yaitu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Agama Islam, Teknik, Pertanian, dan Kedokteran. Kampus di Makassar ini berlokasi di Jalan Sultan Alauddin No.259, Makassar.

Baca Juga: Catat! Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UNAND Sebelum Daftar

10. Universitas Kristen Indonesia Tomohon

Universitas di Sulawesi Utara ini merupakan universitas swasta dengan akreditasi Baik. Di Universitas Kristen Indonesia Tomohon (Ukit) ada Fakultas Teologi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Hukum, Teknik, Psikologi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Pertanian. Universitas di Sulawesi ini beralamat di Jalan Raya Manado – Tomohon Kakaskasen, Kota Tomohon.

6 Universitas Terbaik di Karawang Swasta dan Negeri

Universitas Terbaik di Karawang – Ketika mendengar nama kota Karawang, kebanyakan orang pasti akan menggunakan istilah kota lumbung. Padahal, tidak hanya kebutuhan pangan, di kota Karawang banyak terdapat perguruan tinggi negeri dan swasta yang berkualitas. Buat kamu yang berdomisili di Karawang, simak daftar kampus swasta dan negeri di Karawang!

Daftar Universitas di Karawang Swasta dan Negeri

Karawang merupakan salah satu kota tersibuk di Jawa Barat. Dengan banyaknya kawasan industri di kota, wajar saja jika banyak orang dari berbagai daerah bermigrasi. Tentunya dengan jumlah penduduk dan persaingan hidup yang tinggi, maka diperlukan pendidikan tinggi agar dapat bersaing. Maka wajar jika banyak universitas atau lembaga negara didirikan di kota ini.

Berikut daftar universitas di Karawang yang berstatus swasta dan negeri sebagai bahan pertimbangan dalam memilih tempat kuliah:

1. Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang

Universitas Terbaik di Karawang dimulai dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang. Nama kerennya Politeknik Karawang, kampus ini merupakan perguruan tinggi negeri yang bergerak di bidang pendidikan vokasi kelautan dan perikanan di bawah naungan kementerian kelautan dan perikanan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang ini.

Program studi yang tersedia di Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang meliputi teknik penangkapan ikan, teknik pengolahan hasil perikanan, dan teknik kelautan. Kampusnya sendiri terletak di Jalan Baru Tanjungpura – Klari, Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat.

2. Universitas Singaperbangsa Karawang

Selanjutnya, ada satu lagi perguruan tinggi negeri yang meramaikan daftar ini, yakni Universitas Singaperbangsa Karawang. Sering disingkat UNSIKA, kampus ini terletak di Jalan HS Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Berdiri sejak tahun 1982, saat ini UNSIKA telah mendapatkan akreditasi B oleh BAN PT.

Jurusan yang tersedia di UNSIKA antara lain agroteknologi, agribisnis, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan matematika, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan luar sekolah, pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi, teknik informatika, sistem informasi, teknik elektro, teknik industri, teknik mesin , teknik kimia, teknik lingkungan, hukum, studi agama Islam, manajemen pendidikan, guru dan pendidikan, ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan, hubungan internasional, kebidanan, farmasi, gizi, pendidikan olahraga, manajemen, dan akuntansi.

3. Universitas BSI

Siapa yang tidak kenal dengan BSI? Universitas ini terkenal dengan iklan komersialnya dengan tagline, “Kuliah? BSI saja!”. Keberhasilan iklan tersebut benar-benar melanggengkan BSI dalam dunia pendidikan. Kampusnya tersebar di berbagai kota di Indonesia. Lulusan harus telah bekerja di berbagai bidang keahlian.

Ada dua kampus BSI University di Karawang, yaitu di Jalan Banten No 1 Karangpawitan, Karawang dan di Jalan Ir Juanda No 17, Cikampek. Walaupun BSI sendiri sudah ada sejak lama, BSI University baru berdiri sejak tahun 2010. Hingga saat ini kampus swasta ini telah terakreditasi B oleh BAN PT.

4. Universitas Buana Perjuangan

Selanjutnya dalam daftar kampus swasta dan negeri di Karawang adalah Universitas Buana Perjuangan Karawang atau sering disebut UBP Karawang. Kampus swasta tersebut ternyata masih muda karena baru berdiri sejak 2014. Berdasarkan data di situs Dikti disebutkan bahwa kampus yang berlokasi di Jalan HR Ronggowaluyo, Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat ini telah terakreditasi C. oleh BAN PT.

Jurusan yang tersedia di UBP Karawang adalah akuntansi, farmasi, hukum, manajemen, pendidikan agama Islam, pendidikan guru SD, pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, psikologi, sistem informasi, teknik industri, teknik informatika, dan teknik mesin. Apakah ada jurusan yang menarik minat Anda? Daftar saja!

5. STMIK Kharisma Karawang

Selanjutnya ada STMIK Kharisma Karawang yang melengkapi daftar kampus di Karawang. Berlokasi di By Pass Jalan Pangkal Perjuangan, Tanjung Pura, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kampus ini telah berdiri sejak tahun 1995. Saat ini, STMIK Kharisma Karawang telah memperoleh akreditasi C dari BAN PT.

Program studi yang tersedia di STMIK Kharisma Karawang adalah S1 informatika, S1 sistem informasi, D3 sistem informasi, dan D3 sistem informasi akuntansi. Dilihat dari jurusan yang ada, STMIK Kharisma Bela Diri fokus pada bidang informasi.

6. STIE YPN

Kampus swasta dan negeri selanjutnya di Karawang adalah Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Pendidikan Nusantara atau disingkat STIE YPN. Kampus ini terletak di Jalan Surotokunto No. 2 Rawabagus, Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Berdasarkan website resmi Dikti, STIE YPN baru berdiri sejak tahun 2017. BAN PT telah memberikan akreditasi C kepada kampus ini.

Hanya ada dua jurusan yang tersedia di Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Pendidikan Nusantara, yaitu S1 manajemen dan S1 akuntansi. Keduanya telah memperoleh akreditasi B. Apakah Anda tertarik menjadi dari dua jurusan ini? Jangan ragu, ayo daftar untuk belajar disini!

4 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Terpopuler di Indramayu

Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Terpopuler di Indramayu – Indramayu adalah sebuah kota di Prov. Jawa Barat yang memiliki beberapa rekomendasi pilihan kampus bagi calon mahasiswa baru.

Jika Anda adalah calon mahasiswa baru yang saat ini sedang sibuk mencari kampus terbaik, maka artikel Kami ini mungkin bisa membantu Anda.

Karena disini Kami akan mengulas tentang pilihan kampus populer di Indramayu dan bisa menjadi pertimbangan Anda jika berencana untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Daftar Perguruan Tinggi Terkenal di Indramayu

Pada kesempatan kali ini, Kami telah mengumpulkan beberapa pilihan kampus di Indramayu yang bisa Anda pertimbangkan, salah satunya jika Anda ingin melanjutkan pendidikan di universitas di masa depan.

Apa saja pilihan kampus di Indramayu? Yuk simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Politeknik Negeri Indramayu (Polindra)

Pertama, kampus di Indramayu yang masuk dalam rekomendasi Kami adalah Politeknik Negeri Indramayu atau disebut juga Polindra.

Sebagai perguruan tinggi negeri, seleksi masuk Polindra dapat melalui Seleksi Nasional Politeknik Negeri Masul yang disingkat SNMPN atau Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri yang dikenal dengan SBMPN.

Karena pelaksanaan SNMPN telah melepas peserta yang telah lolos kualifikasi, maka pilihan yang bisa Anda pilih adalah SBMPN 2022 jika Anda berminat untuk bergabung dengan Polindra.

Dalam pelaksanaan SBMPN Polindra akan menghadapi Ujian Berbasis Komputer atau UBK yang akan berlangsung secara offline di kampus Politeknik Negeri Indramayu.

Mata pelajaran yang akan kamu hadapi selama UBK antara lain Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Di Politeknik Negeri (Polindra) Indramayu ada beberapa pilihan jurusan/program studi yang bisa anda pertimbangkan, antara lain:

  • D3 Keperawatan
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Teknik Refrigerasi dan Tata Udara
  • D4 Rekayasa Perangkat Lunak
  • Desain Manufaktur D4

Segala macam informasi lebih lanjut yang ingin Anda ketahui tentang kampus di Indramayu, Anda dapat mengakses situs resminya di pmb.polindra.ac.id dan polindra.ac.id.

2. Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu

Unwir atau Universitas Wiralodra merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di pusat kota Indramayu, tepatnya di Jalan Ir. H Juanda KM. 03, Karanganyar, Indramayu, Karanganyar, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Kampus swasta ini termasuk dalam jajaran perguruan tinggi swasta terbaik dan terpopuler di Jawa Barat. Tidak sedikit calon mahasiswa yang mempertimbangkan untuk mendaftar di Unwir Indramayu ketika ingin melanjutkan studinya.

Beberapa pilihan jurusan atau program studi yang saat ini dimiliki Unwir antara lain:

[Pengajaran & Pendidikan Sains

  • pendidikan bahasa dan sastra indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • pendidikan matematika
  • Pendidikan Biologi

[Hukum

  • ilmu Hukum
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Administrasi publik
  • [Ekonomi
  • Pengelolaan

Fakultas Pertanian

  • Agribisnis
  • Agroteknologi

[Islam

  • Pendidikan Agama Islam
  • Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
  • perbankan syariah

[Teknik

  • Teknik Sipil
  • Teknik Komputer

[Kesehatan masyarakat

  • Kesehatan masyarakat

3. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indramayu

Masih dalam artikel kampus di Indramayu, rekomendasi populer dari Kami, ada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang juga dikenal dengan IMS Indramayu.

Pada tahun ajaran 2022/2023, STIKes Indramayu juga membuka penerimaan mahasiswa baru dengan beberapa pilihan jurusan atau program studi.

Penjelasan program studi apa saja yang tersedia di STIKes Indramayu dapat Anda baca di bawah ini.

  • Program Studi Profesi Keperawatan (Ners)
  • Program Studi Pendidikan Profesi Bidan (Bd)
  • Program Studi Sarjana Keperawatan (S.Kep)
  • Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.M)
  • Program Studi Sarjana Kebidanan (S.Keb)

4. Sayid Sabiq. perguruan tinggi islam

Di Indramayu juga dibangun kampus dengan prinsip utama Islam. Namanya SMA Islam atau STAI Sayid Sabiq. Perguruan tinggi yang baik untuk meningkatkan pemahaman Islam moderat.

Universitas mengawasi dua departemen terakreditasi. Yaitu jurusan Pendidikan Islam dan Perbankan Syariah. Artinya, jika ingin mempelajari Islam lebih luas, atau ingin memahami prinsip-prinsip perbankan menurut syariah, kampus ini bisa menjadi pilihan.

Kampus yang berdiri sejak tahun 2001 ini beralamat di Jl Panyindangan Wetan 01 Sindang Indramayu. Lokasinya mudah dijangkau dan berada di kawasan padat penduduk.

Catat! Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UNAND Sebelum Daftar

Lolos seleksi masuk fakultas kedokteran pasti jadi keinginan banyak siswa Indonesia. Apalagi jika berdomisili di wilayah Sumatera Barat, Universitas Andalas (UNAND) mungkin adalah targetmu selama ini. Itu artinya syarat masuk fakultas kedokteran UNAND adalah info yang patut kamu cermati.

Tentunya cuma pendaftar yang sesuai persyaratan saja lah yang bisa dipertimbangkan dan lolos. Supaya memudahkanmu mengumpulkan informasi, berikut ini adalah rangkumannya. Catat baik-baik, ya.

Jalur Masuk Fakultas Kedokteran UNAND

Untuk menjadi mahasiswa kedokteran terlebih dahulu kamu harus tahu apa saja jalur masuk yang diijinkan. Ini juga termasuk dalam syarat masuk, lho. Ada 3 jalur yang UNAND sediakan.

Pertama kamu bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN yang mempertimbangkan nilai rapor semasa sekolah serta peforma sekolah. Jalur kedua melalui SBMPTN yang sangat berpatokan pada hasil ujian tertulis berbasis komputer (UTBK). Pada seleksi ini tentunya peserta harus memilih rumpun ilmu saintek.

Jika belum lolos juga, kamu masih punya kesempatan untuk mencoba seleksi mandiri yang diadakan oleh UNAND. yaitu SMMPTN. Hanya saja dalam jalur ini ada beberapa kategori yang mengharuskan pendaftar memilih salah satunya sesuai kriteria dan persyaratan.

Namun sebelum membahas hal tersebut, wajib hukumnya mengetahui apa saja syarat utama untuk mendaftar fakultas kedokteran di universitas ini. 

Baca Juga: 10 Daftar Tempat Kuliah Teknik Elektro Terbaik di Indonesia Untuk S1

Syarat Utama Masuk Fakultas Kedokteran

Selain kelengkapan berkas administrasi, perhatikan dulu seluruh syarat masuk fakultas kedokteran UNAND. Melansir laman resmi fakultas kedokterannya, UNAND menetapkan dua hal yang perlu pendaftar penuhi, antara lain :

1. Lulusan Jurusan IPA Dari Jenjang Pendidikan SMA Atau Sederajatnya

Lewat persyaratan ini, kemungkinan akan cukup sulit bagi lulusan selain IPA mendaftar meskipun memilih rumpun ilmu saintek atau campuran ketika SBMPTN. Alasannya?

Mahasiswa jurusan IPA cenderung memahami lebih dalam mengenai ilmu-ilmu eksak dan ilmu alam semasa sekolah. Nah, kompetensi inilah yang sangat dibutuhkan selama masa perkuliahan. Karena itulah pendaftar dari jurusan lain dikhawatirkan akan kualahan mengikuti pembelajaran.

2. Memiliki Status Kesehatan Yang Baik

Status kesehatan yang dimaksud dalam pendaftaran kali ini bukan hanya sehat fisik dan mental yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Lebih spesifiknya, pendaftar juga wajib tidak mengidap kelainan buta warna baik total maupun parsial.

Tak hanya itu, tingkat kesehatan fisik lainnya juga sangat diperhatikan. Seperti bukan merupakan kalangan tuna netra, tuna daksa, tuna wicara, maupun tuna rungu. Dan akan lebih baik lengkapi lah dengan surat keterangan dokter supaya bisa kamu lampirkan jika diminta. 

Masuk Fakultas Kedokteran Melalui Seleksi Mandiri 

Setelah kedua syarat tersebut berhasil kamu penuhi, kini saatnya perhatikan syarat pendaftaran sesuai jalur yang dipilih, terutama dalam seleksi mandiri. Ada 5 jalur yang UNAND sediakan. Namun untuk pendaftar kedokteran sendiri boleh jadi hanya 4 kategori yang menjadi pilihan.

Keempatnya adalah SMBKA, SMBPU, SMBK, dan SMMI. Masing-masing kategori ini punya syarat pendaftaran yang berbeda satu sama lain. So, untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah penjelasannya.

Syarat Masuk Jalur SMBKA

Seleksi ini sendiri sebetulnya merupakan kependekan dari Seleksi Masuk Berdasarkan Kemampuan Akademik. Karena itulah ukuran penilaiannya pun didasarkan pada nilai akademik, khususnya nilai UTBK sebelumnya. 

Dengan begitu maka pendaftar wajib menjadi peserta UTBK yang belum lolos pada universitas manapun sebelum mendaftar fakultas kedokteran UNAND. Dan bagi kamu lulusan 3 tahun terakhir juga masih bisa mendaftar kok, selama memiliki ijazah.

Syarat Masuk Jalur SMBPU

Jalur masuk ini disyaratkan khusus untuk pendaftar yang memiliki prestasi unggul dalam bidang apapun. Baik itu keagamaan, kesenian, olahraga, dan penalaran ilmiah. Namun untuk jenis spesifiknya bisa dilihat langsung di laman resmi penerimaan mahasiswa UNAND.

Bukan cuma itu saja, kompetisi yang pernah diikuti juga harus mendapat paling rendah juara ketiga. Asalkan prestasi tersebut berskala paling rendah provinsi dan diadakan oleh lembaga resmi, ya.

Apalagi jika kamu Hafizh Qur’an minimal 10 juz dalam tiga tahun terakhir juga sudah bisa mendaftar, lho.

Syarat Masuk Jalur SMBK

Sedikit berbeda dari jalur lainnya, hanya lulusan berprestasi yang berasal dari daerah 3T saja yang bisa mendaftar di seleksi ini. Yaitu daerah-daerah yang tertinggal, terdepan, dan terluar.

Tapi, itu saja belum cukup. Kamu juga perlu memastikan daerah tinggalmu terikat kerjasama antara pemkab/kota atau instansi bukan pemerintah dengan UNAND. Barulah kamu bisa melanjutkan pendaftaran dan melengkapi berkas administrasi.

Untuk memastikan tingkat prestasi sesuai dengan kritria jalur ini, kamu juga diminta untuk melampirkan nilai rapor dari kelas 10-12. Jadi pastikan untuk persiapkan nilai semasa sekolah agar benar-benar cemerlang.

Syarat Masuk Jalur SMMI

Bila bukan berstatus sebagai WNI, hanya inilah jalur masuk satu-satunya yang bisa kamu tempuh. Syaratnya mungkin akan sedikit lebih banyak, sehingga perlu untuk memastikan :

  • Adanya kerja sama dengan Pemerintah Indonesia
  • Memegang ijazah terakreditasi dan legalisirnya baik di negara asal maupun Indonesia
  • Rekomendasi dari kedutaan negara asal
  • Menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris disertai buktinya
  • Sehat jasmani dan bebas dari penggunaan narkoba disertai surat keterangannya

Jadi, itulah syarat masuk fakultas kedokteran UNAND, mulai dari komponen utama hingga syarat khusus seleksi mandiri. Yuk, persiapkan semuanya dari sekarang dan tentukan baik-baik jalur mana yang akan dipilih. Semangat terus menggapai cita-cita!

Inilah Rekomendasi Kampus Penerbangan di Jogja

Kampus penerbangan di Jogja akhir-akhir ini paling banyak dicari oleh calon mahasiswa, khusunya yang mempunyai cita-cita ingin menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff di penerbangan ternama, baik domestik ataupun internasional. Tak hanya itu saja, terdapat beberapa alasan mengapa mereka memilih kampus penerbangan, yaitu sistem pendidikannya lebih singkat dan akan diajarkan untuk siap bekerja langsung di lapangan serta banyak yang bilang gaji lulusan sekolah penerbangan sangat fantastis.

Meskipun demikian, nyatanya masih banyak yang belum tahu tentang nama-nama atau rekomendasi kampus terbaik yang ada di Jogja. Nah, apabila kamu penasaran mengenai hal tersebut, yuk langsung simak penjelasan berikut.

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang pertama adalah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan atau sering disingkat dengan STTKD yang terletak di Bantul, Yogyakarta. Kampus ini membuka program studi D1 untuk pramugari dan termasuk satu-satunya program Diploma yang sudah mendapatkan pengakuan akreditasi oleh BAN-PT. Apabila kamu kuliah dan berhasil lulus dari sekolah ini, maka kamu akan mendapatkan gelar Ahli Pratama (AP-Pnb) yang tentunya sudah mendapatkan pengakuan dari Dirjen Perhubungan Udara.

Adapun fasilitas pendidikan yang disediakan oleh STTKD yaitu bangunan utamanya yang luas, internet atau hotspot yang dapat diakses kapanpun, bengkel, masjid, laboratorium komputer, masjid dan lain sebagainya. Apabila Anda menyukai hal yang berhubungan dengan olahraga, kamu tidak perlu mengkhawatirkan tempat untuk melakukannya, sebab di kampus ini juga tersedia lapangan basket, lapangan sepak bola hingga lapangan untuk bulutangkis.

Sedangkan kurikulum yang digunakan oleh universitas ini untuk program D1 pramugarinya, yaitu sebanyak 2 semester. Dimana pada semester pertama,  terdiri dari mata kuliah Aviation Knowledge, In Flight Announcement, English for Aviation, Ticketing, Reservation, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk semester kedua, lebih ke arah praktik seperti proaktif Passengers anda Baggage Handling, Ticketing and Reservation, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Inilah 10 Universitas Negeri Terbaik di Bali

Flight Attendant and Airlane Staff Training

Rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang kedua adalah Flight Attendant And Airlane Staff Training yang menggunakan metode pelatihan singkat. Fokus kampus FAAST adalah upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil di bidang penerbangan dengan menawarkan program studi pramugari, pramugara, dan staf airlines. Untuk lokasi FASST ini di Sleman, Yogyakarta dengan beberapa fasilitas yang disesuaikan, yaitu free Wifi, mushola, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Apabila kamu kuliah di kampus ini, maka kamu tidak akan mendapatkan pembekalan materi yang diperlukan untuk kerja saja, akan tetapi kamu juga akan mendapatkan pendidikan tentang karakter dan kepribadian. Beberapa materi yang diajarkan oleh FASST, yaitu Table Manner, Airline Knowledge, Kunjungan Bandara, Job Motivation, Jungle Survival, English for Interview, dan lain sebagainya.

Ketika kamu ingin masuk ke kampus ini, maka kamu harus memenuhi semua syarat pendaftaran yang sudah ditentukan. Salah satunya mengenai tinggi badan. Untuk tinggi badan bagi pria minimal 170 cm dan tinggi badan untuk perempuan minimal 160 cm dengan rata-rata usia 12-23 tahun. Tak hanya itu saja, kamu juga harus mempunyai penampilan yang menarik, sopan, tidak mempunyai penyakit hepatitis, serta mempunyai kesehatan jasmani dan rohani yang baik.

Kampus ini sudah dibangun dan mulai beroperasi sejak April tahun 2002 silam dengan menawarkan pembekalan keterampilan bagi mahasiswa nya yang siap untuk bekerja. Pelatihan Pramugari Pramugara Nusantara ini sudah mendapatkan akreditasi A dan sudah meluluskan ribuan peserta didik yang bekerja di maskapai penerbangan domestic maupun internasional. Bahkan P3 Nusantara ini juga membekali mahasiswa nya dengan materi-materi, seperti ilmu kepramugarian, ticketing service, Bahasa Inggris, dan ground handling.

Jika kamu lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin menempuh pendidikan di rekomendasi kampus penerbangan di Jogja ketiga ini, maka kamu harus memenuhi beberapa syarat, yaitu maksimal 23 tahun, berbadan sehat, belum menikah, laki-laki tinggi badan 170 cm, dan perempuan tinggi badan 160 cm.

Jogja Flight

Rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang keempat adalah Jogja Flight yang berdiri di bawah naungan Yayasan Kusuma Mahardika dan sudah mulai beroperasi sejak tahun 20006. Perlu kamu ketahui bahwa sekolah pramugari dan penerbangan ini berpusat di Yogyakarta serta mempunyai cabang yang sudah tersebar luad di seluruh Indonesia, seperti Sumatera Flight dan Sulawesi Flight.

Adapun program unggulan yang ditawarkan oleh Jogja Flight, yaitu Airlines Crew, Aviation Security, kelas internasional S1 Manajemen Transportasi Udara, dan lain sebagainya. Hal menarik dari Jogja Flight ini, yaitu sudah mendapatkan kepercayaan dari Kementrian Perhubungan RI untuk menyelenggarakan diklat dan pendidikan Basic-Junior Avsec, Flight Operation, Aircraft Marshaller, dan lain sebagainya.

Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari

Rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang terakhir adalah Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari (PSPP) yang mempunyai visi menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang penerbangan.  Program studi yang disediakan oleh kampus ini adalah Aviation Security, staff penerbangan, dan pramugari. Perlu Anda ketahui juga bahwa kampus PSPP ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia seperti Jakarta, Jogja, Medan, dan juga Makassar dengan setiap tahunnya mampu menampung 150 mahasiswa.

Nah, itulah informasi singkat mengenai rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang dapat disampaikan untuk kamu. Semoga informasi di atas dapat membantu dan menjawab semua kebingungan kamu ketika memilih kampus terbaik di bidang penerbangan Jogja. Apabila kamu ingin mendapatkan informasi lain seputar kampus penerbangan yang ada di kota-kota Indonesia lainnya, maka bisa langsung cek di situs ini.

Daftar 6 Universitas Terbaik dan Terfavorit di Garut

Universitas Terbaik Garut – Daftar 9 Perguruan Tinggi di Garut ini bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa atau mahasiswa yang sedang sibuk mencari universitas terbaik.

Kota Garut merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan destinasi wisata alam dan kulinernya. Selain kayak untuk wisata, Garut juga memiliki beberapa universitas terbaik dan ternama yang layak dijadikan tempat mencari ilmu.

Berikut daftar 6 Perguruan Tinggi di Garut yang telah kami rangkum:

Rekomendasi Universitas Terbaik Garut

1. Universitas Garut

Universitas Garut didirikan pada tahun 1998 yang terdiri dari enam program pendidikan sarjana dan terdiri dari satu fakultas program pascasarjana atau magister. Universitas Garut terletak di Jalan Raya Semarang, Mekarwangi, Kecamatan Terogong Kaler, Hampor, Tarogong Kidul.

2. Sekolah Tinggi Hukum (STH) Garut

Kampus yang terletak di kawasan Haurpanggung, Tarogong Kidul ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin menjadi advokat, jaksa, atau praktisi hukum. Universitas ini hanya ada untuk program studi Hukum sebagai satu-satunya jurusan yang dimilikinya.

3. Sekolah Tinggi Teknik (STT) Garut

Status kampus ini adalah milik swasta yang memfasilitasi kepemilikan seluruh civitas akademika berupa laboratorium praktikum yang lengkap. Kampus yang terletak di Jalan Walikota Syamsu No. 01, Jayaraga, Tarogong Kidul ini terdiri dari beberapa program studi antara lain Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Teknik Sipil.

4. Perguruan Tinggi Islam Darul Arqam (STAIDA) Muhammadiyah

Perguruan tinggi dengan fokus pendidikan Islam dan penerapannya merupakan kampus di bawah organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia. Kampus ini terletak di Jalan Bratayudha No. 39, Regol.

5. Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut

Bagi Anda yang tertarik dengan bidang informatika dan komputer, kampus ini menyediakan pendidikan setingkat Diploma atau D3 dan jenjang pendidikan Sarjana atau S1. Kampus ini terletak di Jalan Pahlawan No. 32, Sukagalih dan merupakan salah satu kampus swasta di Garut.

6. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Karsa Husada

Kampus ini merupakan salah satu kampus favorit di Garut dengan jenjang pendidikan Diploma dengan program studi Keperawatan, Kebidanan, dan Analis Kesehatan. Jenjang selanjutnya adalah pendidikan sarjana dengan program studi khusus Keperawatan dan pendidikan profesi keperawatan. Kampus ini terletak di Jalan Subyadinata No. 07, Kecamatan Tarogong Kidul.

6 Universitas di Cirebon Beserta Jurusan dan Biaya Kuliahnya,

Universitas di Cirebon – Cirebon adalah salah satu kota yang letaknya di jalur Pantai Utara Jawa. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata karena terkenal akan sejarah dan budayanya.

Tidak hanya itu saja, Cirebon juga dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki cukup banyak penduduk. Oleh karena itu, tidak heran apabila di Cirebon ada banyak fasilitas pendidikan berupa universitas.

Berikut ini merupakan beberapa pilihan universitas di Cirebon yang bagus dan bisa kamu jadikan tempat untuk kuliah. Simak dulu, yuk!

1. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati

Akreditasi: B
Alamat: Jl. Perjuangan, Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
Map: Klik Disini
No. Telp: (0231) 489926
Website: https://syekhnurjati.ac.id/
Biaya Kuliah Mulai: Rp. 1.750.000 per semester

Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati adalah salah satu perguruan tinggi negeri Islam yang letaknya di Cirebon. Namanya diambil dari tokoh perintis dakwah Islam di wilayah Cirebon.

Sebagai sebuah institusi Islam, tentu saja fakultas dan jurusan yang ada di kampus ini berhubungan dengan agama Islam. Hal ini diperuntukkan agar nilai-nilai dan ajaran Islam tertanam pada mahasiswanya.

Beberapa fakultas di kampus ini antara lain syariah dan ekonomi Islam, ushuluddin adab dakwah, serta ilmu tarbiyah dan keguruan.

2. Universitas Muhammadiyah Cirebon

Akreditasi: C
Alamat: Jl. Tuparev No. 70, Kedungjaya, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat
Map: Klik Disini
No. Telp: (0231) 204276
Website: www.umc.ac.id
Biaya Kuliah Mulai: Rp. 2.000.000 per semester

Universitas Muhammadiyah adalah salah satu kampus yang berada di bawah naungan organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia. Ternyata, kampus ini juga ada di Cirebon lho.

Sebenarnya, kampus ini sudah ada dari sejak tahun 1962 namun pada kala itu merupakan sebuah FKIP hukum dan ekonomi. Sejak tanggal 8 Desember 1999, barulah menjadi Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Ada beberapa fakultas di kampus ini yang meliputi ilmu kesehatan, keguruan dan ilmu pendidikan, teknik, hukum, ekonomi, serta ilmu sosial dan ilmu politik.

3. Universitas Swadaya Gunung Jati

Akreditasi: B
Alamat: Jl. Pemuda Raya No. 32, Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
Map: Klik Disini
No. Telp: (0231) 206558
Website: https://ugj.ac.id/
Biaya Kuliah Mulai: Rp. 1.000.000 per semester

Universitas Swadaya Gunung Jati adalah salah satu kampus swasta yang terletak di Cirebon. Namanya diambil dari salah satu tokoh penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, yaitu Sunan Gunung Jati.

Kampus ini sudah berdiri sejak tanggal 16 Januari 1961 dengan hanya memiliki dua fakultas saja yaitu hukum dan ekonomi. Kini, jumlah fakultas di kampus ini sudah ada banyak.

Beberapa fakultas yang ada di kampus ini meliputi hukum, ekonomi, keguruan dan ilmu pendidikan, ilmu sosial dan ilmu politik, pertanian, teknik, dan kedokteran.

Eits, tidak hanya bisa menempuh pendidikan sarjana saja, kamu juga bisa kok ambil studi pascasarjana di kampus ini kalo mau!

4. Universitas 17 Agustus Cirebon

Akreditasi: B
Alamat: Jl. Perjuangan No. 17, Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
Map: Klik Disini
No. Telp: (0231) 481945
Website: https://untagcirebon.ac.id/web/

Universitas 17 Agustus atau yang biasa disingkat sebagai UNTAG adalah salah satu kampus swasta yang cukup terkenal di Cirebon.

Universitas ini sudah berdiri sejak tanggal 2 September 1962 sebagai cabang dari UNTAG Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak mahasiswa yang kuliah di universitas ini.

Beberapa fakultas yang ada di kampus ini antara lain ilmu sosial dan ilmu politik, hukum, teknik, perikanan dan ilmu kelautan, ekonomi, serta keguruan dan ilmu pendidikan.

Selain bisa mengambil program sarjana, kamu juga bisa kok mengambil kelas pascasarjana. Namun, kelas pascasarjana hanya untuk jurusan ilmu administrasi negara ya!

5. Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Alamat: Jalan Sisingamangaraja No. 33, Lemahwungkuk, Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
Map: Klik Disini
No. Telp: (0231) 235900
Website: https://unucirebon.ac.id/id/

Ada lagi nih, salah satu universitas Islam yang bisa kamu jadikan tempat untuk menimba ilmu di Cirebon yaitu Universitas Nahdlatul Ulama. Usianya masih relatif muda karena baru berdiri pada tanggal 16 September 2011.

Tentu saja, kampus ini menerapkan nilai-nilai serta ajaran Islam pada mahasiswanya. Tidak ketinggalan, ada fakultas agama Islam yang bisa kamu ambil lho.

Selain itu, beberapa fakultas lain yang ada di kampus ini meliputi ilmu pendidikan dan keguruan, hukum, ilmu komputer, ekonomi, teknik kelautan dan perikanan, serta maritim.

6. Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon

Alamat: Jl. Evakuasi No. 11, Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
Map: Klik Disini
No. Telp: (0231) 482196
Website: https://sttcirebon.ac.id/

Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon adalah salah satu perguruan tinggi teknik yang terletak di Kota Cirebon. Sesuai dengan namanya, kampus ini merupakan tempat yang tepat untuk memperdalam ilmu teknik.

Ternyata, kampus ini telah berdiri sejak tahun 1965 dengan nama Akademi Teknik Kotapraja Cirebon. Barulah, beberapa tahun kemudian berubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon.

Ada dua jurusan di Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon yang bisa kamu ambil yaitu arsitektur dan teknik sipil. Keduanya merupakan program studi tingkat S1.

Politeknik, Pendidikan Tinggi Vokasi Dambaan Industri

Indonesia dalam tiga dekade terakhir sedang mengalami masa peralihan dari negara agraris yang mengandalkan hasil pertanian dan komoditas, menjadi negara industri yang mengolah dan menghasilkan produk siap pakai berupa barang maupun jasa. Oleh karena itu, pemerintah sangat gencar membangun kawasan industri yang akan menjadi tulang punggung sebuah negara industri.
Dilansir dari website resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), pembangunan kawasan industri menyeluruh dan integratif perlu diiringi dengan penyediaan sumber daya manusia (SDM) yang terampil sesuai kebutuhan industri. Salah satu penyedia SDM yang menjadi dambaan industri tersebut adalah Pendidikan Tinggi Vokasi berbentuk politeknik.

Di Eropa, khususnya Jerman yang dikenal sebagai rajanya industri berteknologi tinggi, sangat mengandalkan politeknik sebagai penghasil sumber daya manusia yang terampil bagi industri. Sementara itu, negara tetangga Singapura juga mulai mengembangkan politeknik, khususnya bagi industri kreatif dan manufaktur modern untuk perkembangan ekonominya.

Singapura merupakan mitra strategis dan investor terbesar di Indonesia. Berdasarkan data BKPM, per triwulan II-2022 realisasi investasi Singapura di Indonesia mencapai USD 3,1 miliar.

Sementara itu, Kemenperin menyebutkan tenaga kerja di sektor industri pada tahun 2022 sudah mencapai 18,64 juta.

Karenanya, SDM menjadi aset penting untuk turut mendorong pembangunan ekonomi nasional, termasuk di sektor industri. Untuk itu, selain fokus membangun infrastruktur, pemerintah juga tengah gencar membangun kompetensi SDM Indonesia.

Politeknik sebagai Pendidikan Vokasi yang Melahirkan Intelektual

Program pendidikan politeknik merupakan jalur pendidikan vokasi pada tingkat Perguruan Tinggi yang membekali lulusan dengan keterampilan yang didukung pengetahuan dasar teoritis yang cukup dan sikap disiplin yang tangguh. Politeknik di Indonesia merupakan program yang menjadi prioritas untuk diakselerasi sebagai bagian dari ekosistem vokasi di Indonesia.

Dengan hadirnya politeknik, diharapkan siswa yang sebelumnya mengenyam pendidikan tingkat menengah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat melanjutkan studi tingkat tingginya di politeknik.

Aliansi dengan industri merupakan langkah awal bagi politeknik untuk bisa mengenali potensinya dan memahami masalah yang dihadapi industri. Pemerintah menargetkan setiap politeknik bisa membenahi kurikulum pendidikannya agar sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar kerja.

Dengan infrastruktur pendukung perkuliahan praktik yang lebih lengkap dibandingkan universitas, politeknik diharapkan dapat berkontribusi menciptakan purwa rupa serta produk yang bisa dijual ke pasar.

Dilansir dari laman, politeknik kini didampingi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang baru dibentuk pada 2021 lalu. Hal ini merupakan wujud besarnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan vokasi.

Pendidikan Vokasi sebelumnya memang kurang mendapat perhatian dan menjadi pilihan kedua saat melanjutkan pendidikan. Namun sejak periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo, pandangan tersebut perlahan mulai berubah.

Pendidikan vokasi mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat dan tidak lagi menjadi pilihan kedua. Hal itu dikarenakan mulai dilakukannya revitalisasi pendidikan vokasi.

Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) Hasilkan Profesional Sebelum Lulus Kuliah

Pada tingkat sekolah menengah, lulusan SMK memang diharapkan dapat langsung terjun ke industri sebagai tenaga kerja yang terampil di bidang operasional. Meskipun begitu, di era persaingan kerja yang sangat ketat ini, tenaga kerja formal yang hanya memegang ijazah sekolah menengah tidak cukup untuk bersaing mendapatkan posisi yang tinggi di perusahaan.

Oleh sebab itu, lulusan sekolah vokasi perlu mengenyam pendidikan tinggi yang bisa membuat tenaga kerja yang awalnya hanya terampil di bidang operasional, menjadi intelektual yang bisa duduk di posisi manajemen dalam perusahaan. Salah satu politeknik berkualitas tinggi yang dapat menjamin lulusannya mahir baik di bidang operasional maupun manajemen adalah MNP.

Hal ini bisa diwujudkan karena sistem pembelajaran di MNP menggunakan Immersive Learning Experience, sebuah metode pembelajaran yang membuat mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja nyata sesuai dengan konsep pembelajaran selama 4 tahun masa perkuliahan untuk menjadi Sarjana Terapan.

Saat ini MNP telah memulai penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 untuk tiga program studi/jurusan, yakni Jurusan Digital Animation, Jurusan Event Management dan Jurusan E-commerce Logistic. Kesempatan untuk bisa menjadi profesional sebelum lulus kuliah dan menjadi sarjana terapan di politeknik bergengsi ini sangat terbatas, hanya bisa didapatkan hingga 31 Agustus 2022.

ITS Jadi Kampus dengan Jumlah Mahasiswa Asing Terbanyak di Indonesia

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tercatat sebagai perguruan tinggi di Indonesia dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak. Data tersebut diambil dari data rekapitulasi izin belajar dan pelaporan mahasiswa asing Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbudristek.
Tercatat dalam data rekapitulasi tahun 2021 tersebut, total mahasiswa asing di ITS berjumlah 1.793 mahasiswa. Dengan rincian 65 mahasiswq S1, 63 mahasiswa S2, 9 mahasiswa S3, 1.564 mahasiswa short-course (program jangka pendek), 11 mahasiswa magang, dan 81 mahasiswa student exchange (pertukaran pelajar).

Direktur Kemitraan Global (DKG) ITS Maria Anityasari mengatakan, lonjakan mahasiswa tersebut dilatarbelakangi dengan adanya pengonsepan mobilitas yang baik di ITS seperti, program magang, student exchange, hingga short-course.

“Sejak 2020, kami berusaha menyelenggarakan virtual mobility yang menarik agar aktivitas internasionalisasi di ITS tetap hidup meski di masa pandemi,” kata Maria melalui keterangan tertulisnya, Minggu (25/9/2022).

Di samping itu, berdasarkan penuturan Maria, peningkatan terjadi usai adanya inovasi baru dari ITS yang sesuai dengan target pasar DKG.

“Sebagai contoh, DKG ITS berhasil melahirkan program baru bertajuk CommTech Nusantara, di mana program ini mengajak para mahasiswa mancanegara untuk belajar harmonisasi dalam kebhinekaan yang ada di Indonesia,” katanya.

Meski demikian, Maria menjelaskan, data tersebut masih bersifat sementara. Sebab, informasi tersebut biasanya dirilis ketika menjelang akhir tahun.

“Penyampaian oleh Dikti saat ini mungkin masih bersifat sementara. Karena tahun 2022 masih belum berakhir,” terangnya.

Adapun untuk short-course sendiri, kata Maria, ITS kerap menerima mahasiswa asing dari Shibaura Institute of Technology (SIT), Jepang untuk di tahun 2022.

Sementara untuk program student exchange, ITS menerima mahasiswa asing yang mayoritas berasal dari Eropa. Begitu pula mahasiswa asal Prancis, Finlandia, Denmark, dan berbagai negara lainnya.

Untuk itulah, Dosen Departemen Teknik Sistem dan Industri tersebut berharap, raihan ini dapat memotivatis sivitas akademika ITS dalam meraih peringkat 500 besar di dunia.

“Perjuangan kita masih jauh. Namun, prestasi ini lah yang menjadi bukti bahwa ITS memiliki kobaran api semangat yang tak kunjung padam,” pungkasnya.

5 Kampus Negeri dan Swasta Terbaik di Cianjur

Kampus  Terbaik di Cianjur – Kabupaten Cianjur merupakan salah satu wilayah administrasi di Provinsi Jawa Barat. Daerah yang terkenal dengan nasi pandan wangi dan roti manis ini juga memiliki banyak universitas unggulan. Tercatat banyak perguruan tinggi berkualitas yang masuk dalam daftar nama kampus di Kabupaten Cianjur.

Daftar Kampus Terbaik di Cianjur

Kampus-kampus terbesar di Cianjur berada di bawah pengelolaan swasta, sementara beberapa di antaranya berada di bawah pengawasan langsung Pemerintah Kabupaten. Meski tidak memiliki kampus milik negara atau pusat pemerintahan, pertanyaan tentang kualitas pendidikan bukanlah sesuatu yang perlu diperdebatkan.

Daftar Alamat Kampus di Kabupaten Cianjur

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di sekitar Kabupaten Cianjur, daftar kampus dan alamat lengkapnya adalah rekomendasi terbaik:

Universitas Suryakancana

Beralamat di Jalan Pasirgede Raya, Bojongherang, universitas ini menjadi rekomendasi pertama dari daftar nama kampus unggulan di Kabupaten Cianjur. Ada lima jenjang S-1 dan satu lulusan. Program studi favorit universitas adalah Fakultas Hukum.

Universitas Putra Indonesia

Universitas Putra Indonesia Cianjur terletak di Jalan Dr. Muwardi No. 66, Advance. Perguruan tinggi ini merupakan kampus pertama yang didirikan di Kabupaten Cianjur. Maka tak heran jika hingga kini tetap menjadi favorit. Jenjang pendidikan D-3 dan S-1. Secara teknis, fokus kampus adalah pada program studi Bahasa, Manajemen, dan Teknik.

Akademi Keperawatan (AKPER) Cianjur

Akademi Keperawatan Cianjur merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Alamatnya Jalan Pasir Gede Raya No. 19, Bojongherang. Program studi di akademi ini hanya setingkat Diploma III Keperawatan. Namun, mudah bagi alumni untuk mencari pekerjaan di sektor pemerintah dan swasta.

Akademi Kebidanan (AKBID) Cianjur

Menyediakan program studi D-3 Kebidanan, Akademi Kebidanan Cianjur dikelola oleh swasta. Alamatnya Jalan Pangeran Hidayatullah No. 105, Sawah Gede. Alumni universitas ini dapat melakukan praktik mandiri atau bergabung dengan lembaga pemerintah dan swasta.

Sekolah Tinggi Teologi Cipanas

Universitas yang masuk dalam daftar nama kampus terbaik di Kabupaten Cianjur adalah Perguruan Tinggi Teologi Cipanas. Lokasinya di Jalan Gadog No. 136, Cipanas, Sindanglaya. Kampus ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi rohaniwan Kristen yang berpengetahuan luas. Ada jenjang S-1, S-2, dan S-3 Teologi di sini.

10 Daftar Tempat Kuliah Teknik Elektro Terbaik di Indonesia Untuk S1

kuliah Teknik Elektro terbaik di Indonesia tersedia pada pilihan Universitas Negeri ataupun swasta. Sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Teknik Elektro dan bukanlah merupakan jurusan baru.

Sampai saat ini, Jurusan Teknik Elektro masih menjadi pilihan favorit masyarakat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah permintaan setiap tahun.

Daftar Universitas Top di Indonesia S1 Teknik Elektro

Apabila kamu tertarik menjalani perkuliahan dengan mengambil program jurusan S1 Teknik Elektro bisa menggunakan rekomendasi berikut terkait di mana tempat kuliah terbaik pada program studi tersebut:

1. Institut Teknologi Bandung

Perguruan tinggi negeri ini sudah menyediakan jurusan Teknik Elektro sejak tahun 1942. Pada jurusan tersebut, kamu bisa belajar tentang pengetahuan teknis, keahlian dalam penelitian di laboratorium, kemampuan berkomunikasi, dan juga persiapan profesi.

2. Universitas Gadjah Mada

UGM adalah salah satu Universitas terkemuka yang menyediakan tempat kuliah Teknik Elektro terbaik di Indonesia. Untuk mengambil perkuliahan pada jurusan tersebut, kamu harus masuk dalam Departemen Teknik Elektro dan teknologi informasi. Keunggulan dari Universitas Gadjah Mada pada jurusan ini adalah mempunyai akreditasi dari lembaga internasional.

3. Institut Teknologi Sepuluh November

ITS adalah salah satu kampus terkemuka yang berada di Surabaya. Universitas tersebut menyediakan Departemen Teknik Elektro sebagai salah satu departemen terbesar di kampus.

Setiap tahunnya terdapat hingga 5000 pendaftar memilih jurusan Teknik Elektro. Dari total tersebut, jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Sepuluh November hanya ada sebanyak 150 mahasiswa.

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan pilihan selanjutnya bagi para mahasiswa yang ingin menjadi mahasiswa aktif pada jurusan Teknik Elektro. Kamu bisa mendaftar pada Departemen Teknik Elektro yang berada di bawah Fakultas Teknik yang sudah ada sejak tahun 1964.

Terdapat 5 permintaan pada jurusan tersebut yaitu teknik elektronika, teknik kontrol, teknik listrik, teknik telekomunikasi, dan teknik komputer.

5. Universitas Diponegoro

Undip juga merupakan salah satu Universitas terkemuka yang menyediakan jurusan Teknik Elektro terbaik di Indonesia Hal ini karena Jurusan tersebut telah terakreditasi A dari BAN-PT dan telah memperoleh sertifikasi langsung dari TUV Rheinland.

6. Universitas Hasanuddin

UNHAS adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka yang menyediakan perkuliahan Teknik Elektro terbaik di Indonesia berikutnya. Program perkuliahan ini sudah ada sejak tahun 1995 dengan 3 konsentrasi yang ditawarkan yaitu teknik telekomunikasi teknik komputer, teknik energi listrik, dan elektronika.

7. Universitas Brawijaya

UB menyediakan jurusan teknik yang sudah ada sejak tahun 1978. Departemen ini mempunyai visi agar dapat menghasilkan para lulusan Teknik Elektro terbaik di Asia. Motto yang mereka miliki dalam bahasa Inggris jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah melakukan yang terbaik dengan semangat dan integritas.

8. Universitas Andalas

Program jurusan teknik yang dapat kamu temukan di Universitas Andalas adalah program studi yang sudah terakreditasi level internasional. Akreditasi tersebut diberikan oleh Indonesian Accreditation Board For Engineering Education atau disingkat dengan IABEE. Universitas Andalas telah menyediakan jurusan Teknik Elektro sejak tahun 1991.

9. Universitas Sumatera Utara

Pilihan program studi Teknik Elektro berikutnya di Universitas Sumatera Utara sudah ada sejak tahun 1965. Program jurusan tersebut juga telah berhasil memperoleh akreditasi A. Kamu bisa mendaftar program studi tersebut dengan menjadi mahasiswa aktif pada Fakultas Teknik.

10. Universitas Telkom

Universitas Telkom telah menyediakan Fakultas Teknik Elektro sejak tahun 1990. Fakultas tersebut menyediakan hingga 5 program studi, 6 kelompok keahlian, dan dengan fasilitas lengkap yaitu 17 laboratorium maupun riset Group.

Baca Juga: Daftar Lengkap Universitas Negeri di Jakarta

Penutup

Itulah informasi lengkap tentang apa saja tempat kuliah Teknik Elektro terbaik di Indonesia. Kamu bisa mempertimbangkan mana universitas yang akan kamu pilih supaya mengambil program jurusan Teknik Elektro membawa keuntungan tersendiri karena jaringan dan reputasi masing-masing Universitas.

Inilah 10 Universitas Negeri Terbaik di Bali

Berkuliah di Bali sepertinya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Selain karena sistem pembelajarannya yang sudah standar nasional, juga ada banyak fenomena dan peristiwa menarik di Bali. Jadi berkuliah di Bali akan memberikan kesan mendalam.

Apalagi ada banyak kampus negeri di Denpasar. Pasti kamu akan betah kuliah di Bali. Didukung dengan warga Bali yang ramah dan penuh toleransi. Terdapat 101 perguruan tinggi di Bali yang telah tercatat di data forlap pangkalan data Kemenristekdikti. Namun, hanya ada 10 perguruan tinggi yang statusnya negeri.

Daftar Universitas Negeri di Bali Beserta Jurusannya

Demi kemudahanmu mencari PTN, maka berikut ini telah dirangkum 10 universitas negeri di Bali beserta jurusannya. Simak baik-baik ya!

1. Universitas Udayana (UNUD)

Ini adalah perguruan tinggi negeri terbesar, tertua, dan terbaik di Bali. Berdiri sejak tahun 1962, menjadikannya banyak pengalaman hingga menjadi sebesar dan seunggul sekarang.

Terdapat 13 fakultas dan 113 jurusan dari berbagai jenjang. Banyaknya jurusan memberikanmu lebih banyak pilihan untuk menempuh studi jenjang sarjana maupun diploma.

2. Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

UNDIKSHA adalah salah satu universitas negeri terbaik di Bali. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang di Bali.

Tidak hanya di UNUD, di UNDIKSHA juga ada universitas kedokteran. Ada 8 fakultas di sini. Cocok untuk kamu yang ingin menjadi tenaga pengajar profesional, akuntan, scientistweb developer, dan lainnya.

Baca Juga: Top 40 Universitas Negeri di Jawa Barat

3. Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar)

Pemuda-pemudi Bali terkenal akan kelihaiannya dalam menari, melukis, menggambar, dan lainnya dalam hal seni. Mengerti akan peluang ini, maka di Bali dibangunlah ISI Denpasar.

Ada 2 fakultas di sini, yaitu Fakultas Seni Rupa dan Desain serta Fakultas Seni Pertunjukan. Beberapa prodi di antaranya Tari, Seni Murni, Kriya, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Pendidikan Sendratasik, Desain Komunikasi Visual, Musik, Fotografi, Desain Mode, Film dan Televisi, dan Desain Interior.

4. Politeknik Negeri Bali (Poltek Bali)

Bila kamu ingin lebih menguasai praktik daripada teori dan ingin langsung siap menghadapi dunia kerja, maka alangkah lebih baik bila kamu berkuliah di Poltek Bali. Ada 6 jurusan di Poltek Bali, antara lain Pariwisata, Administrasi Niaga, Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin. Kamu bisa mengasah kemampuanmu di sini.

5. Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar (UHN Sugriwa)

Apabila kamu ingin memperdalam agama Hindu, maka sebaiknya kamu berkuliah di UHN Sugriwa. Universitas ini didirikan sejak tahun 2004 sebagai institut, lalu pada tahun 2020 beralih menjadi universitas negeri.

Ada 3 falkutas di UHN Sugriwa, yaitu Fakultas Dharma Acarya, Fakutlas Dharma Duta, dan Fakultas Brahma Widya. Ada 12 jurusan di sini. Bila ingin tahu lebih lengkap, sebaiknya akses saja website resmi UHN Sugriwa.

6. STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Bali

STAHN Mpu Kuturan ini juga tak kalah keren dari UHN Sugriwa. Ada beragam jurusan di sini yang masing-masing pembelajarannya dilandaskan ajaran agama Hindu.

Hingga saat ini terdapat 10 program studi di sini, antara lain Pendidikan Agama Hindu, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Guru PAUD, Sastra Agama dan Pend. Bahasa Bali, Pariwisata Budaya Hindu, Ilmu Komunikasi, Penerangan Agama Hindu, Hukum Hindu, Filsafat Hindu, dan Teologi Hindu.

7. Politeknik Pariwisata Bali (POLTEKPAR Bali)

Bali terkenal akan pengelolaan pariwisatanya yang baik. Untuk itu, berkarir di bidang pariwisata sepertinya adalah karir yang menjanjikan. Maka dari itu cari tahu ilmunya dulu di Poltekpar Bali.

Ada 11 program studi yang semuanya sangat menarik, antara lain Bisnis Hospitaliti, Destinasi Pariwisata, Administrasi Perhotelan, Manajemen Kepariwisataan, Manajemen Akuntansi Hospitaliti, Manajemen Bisnis Perjalanan, Manajemen Konvensi dan Perhelatan, Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Tata Boga, Manajemen Tata Hidangan, dan Magister Terapan Pariwisata.

8. Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Jembrana

Berkarir di laut adalah salah satu peluang yang besar di Pulau Bali. Bila kamu tertarik dan siap untuk menjadi seorang pelaut atau pelayar, maka alangkah lebih baik bila kamu berkuliah di Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana.

Ada 3 program studi yang bisa kamu pilih di sini. Antara lain program studi Perikanan Tangkap, Budidaya Ikan, dan Pengolahan Hasil Laut.

9. Poltekkes Kemenkes Denpasar

Apabila kamu ingin menjadi seorang yang expert di bidang kesehatan, maka tidak perlu jauh-jauh ke luar Pulau Bali. Di Bali ada Poltekkes Kemenkes Denpasar. Sebuah Politeknik Kesehatan yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan.

Di sini terdapat 6 jurusan yang mungkin menarik minatmu. Antara lain jurusan Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Gigi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan Teknologi Laboratorium Medis.

10. Politeknik Transportasi Darat Bali (POLTRADA Bali)

Ini nih salah satu universitas negeri paling menarik di Bali, yaitu Politeknik Transportasi Darat. Poltrada Bali siap membimbing kamu untuk menjadi tenaga yang profesional di bidang transportasi darat dan logistik.

Ini adalah politeknik yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan loh! Ada 3 program studi yang bisa kamu ikuti di sini, antara lain Manajemen Transportasi Jalan, Teknologi Mekanika Otomotif, dan Manajemen Logistik.

Penutup

Itulah daftar universitas negeri di Bali beserta jurusannya yang khas dengan kebutuhan dan kearifan lokal Bali. Bagaimana? Menarik, bukan? Apabila berkuliah di Bali adalah pilihan yang baik karena jurusanmu tersedia di sana, maka cobalah berkuliah di sana.

5 Universitas Terbaik di Kabupaten Ciamis

Universitas Terbaik di Ciamis – Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai daftar Perguruan Tinggi terbaik di Kabupaten Ciamis. Informasi yang akan kami bagikan ini akan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang perguruan tinggi atau universitas yang ada di Kabupaten Ciamis.

Universitas Galuh (UNIGAL) Ciamis

Kampus pertama di Ciamis adalah Universitas Galuh yang telah mengadakan kegiatan pendidikan tinggi sejak tahun 1995. Ruang kuliah terletak di Jalan R.E. Martadinata No.150, Ciamis. Ada pilihan jenjang pendidikan S-1 dan S-2. Detail program studi ada di sini:

  • [Teknik : S-1 Teknik Sipil.
  • [Manajemen Bisnis: S-1 Ilmu Manajemen dan S-2 Ilmu Manajemen.
  • [Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP): S-1 Pendidikan Matematika.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Ciamis

Berlokasi di Jalan K. H. Ahmad Dahlan No. 20, SMA kesehatan yang masuk dalam daftar nama kampus di Kabupaten Ciamis adalah STIKES Muhammadiyah Ciamis. Beroperasi sejak tahun 2006, ada beberapa program studi yang dapat dipilih oleh calon akademik:

  • D-3 Analis Kesehatan.
  • S-1 Keperawatan.
  • D-3 Farmasi.

Ketiga prodi di atas memiliki status akreditasi C. Namun, tidak perlu khawatir dengan tanggal karir karena rata-rata alumni secara otomatis akan ditarik untuk bekerja di institusi kesehatan milik Muhammadiyah yang tersebar di tanah air.

Institut Agama Islam Darussalam Ciamis

Sebenarnya perguruan tinggi ini sudah berdiri sejak tahun 1972, namun sempat terhenti cukup lama sebelum dilanjutkan kembali. Kampus yang terletak di K.H. Fadhil I Darussalam menyelenggarakan beberapa program studi unggulan;

  • Pendidikan Agama Islam pada jenjang S-1 & S-2.
  • Pendidikan Guru Raudhatul Athfal jenjang S-1.
  • Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah jenjang S-1.
  • Tingkat S-1 Ekonomi Islam.
  • Ahwal Al-Shakhshiyah tingkat S-1.

NU Al Farabi. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)

Lokasi kampus ini berada di kawasan pantai, tepatnya di Jalan Cigugur KM. 03, Pasirkiara, Karangbenda, Parigi, Pangandaran. Di bawah naungan NU, ada dua program studi yang tersedia di kampus swasta ini: S-1 Manajemen Pendidikan Islam dan S-1 PAUD Pendidikan Islam.

Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Ciamis

Perguruan tinggi berikutnya dalam daftar nama kampus di Kabupaten Ciamis adalah STAI Al-Ma’arif Ciamis. Gedung ini terletak di Jalan Umar Soleh, Imbanagara Raya. Kampus ini telah aktif dalam kegiatan pendidikan sejak tahun 2008. Hingga saat ini, terdapat banyak pilihan untuk program studi sarjana:

  • Pendidikan Agama Islam.
  • Muamalah (Ilmu perilaku sosial dari sudut pandang Islam)
  • Ekonomi Syariah
  • Jinayah dan Siyasah (Ilmu politik luar negeri berdasarkan pandangan Islam).

Akreditasi yang diperoleh untuk kegiatan perkuliahan B. Akreditasi yang diperoleh dari kampus untuk terus meningkatkan berbagai kualitas kegiatan pendidikan.

Pendidikan Profesi Guru UNY Raih Akreditasi A dari BAN-PT

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Program Profesi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima sertifikat akreditasi dengan nilai perolehan A. Sekretaris Program Studi PPG UNY, Sukarno mengatakan bahwa perjuangan pendidikan profesi guru di UNY untuk mendapatkan akreditasi A sudah dilakukan sejak tahun 2008. “Lika liku pendidikan profesi guru di UNY tidak semerta-merta melejit tanpa adanya suatu perjuangan, namun sudah sejak tahun 2008 hal tersebut bermula” ungkap Soekarno dalam keterangan tertulis UNY.

Ia mengatakan, mulai tahun 2017, Prodi PPG UNY menyelenggarakan 20 bidang studi PPG-SM3T, 2 bidang studi PPG Dalam Jabatan Bersubsidi, dan 4 bidang studi PPG Prajabatan Bersubsidi Kelompok I, yang merupakan penugasan dari Belmawa. Dalam hal akademik, lanjut dia, Prodi PPG terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dosen pengampu dan guru pamong serta tenaga kependidikan. Kegiatan tersebut berupa pelatihan, penyegaran, dan pendalaman materi dan learning management system (LMS) terkait dengan pelaksanaan PPG. Pelatihan juga melibatkan dosen-dosen pada bidang studi yang potensial diselenggarakan sehingga ketika bidang studi tersebut diselenggarakan, segenap SDM pendukungnya siap menyelenggarakan PPG.

Selain penyelenggaraan PPG secara akademik, pada tahun 2020 Prodi PPG UNY dipercaya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk mengelola pelaksanaan Uji Pengentahuan – Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UKMPPG) secara nasional. Tahun 2021, UNY kembali dipercaya untuk mengelola pelaksanaan UP-UKMPPG secara nasional dengan sekala yang lebih besar. Universitas Negeri Yogyakarta ditetapkan sebagai Koordinator Pengelola Pelaksanaan UP-PPG Tahun 2021. Selain itu, Universitas Negeri Yogyakarta ditetapkan sebagai Koordinator Pengelola Pelaksanaan Seleksi Akademik dan UP-UKMPPG Tahun 2022.

Ketua Program PPG UNY, Suyud dalam kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan Kategori II tahun 2022 mengucapkan raihan ini menjadi salah satu bukti bahwa penyelenggaraan PPG di UNY berkualitas, pemerintah menobatkan UNY sebagai LPTK penyelenggara PPG terbaik di Indonesia. Baca juga: Perbedaan Aturan SNMPTN 2022 dan SNMPTN 2023, Siswa Harus Tahu “Ada sebuah catatan ketika asesmen lapangan, banyak saran terkait harus mengawal penjaminan mutu, maka dari sekarang kami sudah meletakkan dasar-dasar penjaminan mutu untuk 36 bidang studi, dengan akan membentuk unit penjaminan mutu di bawah prodi PPG untuk lebih memperkuat proses dan produk PPG agar pangkalan data lebih lengkap,” imbuhnya.

Dalam kesempatan berbeda, Wakil Rektor bidang Akademik UNY Prof. Margana mengapresiasi apa yang telah dicapai oleh Program PPG UNY. “Terima kasih atas kerja keras Ketua Program PPG, sekretaris, semua tim, dosen pengampu, dan tak lupa guru pamong, sehingga Program PPG UNY mendapatkan Akreditasi A,” ucapnya.

6 Manfaat Anak Masuk PAUD

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh anak saat masuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau preschool. PAUD merupakan pendidikan anak sebelum memulai sekolah formal di jenjang TK maupun SD. Pendidikan sebelum TK dan SD ini mampu mengembangkan otak anak. Biasanya sekolah jenjang PAUD mulai menerima anak dengan usia 2,5 tahun.

Saat orangtua berencana memasukkan anaknya ke PAUD juga wajib mempertimbangkan kemampuan, kebutuhan, dan minat dari si kecil. Terutama kesiapan anak dalam menerima pelajaran di sekolah, karena akan berpengaruh pada seluruh kegiatannya. Melansir dari laman Global Prestasi School (GPS), berikut 6 manfaat anak masuk PAUD yang perlu diketahui orangtua. Yuk, simak ulasannya.

Manfaat anak masuk PAUD

1. Kenalkan anak pada aktivitas fisik Manfaat anak ikut PAUD yang pertama adalah kegiatan yang dilakukan saat PAUD biasanya melibatkan banyak aktivitas fisik. Seperti permainan yang interaktif. Mempelajari banyak hal sangat baik untuk tumbuh kembang anak dan mengeksplorasi gerak di masa balita. Selama anak berada di sekolah, anak bisa melakukan banyak aktivitas menyenangkan baik bersama teman sebaya dan guru. Aktivitas fisik ini juga terbukti dapat membantu anak menjadi lebih aktif dan memiliki tulang dan otot lebih padat dan kuat. Dengan banyak bergerak selama berada di sekolah PAUD juga bisa mencegah anak dari obesitas atau berat badan berlebih. Semua hal ini baik juga untuk kesehatan anak.

2. Meningkatkan kecerdasan motorik Manfaat masuk PAUD bagi anak yang kedua adalah bisa mengasah kecerdasan motorik. Mengasah motorik kasar dan halus ini penting dilakukan agar anak lebih siap saat masuk ke jenjang pendidikan formal.

Kecerdasan motorik adalah kecerdasan yang berhubungan pada setiap gerakan di tubuh saat menggunakan otot-otot, ini juga berkaitan dengan kemampuan anak dalam melakukan sesuatu. Untuk meningkatkan kecerdasan motorik anak, aktivitas fisik tidak cukup. Namun perlu kolaborasi antara sistem saraf dengan otak. Contohnya, anak bisa bermain menyusun balok atau melipat kertas. Baca juga: 37 Contoh Kata Antonim dalam Bahasa Inggris yang Perlu Diketahui Siswa

3. Anak menjadi lebih senang Manfaat anak masuk PAUD yang ketiga adalah, dengan banyak beraktivitas selama di PAUD, mereka akan memiliki suasana hati lebih bahagia dan ceria. Hal ini disebabkan tubuh banyak bergerak dalam melakukan hal yang disukai. Tubuh juga akan memproduksi endorfin sebagai penghasil mood yang baik.

4. Melatih kepekaan Saat menjadi siswa PAUD, anak akan berinteraksi dengan anak seusianya dan guru. Selama berinteraksi, anak juga akan belajar mengenal berbagai perasaan. Seperti rasa peduli, kompetitif, saling menghargai, saling mendukung, bekerja sama, sopan santun, bertegur sapa dan banyak hal lainnya.

5. Tingkatkan kemampuan mendengar anak Saat berinteraksi dengan guru, anak harus mendengar dan melakukan tugas sesuai instruksi yang diberikan. Aktivitas ini bisa meningkatkan kemampuan dalam hal mendengar, menganalisis dan mencerna maksud serta tujuan. Selain itu juga bisa mengimplementasikan sesuatu sesuai dengan arahan.

6. Meningkatkan rasa percaya diri Kegiatan yang ada di PAUD mendorong anak lebih percaya diri. Selain itu, anak akan lebih bersyukur, saling menghargai, dan berpacu untuk terus memiliki prestasi hingga dewasa.

5 Sekolah Penerbangan Non Kedinasan di Indonesia, Segini Biayanya

Salah satu cara mewujudkan cita-cita sebagai seorang pilot adalah masuk sekolah penerbangan. Di Indonesia sendiri, ada sejumlah sekolah penerbangan non kedinasan yang biayanya mulai dari Rp 290 juta.
Sekolah penerbangan umumnya terdiri dari sekolah kedinasan dan non kedinasan. Perbedaan keduanya terletak pada lembaga yang menaungi, penyaluran lulusan, dan biaya yang dikeluarkan. Sekolah kedinasan berada di bawah naungan instansi pemerintahan, sedangkan non kedinasan dikelola oleh swasta yang bermitra dengan pihak maskapai.

Sementara itu, untuk biaya pendidikan, sekolah non kedinasan terbilang lebih mahal. Untuk yang ingin menjadi pilot, biasanya harus merogoh kocek hingga ratusan juta.

Berikut lima sekolah penerbangan non kedinasan di Indonesia dan biaya sekolahnya, seperti dilansir dari masing-masing situs resminya, Selasa (20/9/2022).

Biaya Sekolah Penerbangan Non Kedinasan di Indonesia
1. Bali International Flight Academy
Bali International Flight Academy (BIFA) adalah sekolah penerbangan yang terletak di Bali. Sekolah ini juga populer bagi calon siswa yang ingin menjadi pilot profesional.

BIFA telah meluluskan lebih dari 650 siswanya yang saat ini bekerja di sejumlah maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, mulai dari Garuda Indonesia hingga Lion Group.

Untuk mendaftar ke BIFA, siswa minimal harus berusia 18-35 tahun dengan tinggi minimal 165 cm dan dalam kondisi sehat. Lulusan SMA/SMK bisa mendaftar.

Biaya pendidikan secara keseluruhan di BIFA sebesar Rp 985 juta yang dibayarkan selama 5 kali. Biaya tersebut belum termasuk asuransi kecelakaan dari siswa sebesar Rp 12,5 juta dan deposit siswa Rp 25 juta.

2. Bandung Pilot Academy
Sesuai dengan namanya, Bandung Pilot Academy (BPA) adalah sekolah penerbangan khusus pilot yang terletak di Bandung. Sekolah ini didirikan sejak tahun 2008. Para siswa akan belajar mengoperasikan berbagai macam pesawat berteknologi baru.

Siswa yang ingin menjadi pilot harus menempuh training 4 program selama 12 bulan. Training tersebut terdiri dari Instrument Rating, Multi-Engine Rating, Commercial Pilot License, dan Private Pilot License.

Biaya pendidikan di BPA ini dibayarkan dalam 12 periode, sedangkan untuk biaya ujian dibayarkan sebelum ujian berlangsung.

BPA bekerjasama dengan salah satu mitra yaitu PT. Anadana Global Multifinance yang dapat memfasilitasi pinjaman biaya pendidikan dan dapat dicicil sampai dengan 10 tahun.

BPA tidak mencantumkan besaran biaya pendidikan pada situs resminya. Namun, menurut perkiraan dari Sekolah Pilot, salah satu konsultan sekolah pilot swasta, biayanya kurang lebih Rp 850 juta.

3. Nusa Flying International
Nusa Flying International merupakan sekolah penerbangan yang terletak di Jakarta. Sekolah ini juga bermitra dengan Lion Air. Selama menempuh pendidikan, latihan pilot dilakukan di Bandara Raden Inten II Bandar Lampung serta Bandara Ahmad Yani Semarang.

Pada penerimaan siswa periode Agustus 2018 silam, sekolah penerbangan ini menawarkan biaya pendidikan spesial sebesar Rp 660 juta untuk paket Commercial Pilot License Instrument Rating (CPR IR).

4. Aero Flyer Institute
Sekolah penerbangan untuk pilot, Aero Flyer Institute, terletak di Serdang Wetan, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Banten. Sekolah ini menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan dan departemen penerbangan korporat terkemuka di Indonesia.

Aero Flyer Institute menawarkan pelatihan dengan peralatan modern dan teknologi pelatihan terbaru melalui berbagai program.

Beberapa di antaranya Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rated (IR), Multi Engine (ME), kursus instruktur penerbangan dan sertifikasinya, hingga Military Pilot License Conversion.

Biaya pendidikan khusus siswa Indonesia sebesar Rp 290 juta untuk PPL, Rp 548 juta untuk CPL + IR, Rp 752 juta untuk PPL+CPL+IR, Rp 882 juta untuk PPL+CPL+ME+IR. Pembayaran bisa dicicil selama 8 bulan. Adapun, untuk biaya registrasi sebesar Rp 12,5 juta (tidak dapat dikembalikan).

5. Eagle Air Academy
Eagle Air Academy adalah sekolah penerbangan yang berlokasi di Filipina dan banyak siswanya berasal dari Indonesia. Untuk gerbang universitas di Indonesia terletak di Jalan Pluit Raya No. 132 X-Y, Jakarta Utara.

Program yang ditawarkan seperti halnya sekolah penerbangan lain, yakni PPL, CPL, IR (single and multi engine) dengan durasi pelatihan selama 10-12 bulan. Besaran biaya pendidikan USD 40.000 atau sekitar Rp 598 juta.

Biaya Kuliah Jalur Mandiri di 5 PTN: UGM, ITB, Unpad, Undip, UNS

Ada banyak seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bisa diikuti calon mahasiswa, salah satunya jalur mandiri. Setiap PTN memiliki kebijakan masing-masing terkait besaran biaya kuliah untuk jalur mandiri.
Untuk mahasiswa yang lolos melalui jalur mandiri biasanya memiliki besaran biaya kuliah berbeda dengan program reguler. Angkanya pun bervariasi, ada juga yang menerapkan biaya berbeda pada setiap fakultas dan jurusan.

detikEdu merangkum biaya kuliah bagi mahasiswa yang lolos jalur mandiri di 5 PTN ternama seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), ITB (Institut Teknologi Bandung), Unpad (Universitas Padjadjaran), Undip (Universitas Diponegoro), dan UNS (Universitas Sebelas Maret). Biayanya sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah hingga ratusan juta. Biaya ini dibebankan bagi mahasiswa baru yang lolos seleksi jalur mandiri.

Biaya kuliah jalur mandiri di PTN
1. UGM
UGM menerapkan biaya kuliah yang sama untuk setiap program seleksi masuk, termasuk jalur mandiri. Biaya kuliah di UGM ditentukan dalam Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor 429/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Uang Kuliah Tunggal dan Biaya Pendidikan Universitas Gadjah Mada Tahun Akademik 2022/2023.

UKT 0: peserta Bidikmisi (KIP Kuliah)
UKT 1: penghasilan ≤ Rp 500 ribu
UKT 2: Rp 500 ribu < penghasilan ≤ Rp 2 juta
UKT 3: Rp 2 juta < penghasilan ≤ Rp 3,5 juta
UKT 4: Rp 3,5 juta < penghasilan ≤ Rp 5 juta
UKT 5: Rp 5 juta < penghasilan ≤ Rp 10 juta
UKT 6: Rp 10 juta < penghasilan ≤ Rp 20 juta
UKT 7: Rp 20 juta < penghasilan ≤ Rp 30 juta
UKT 8: penghasilan > Rp 30 juta

2. ITB
Biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui SM-ITB adalah UKT dan Iuran Pengembangan Institusi. Dilansir dari laman resmi ITB, berikut besaran biaya kuliah di ITB jika mendaftar lewat jalur mandiri.

A. UKT 5

1. UKT 5 selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Per semester: Rp 25 juta
Iuran pembangunan institusi: minimal Rp 25 juta.

2. UKT 5 untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Per semester: Rp 25 juta
Iuran pembangunan institusi: minimal Rp 40 juta.

B. UKT 4: Rp 20 juta/semester.

C. UKT 3: Rp 12, 5 juta/semester.

D. UKT 2: Rp 1 juta/semester.

E. UKT 1: Rp 0.

Bagi peserta pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) maka akan dibebaskan dari biaya kuliah atau menerima UKT1 (Rp0,-) serta tidak dibebani iuran pengembangan institusi.

3. Unpad
Unpad menerapkan biaya kuliah yang dibagi menjadi dua yakni skema nilai UTBK dan nilai SMUP. Biaya kuliah pada setiap fakultas di Unpad juga bervariasi.

Berikut daftar biaya kuliah jalur mandiri dengan skema SMUP Unpad:

1. Fakultas Hukum
UKT per semester: Rp 6 juta

Dana Pengembangan: Rp 55 juta

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
UKT per semester: Rp 7-7,5 juta

UKT International Undergraduate Program per semester: Rp 13-26,5 juta

Dana Pengembangan: Rp 50-67,5 juta

3. Fakultas Kedokteran
UKT per semester: Rp 10-15 juta

Dana Pengembangan: Rp 75-250 juta

4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
UKT per semester: Rp 6,5-10 juta

Dana Pengembangan: Rp 30-60 juta

5. Fakultas Pertanian
UKT per semester: Rp 6,5 juta

Dana Pengembangan: Rp 25-30 juta

6. Fakultas Kedokteran Gigi
UKT per semester: Rp 13 juta

UKT International Undergraduate Program per semester: 41-50 juta

Dana Pengembangan: Rp 225-300 juta

7. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
UKT per semester: Rp 6-7 juta

Dana Pengembangan: Rp 15-70 juta

8. Fakultas Ilmu Budaya
UKT per semester: Rp 5 juta

Dana Pengembangan: Rp 15-30 juta

9. Fakultas Psikologi
UKT per semester: Rp 10 juta

Dana Pengembangan: Rp 85 juta

10. Fakultas Peternakan
UKT per semester: Rp 6,5 juta

Dana Pengembangan: Rp 20-35 juta

11. Fakultas Ilmu Komunikasi
UKT per semester: Rp 7-8 juta

Dana Pengembangan: Rp 20-55 juta

12. Fakultas Keperawatan
UKT per semester: Rp 9 juta

Dana Pengembangan: Rp 20-40 juta

13. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
UKT per semester: Rp 7-8 juta

UKT International Undergraduate Program per semester: 16 juta

Dana Pengembangan: Rp 20-35 juta

14. Fakultas Teknologi Industri Pertanian
UKT per semester: Rp 7,5 juta

Dana Pengembangan: Rp 35 juta

15. Fakultas Farmasi
UKT per semester: Rp 12 juta

UKT International Undergraduate Program per semester: 20-30 juta

Dana Pengembangan: Rp 75-100 juta

16. Fakultas Teknik Geologi
UKT per semester: Rp 10 juta

Dana Pengembangan: Rp 65 juta

4. Undip
Beberapa PTN, termasuk Undip membebankan dua biaya untuk mahasiswa baru yang lolos pada jalur mandiri. Menurut Keputusan Rektor Undip 2022, mahasiswa baru jalur mandiri 2022 akan dibebankan biaya uang kuliah tunggal (UKT) serta sumbangan pengembangan institusi (SPI).

Biaya kuliah jalur mandiri di Undip dibedakan menjadi delapan golongan sesuai kemampuan ekonomi mahasiswa. Mahasiswa dengan latar belakang ekonomi tidak mampu yang memiliki KIP Kuliah akan mendapat UKT golongan 1-3 tanpa SPI.

SPI golongan 1: Rp 7,5 juta – Rp 200 juta

SPI golongan 2: Rp 15 juta – Rp 250 juta

UKT golongan 1: Rp 500 ribu

UKT golongan 2: Rp 1 juta

UKT golongan 3: Rp 2,5 juta – Rp 5 juta

UKT golongan 4: Rp 3,5 juta – Rp 10 juta

UKT golongan 5: Rp 4,5 juta – Rp 14 juta

UKT golongan 6: Rp 5,5 juta – Rp 18 juta

UKT golongan 7: Rp 6 juta – Rp 20 juta

UKT golongan 8: Rp 6,5 juta Rp 22 juta

5. UNS
Maba UNS yang diterima melalui jalur mandiri 2022 akan dikenakan biaya kuliah yang terdiri dari UKT dan SPI. Penetapan biaya kuliah jalur mandiri ini disebutkan dalam Keputusan Rektor UNS Nomor 651/UN27/HK/2022.

Besaran biaya UKT dan SPI ini juga dibedakan sesuai fakultas pilihan. Kisaran biayanya mulai ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

1. UKT

Fakultas Kedokteran: Rp 475,5 ribu sampai Rp 21,8 juta
Fakultas Teknik: Rp 475,5 ribu sampai Rp 12,1 juta
Fakultas MIPA: Rp 475,5 ribu sampai Rp 12,6 juta
Fakultas Pertanian: Rp 475,5 ribu sampai Rp 10,1 juta
Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Rp 475,5 ribu sampai Rp 7,5 juta
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS: Rp 475,5 ribu sampai Rp 7 juta
Fakultas Hukum: Rp 475,5 ribu sampai Rp 7 juta
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Rp 475,5 ribu sampai Rp 10,5 juta
Fakultas Ilmu Budaya: Rp 475,5 ribu sampai Rp 7,7 juta
Fakultas Seni Rupa dan Desain: Rp 475,5 ribu sampai Rp 9 juta
Fakultas Keolahragaan: Rp 475,5 ribu sampai Rp 7 juta
Fakultas Psikologi: Rp 475,5 ribu sampai Rp 10,7 juta
Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data: Rp 475,5 ribu sampai Rp 10,1 juta

2. SPI

Fakultas Kedokteran: Rp 25 juta sampai di atas Rp 100 juta
Fakultas Teknik: Rp 5 juta sampai di atas Rp 30 juta
Fakultas MIPA: Rp 10 juta sampai di atas Rp 30 juta
Fakultas Pertanian: Rp 15 juta sampai di atas Rp 20 juta
Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Rp 10 juta sampai di atas Rp 40 juta
Fakultas Hukum: Rp 10 juta sampai di atas Rp 40 juta
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS: Rp 8 juta sampai di atas Rp 25 juta
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Rp 8 juta sampai di atas Rp 18 juta
Fakultas Ilmu Budaya: Rp 5 juta sampai di atas Rp 15 juta
Fakultas Seni Rupa dan Desain: Rp 5 juta sampai di atas Rp 25 juta
Fakultas Keolahragaan: Rp 10 juta sampai di atas Rp 20 juta
Fakultas Psikologi: Rp 10 juta sampai di atas Rp 30 juta
Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data: Rp 15 juta sampai di atas Rp 25 juta

Demikian rincian biaya kuliah jalur mandiri di 5 PTN di Indonesia.

Daftar Lengkap Universitas Negeri di Jakarta

Berkuliah di Jakarta adalah mimpi sebagian besar calon mahasiswa di Indonesia. Sebab ada banyak pilihan jurusan dan universitas yang bisa dipilih di Jakarta.

Selain itu, orang-orang meyakini bahwa jenjang karir akan lebih tinggi bila berkuliah di universitas negeri di Jakarta. Maka tak mengherankan bila banyak orang menghendaki kuliah di ibukota.

Memang ada banyak universitas negeri di Indonesia. Untuk di Provinsi DKI Jakarta, terdapat 528 universitas yang bisa kamu pilih. Termasuk di dalamnya universitas negeri, universitas swasta, politeknik, sekolah tinggi, dan lainnya.

Namun hanya ada 18 universitas di Jakarta yang berstatus negeri, sedangkan lainnya berstatus swasta dan beberapa lainnya adalah swasta internasional.

18 Universitas Negeri di Jakarta

Untuk kamu yang hendak mencari informasi tentang universitas negeri di Jakarta, berikut ini adalah daftar lengkapnya. Informasi ini dihimpun dari portal resmi Kemenristekdikti. Informasi ini juga cocok untuk kamu yang mencari universitas negeri di Jabodetabek. Simak baik-baik ya.

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  3. UPN (Universitas Pembangunan Negeri) Veteran Jakarta
  4. Politeknik Negeri Media Kreatif (PNMK)
  5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN SAHID)
  6. Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta (STAHDNJ)
  7. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
  8. STIKes Jayakarta
  9. Sekolah Tinggi Perikanan (STP)
  10. Politeknik Ahli Usaha Perikanan (PAUP)
  11. Poltekkes Kemenkes Jakarta I
  12. Poltekkes Kemenkes Jakarta II
  13. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta (STIP)
  14. Politeknik STMI Jakarta
  15. Politeknik APP Jakarta
  16. Sekolah Tinggi Hukum Militer AHM PTHM (STHM)
  17. Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIP)
  18. Politeknik STIA LAN Jakarta

Itulah 18 universitas negeri di Jakarta yang bisa kamu pilih. Ada beragam pilihan yang tersedia. Mulai dari program sarjana, program pascasarjana, pendidikan vokasi seperti Diploma III dan Diploma IV, dan lainnya.

Sebelum memilih universitas, disarankan untuk mengenali minat, bakat, potensi, dan impianmu. Barulah kamu memilih universitas yang sesuai dengan potensimu.

Sebab, berkuliah di tempat yang tepat adalah cara terbaik untuk memupuk keyakinan diri serta mengembangkan kemampuan tanpa adanya beban.

Baca Juga: Daftar Universitas Negeri di Indonesia Beserta Alamatnya

Contohnya, apabila kamu ingin menjadi perawat, maka fokus saja untuk memilih STIKes Jayakarta. Sementara apabila kamu ingin menjadi pimpinan perusahaan seperti CEO ataupun founder, maka fokus saja untuk sekolah di Politeknik APP Jakarta sambil belajar membangun bisnismu.

Jadi pastikan kamu memilih universitas yang tepat untuk masa depanmu. Jangan sampai kamu salah jurusan hanya karena galau memilih hingga asal pilih.

Kabar baiknya, kalau kamu jeli, maka kamu bisa saja mendapatkan beasiswa kuliah loh! Beasiswa ini bisa kamu dapatkan di universitas manapun, termasuk di Jakarta, asalkan kamu tahu caranya dan paham bagaimana cara mendapatkannya.

Top 40 Universitas Negeri di Jawa Barat

Untuk kamu yang tinggal di Bandung, Bogor, Karawang, Cimahi, dan lainnya yang secara administratif berada di Jawa Barat, tak perlulah jauh-jauh cari tempat kuliah. Sebab ada banyak banget loh universitas negeri di Jawa Barat.

Dihimpun dari pangkalan data pendidikan tinggi Kemenristekdikti, terdapat 727 perguruan tinggi di Provinsi Jawa Barat, dengan 40 di antaranya adalah universitas negeri.

Jadi, kamu tentu bisa berkuliah di universitas negeri karena ada banyak pilihan universitas dan fakultas yang bisa kamu pilih di Jawa Barat. Kamu bisa berkuliah di universitas negeri yang terpandang, atau berkuliah di politeknik negeri di Jawa Barat yang fokus pada kemampuan hard skill dan soft skill.

Apalagi ada banyak universitas negeri yang murah di Jawa Barat loh. Kalau jaraknya dekat dari rumahmu, tentu saja kamu bisa hemat ongkos transportasi dan biaya kos. Tenang saja, universitas negeri di Jawa Barat sudah bagus-bagus kok.

Jadi tidak ada alasan lagi kuliah mahal karena ada banyak universitas yang murah. Bahkan kamu bisa mengajukan beasiswa untuk menunjang kebutuhan kuliahmu.

Baca Juga: Kampus Teknik UNHAS Gowa Punya Jurusan Lengkap

40 Universitas Negeri di Jawa Barat

Supaya kamu lebih semangat untuk berkuliah di perguruan tinggi negeri yang berada di daerahmu, berikut ini telah dirangkum 40 universitas negeri di Jawa Barat. Baca sampai akhir dan cari tahu lebih lanjut ya!

  1. Universitas Padjdjaran
  2. Universitas Pendidikan Indonesia
  3. Universitas Siliwangi
  4. Universitas Singaperbangsa Karawang
  5. Universitas Pertahanan
  6. Universitas Islam Internasional Indonesia
  7. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  8. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  9. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  10. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  11. Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung
  12. Politeknik Manufaktur Bandung
  13. Politeknik Negeri Jakarta
  14. Politeknik Negeri Bandung
  15. Politeknik Negeri Subang
  16. Politeknik Negeri Indramayu
  17. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
  18. Akademi Keperawatan Pemkab Sumedang
  19. Akademi Keperawatan Pemkab Indramayu
  20. Akademi Keperawatan Pemkab Garut
  21. Akademi Keperawatan Pemkab Subang
  22. Akademi Keperawatan Pemkab Cianjur
  23. Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung
  24. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  25. Politeknik Imigrasi
  26. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  27. Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang
  28. Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran
  29. Poltekkes Kemenkes Jakarta III
  30. Poltekkes Kemenkes Bandung
  31. Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  32. Politeknik Transportasi Darat Indonesia
  33. Politeknik AKA Bogor (Akademi Kimia Analisis)
  34. Politeknik STTT Bandung (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil)
  35. Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
  36. Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung
  37. Politeknik Siber dan Sandi Negara
  38. Politeknik STIA LAN Bandung (STIA Lembaga Administrasi Negara)
  39. Akademi Metrologi dan Insturmentasi (AMI)
  40. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Itulah 40 universitas negeri di Jawa Barat yang bisa kamu pilih dan mungkin dekat dengan rumahmu. Seluruh perguruan tinggi yang terdata tersebut, sudah dijamin kualitasnya.

Rekomendasi 8 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Bogor  

Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Bogor  – Bogor adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kita sering mengenal kota ini sebagai kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi dibandingkan dengan kota lainnya. Di balik julukannya sebagai kota hujan, kota Bogor juga memiliki banyak universitas atau universitas berkualitas yang sangat direkomendasikan.

Universitas mana di Bogor yang sangat direkomendasikan? Yuk, simak baik-baik universitas di Bogor yang sangat direkomendasikan oleh kami Sekolah Indonesia. Agar anda tidak salah dalam memilih universitas yang akan anda masuki.

Universitas yang sangat direkomendasikan di Bogor Kami Sekolah Indonesia

1. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

Universitas pertama di Bogor yang sangat direkomendasikan adalah Institut Pertanian Bogor (IPB University). Salah satu kampus favorit di Indonesia ini didirikan pada tahun 1963 dengan nama Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada awal tahun 2019, nama Institut Pertanian Bogor (IPB) diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, yang semula Institut Pertanian Bogor, sekarang menjadi IPB University.

Kampus Utama IPB University terletak di Jl. Raya Dramaga, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Saat ini IPB University memiliki 9 Arsitektur dengan banyak program studi di dalamnya mulai dari Diploma hingga Doktor. Kesembilan itu adalah:

  • – Fakultas Pertanian
  • – [Kedokteran Hewan
  • – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • – Fakultas Peternakan
  • – Fakultas Kehutanan
  • – Fakultas Teknologi Pertanian
  • – Fakultas Matematika dan Sains
  • – Fakultas Ekonomi dan Manajemen
  • – Fakultas Ekologi Manusia

2. Universitas Pakuan (UNPAK)

Universitas kedua di Bogor yang sangat direkomendasikan adalah Universitas Pakuan (UNPAK). UNPAK merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Kota Bogor. Universitas ini didirikan pada tahun 1980 di bawah Yayasan Kartika Siliwangi yang kini berubah nama menjadi Yayasan Pakuan Siliwangi (YPS).

UNPAK terletak di Jl. Pakuan, Tegallega. Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Saat ini UNPAK memiliki 6 program studi dengan total kurang lebih 36 program studi. Program studi berkisar dari program vokasi (Diploma) hingga program Doktor. Keenamnya adalah:

  • – Fakultas Hukum
  • – Fakultas Ekonomi
  • – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  • – Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya (FISIB)
  • – Fakultas Teknik
  • – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

3. Universitas Djuanda (UNIDA)

Universitas ketiga di Bogor yang sangat direkomendasikan adalah Universitas Djuanda (UNIDA). UNIDA adalah sebuah universitas di Bogor dengan slogan “Universitas Bertauhid”. Universitas ini didirikan pada tahun 1987 di bawah Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Indonesia. Kini, yayasan tersebut berubah nama menjadi Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliah Indonesia (YPSPIAI).

UNIDA beralamat di Jl. Jalan Tol Ciawi No. 1, Ciawi-Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Saat ini UNIDA telah membuka 7 Program Studi Arsitektur dengan total kurang lebih 16 program studi. Program studi berkisar dari program Sarjana hingga program Doktor. Ketujuh arsitektur tersebut adalah:

  • – Fakultas Pertanian
  • – Fakultas Ilmu Pangan Halal
  • – Fakultas Ekonomi
  • – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • – Fakultas Hukum
  • – Fakultas Ekonomi Islam
  • – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Tertarik untuk kuliah di UNIDA? Untuk informasi lebih lengkap bisa datang ke lokasi kampus yang tertera di atas. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi website resmi UNIDA yaitu https://unida.ac.id/

4. Universitas Terbuka (UT) Bogor

Universitas keempat di Bogor yang sangat direkomendasikan adalah Universitas Terbuka (UT). UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang berlokasi di Bogor. Universitas ini didirikan pada tahun 1984 sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1984.

UT menyediakan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Setiap orang yang lulus SMA/SMK/MA atau sederajat dapat menjadi mahasiswa UT tanpa memandang tahun ijazah, usia, dan studi. Ini, seperti namanya, adalah “Terbuka”.

UT Bogor beralamat di Jl. Sholeh Iskandar No.234, Kedungbadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat. Saat ini UT memiliki 4 Jurusan Arsitektur dengan total kurang lebih 38 program studi. Program studi berkisar dari program Diploma hingga program Doktor. Keempatnya adalah:

  • – Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • – Fakultas Ekonomi
  • – Fakultas Sains dan Teknologi
  • – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

5. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika)

Universitas kelima di Bogor yang sangat direkomendasikan adalah BSI University (Bina Sarana Informatika). Selama 33 tahun, BSI University berkiprah di dunia pendidikan mencerdaskan anak bangsa. Ribuan mahasiswa telah diwisuda di BSI University, dan tak sedikit pula yang meraih kesuksesan masing-masing.

Universitas yang terkenal dengan tagline Kuliah…? hanya BSI!! Memiliki kurang lebih 30 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan kampus yang tersebar di seluruh Indonesia, Anda dapat memilih lokasi studi Anda di kota terdekat dengan Anda. Dari tiga puluh kampus tersebut, dua di antaranya berlokasi di Bogor.

Pertama, Kampus UBSI Bogor yang terletak di Jl. Merdeka No.168, RT.01/RW.05, Ciwaringin, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kemudian, ada dua Kampus UBSI Cilebut yang terletak di Jl. Raya Cilebut No.3a, RT.01/RW.04, RTO1 RW04, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Secara keseluruhan, BSI University memiliki 3 program studi dengan total kurang lebih 22 program studi. Ketiga arsitektur tersebut adalah:

  • – Fakultas Teknik dan Informatika
  • – Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • – Fakultas Komunikasi dan Bahasa

Namun, ada 3 program studi yang tersedia di kampus kedua BSI University di Bogor. Ketiga program studi tersebut adalah:

  • – Sistem Informasi (D3)
  • – Sistem Informasi Akuntansi (D3)
  • – Sistem Informasi (Diploma+Sarjana)

Inilah 9 Daftar Universitas Terbaik di Kota Bekasi

Universitas Terbaik di Kota Bekasi – Bekasi memang terletak cukup jauh dari hiruk pikuk ibu kota Jakarta. Namun bukan berarti pilihan tempat belajar terbatas. Buktinya, banyak perguruan tinggi di Bekasi yang gedungnya sudah kokoh berdiri sejak belasan tahun lalu dengan sigap dan siap memberikan ilmu kepada mahasiswanya.

Bahkan, masih ada PTN yang sudah memulai kegiatan belajar mengajar di Bekasi. Namun, kampus swasta yang sudah memiliki akreditasi unggulan dan siap menghasilkan lulusan yang kreatif, kompeten, dan siap bersaing di dunia kerja dengan lulusan dari kampus bergengsi lainnya.

1. Bina Nusantara

Kampus yang akrab disapa Binus ini juga memiliki kampus di Summarecon, Bekasi. Kampus Bekasi yang resmi beroperasi pada tahun 2016 sudah memiliki akreditasi A dan letaknya sangat strategis. Suasana modern memungkinkan mahasiswa mendapatkan fasilitas yang mumpuni dan berkualitas. Kampus digital ini memiliki banyak pilihan jurusan dan arsitektur dari berbagai disiplin ilmu.

2. LSPR Communication and Business Institute

Institut yang berfokus pada ilmu komunikasi dan bisnis ini sebelumnya bernama London School of Public Relations. Perguruan tinggi swasta di Bekasi ini sudah memiliki standar internasional yang diakui. Anda bisa mendalami ilmu desain komunikasi visual, pariwisata, manajemen, hingga komunikasi.

3. Universitas Bhayangkara, Jabodetabek

Kampus 2 Universitas Bhayangkara Jabodetabek terletak di Bekasi Utara. Universitas di Bekasi ini sudah terbukti kualitas dan kompetensinya jika dibandingkan dengan kampus swasta lainnya. Bangunan yang luas dan nyaman akan mendukung proses belajar mengajar yang dilakukan setiap hari.

4. Universitas Esa Unggul

Jika Anda tinggal di kawasan Medan Satria, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk memilih kampus. Ada Universitas Esa Unggul yang bisa dijadikan pusat pembelajaran di perguruan tinggi. Ada beberapa jurusan yang ingin Anda pilih sesuai dengan keterampilan dan keahlian yang akan diasah di masa depan. Dari eksak hingga seni, semuanya tersedia.

5. Universitas Gunadarma

Di Kalimalang, ada satu universitas di Bekasi yang sudah diakui kualitasnya sangat bagus. Universitas Gunadarma terletak di Jalan K. H. Noer Ali. Di Bekasi, terdapat kampus J1, J2, dan J3 yang siap menyambut mahasiswa berprestasi di setiap tahun ajaran baru.

6. Universitas Islam 45 Bekasi

Jika Anda merasa lebih nyaman melanjutkan pendidikan di madrasah, Anda bisa mencoba mendaftar di Universitas Islam 45 Bekasi. Di kampus yang terletak di Jalan Cut Mutia Raya ini, Anda bisa memilih salah satu jurusan dan program studi dari banyak pilihan dari beberapa yang terakreditasi sangat baik. Pihak swasta telah membuktikan kualitasnya.

7. Sebagai Universitas Islam Syafiiyah

Selain Universitas Islam 45 Bekasi, juga terdapat Universitas Islam As Safiiyah yang dapat dijadikan sebagai tempat mengenyam pendidikan di lembaga-lembaga berbasis Islam. Kampus yang terletak di salah satu kampus di Pondokgede ini memiliki beberapa pilihan arsitektur. Mulai dari keislaman, keguruan, iptek, ekonomi, hukum, hingga kesehatan.

8. Universitas Krisnadwipayana

Tertarik melanjutkan pendidikan di bidang ekonomi, teknik, hukum, dan administrasi, ada Universitas Krisnadwipayana yang bisa menjadi pilihan utama Anda. Kampus yang terletak di Pondokgede ini menempati posisi peringkat yang cukup tinggi dan menjadi favorit para prajurit yang melanjutkan pendidikannya.

9. Universitas Mercubuana

Sebagai salah satu kampus yang memiliki reputasi baik, Mercubuana juga merupakan universitas di Bekasi yang memiliki banyak peminat. Bagi Anda yang berdomisili di Bekasi dan enggan bepergian ke wilayah Jabodetabek lainnya, Anda bisa memilih kampus Bekasi sebagai tempat kuliah Anda sesuai dengan jurusan arsitektur dan jurusannya.

Daftar Universitas Negeri di Indonesia Beserta Alamatnya

Berkuliah memang paling enak bila lokasinya tak jauh dari rumah. Tujuannya supaya bisa pulang sewaktu-waktu bila ada keperluan mendesak.

Maka dari itu penting memilih universitas berdasarkan lokasinya. Berikut ini akan dirinci nama-nama perguruan tinggi negeri di Indonesia beserta alamatnya.

Daftar Universitas Negeri di Indonesia dan Alamatnya

Semoga daftar alamat perguruan tinggi negeri di Indonesia dapat membantumu menemukan kampus idaman yang sesuai kriteria ya!

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Alamat: Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab.Sleman, DI Yogyakarta

2. Universitas Indonesia (UI)

Alamat: Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat

Baca Juga: Cara mendapatkan Beasiswa di Universitas Indonesia

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Alamat: Jl. Airlangga No.4 – 6, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur

4. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No. Km 10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

5. Universitas Andalas (UNAND)

Alamat: Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat

6. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Alamat: Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat

7. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Alamat: Jl. Prof. Sudarto No.13, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

8. Universitas Sriwijaya (UNSRI)

Alamat: Jl. Masjid Al Gazali, Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan

9. Universitas Lambung Mangkurat (ULM)

Alamat: Jl. Brigjen H. Hasan Basri, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

10. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Alamat: Jl. Teuku Nyak Arief No.441, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh

11. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)

Alamat: Bahu, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara

12. Universitas Udayana (UNUD)

Alamat: Kampus Bukit, Jl. Raya Kampus Unud Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali

13. Universitas Nusa Cendana (UNDANA)

Alamat: Jl. Adi Sucipto, Penfui, Klp. Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur

14. Universitas Mulawarman (UNMUL)

Alamat: Jl. Kuaro, Gn. Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kab. Paser, Kalimantan Timur

15. Universitas Brawijaya (UB)

Alamat: Jl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

16. Universitas Jambi (UNJA)

Alamat: Jl. Jambi – Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kab. Muaro Jambi, Jambi

17. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Alamat: Jl. Profesor DR. HR Boenyamin No.708, Dukuhbandong, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

18. Universitas Jember (UNEJ)

Alamat: Jl. Kalimantan Tegalboto No.37, Krajan Timur, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur

19. Universitas Lampung (UNILA)

Alamat:  Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, RW.No: 1, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung

20. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Alamat: Jl. Ir. Sutami No.36, Kentingan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

21. Universitas Negeri Malang (UM)

Alamat: Jl. Semarang No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

22. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat

23. Universitas Negeri Manado (UNIMA)

Alamat: Jl. Raya Tondano, Koya, Tondano Sel., Kab. Minahasa, Sulawesi Utara

24. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Alamat: Jl. R. Mangun Muka Raya No.11, Kec. Pulo Gadung – Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

25. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Alamat: Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta

26. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Alamat: Jl. Lidah Wetan, Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur

27. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Alamat: Sekaran, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah

28. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Alamat: Jl. Ganesa No.10, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

29. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Alamat: Jl. Teknik Kimia, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur

30. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Alamat: Kampus IPB, Jl. Raya Dramaga, Babakan, Kec. Dramaga, Kota Bogor, Jawa Barat

Baca Juga: Singapore Management University (SMU)

Itulah 30 alamat perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia yang mungkin bisa menjadi pilihanmu. Mengetahui alamatnya adalah salah satu cara untuk memfilter kampus mana yang akan dipilih.

Kampus Teknik UNHAS Gowa Punya Jurusan Lengkap

Kampus teknik UNHAS Gowa bisa kamu jadikan pilihan jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Universitas Hasanuddin sudah memiliki akreditasi A. Kampus ini memiliki prestasi yang sangat bagus dan termasuk salah satu perguruan tinggi negeri di Makassar yang menjadi favorit banyak pelajar.

Berdiri pada 10 September 1956 membuat perguruan tinggi ini mulai mengembangkan diri dan memberikan kualitas pendidikan yang nyaman bagi setiap mahasiswa. Pada awalnya kampus ini adalah Fakultas Ekonomi dari Universitas Indonesia. Hal tersebut terjadi ketika Bung Hatta masih menjabat sebagai wakil presiden.

Namun sekarang ini UNHAS sudah memiliki banyak fakultas dan kualitas yang semakin bagus. Salah satu fakultas yang banyak peminatnya adalah teknik.

Sekilas Tentang Teknik di Universitas Hasanuddin

Fakultas teknik di Universitas Hasanuddin menjadi salah satu pilihan favorit bagi beberapa pelajar untuk meneruskan pendidikan perguruan tinggi. Fakultas ini berhasil mengembangkan jaringan dan melakukan kerjasama secara nasional maupun internasional.

Termasuk fakultas ke-4 yang ada di Universitas Hasanuddin dan berdiri semenjak 1960. Pada awalnya fakultas ini hanya memiliki tiga jurusan saja, yaitu teknik sipil, teknik perkapalan, dan teknik mesin. Namun sekarang ini sudah banyak jurusan yang bisa anda pilih di Fakultas Teknik UNHAS.

Sekarang ini kamu bisa memilih jurusan di fakultas teknik UNHAS seperti, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Kelautan, Pengembangan Wilayah Kota, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Lingkungan, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan dan Arsitektur.

Tidak hanya itu, tetapi kamu juga bisa memilih program pendidikan yang akan diambil. Fakultas teknik menyediakan program sarjana, program master, dan program doktoral. Jadi sangat mudah bagi kamu jika ingin melanjutkan pendidikan pada tahapan selanjutnya karena tersedia dengan lengkap.

Minat para pelajar untuk bisa bergabung di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin ini sangat tinggi. Namun sayangnya proses seleksi masih diberlakukan dengan ketat sehingga banyak sekali pelajar yang tidak diterima dari serangkaian tes yang sudah diberlakukan. Jika kamu ingin diterima di Fakultas Teknik UNHAS harus persiapkan diri dari jauh-jauh hari ya.

Kenapa harus Masuk Fakultas Teknik UNHAS?

Jika dilihat dari informasi di atas sebenarnya sudah sangat jelas kenapa kamu harus masuk di kampus teknik UNHAS Gowa. Fakultas tersebut menyediakan banyak jurusan yang hampir lengkap untuk bidang teknik.

Kamu tentu tahu bahwa lulusan fakultas teknik dapat bekerja dengan prospek yang luas. Teknik adalah bidang yang bisa mengkombinasikan dengan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Semakin berkembangnya zaman teknologi memiliki peranan andil dalam kehidupan manusia.

Ada banyak sekali ilmu teknik yang bisa kamu pelajari sesuai dengan bakat dan minat. Sekalipun tidak mudah, tetapi belajar teknik juga bisa menyenangkan jika menemukan jurusan yang tepat.

Apalagi akreditasi dari fakultas teknik di Universitas Hasanuddin juga tidak perlu diragukan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas pendukung belajar yang memadai.

Baca Juga: Inilah 10 Universitas Negeri Terbaik di Medan, Bisa Dijadikan Pertimbagan Kamu!

Kesimpulan

Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin bisa kamu pilih. Lulusan Fakultas Teknik dari Universitas Hasanuddin sudah banyak yang mendapatkan jenjang karir bagus. Sebagai pelajar kamu juga bisa mempertimbangkan untuk masuk ke Fakultas Teknik.

Ada banyak fasilitas yang membuat proses belajar kamu menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya itu tetapi banyak jurusan yang bisa kamu pilih. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri kamu di kampus teknik Unhas Gowa. Informasi lebih lanjut bisa melihat di website resmi kampus.

8 Universitas Terbaik di Sumatera Barat Versi Webometrics

Universitas Terbaik di Sumatera Barat – Mendapatkan pendidikan yang tinggi adalah sebuah kesempatan yang sangat untung dan menjadi bekal dalam hidup. World University Ranking Institute atau Webometrics merilis daftar pemeringkatan universitas dunia, termasuk Indonesia pada Januari 2022.

Dalam penilaiannya, Webometrics menggunakan 4 indikator yaitu kehadiran, visibilitas, transparansi dan keunggulan.

Hasilnya, ada 8 kampus terbaik di Sumatera Barat. Inilah Daftarnya:

1. Unand

Perguruan tinggi tertua di pulau Jawa ini menduduki peringkat pertama di Sumatera Barat. Secara nasional, kampus induk yang terletak di Limau Manih Padang ini menempati peringkat ke-12.

2. UNP

Universitas Negeri Padang (UNP) saat ini menduduki peringkat ke-37 nasional, dan merupakan kampus terbaik ke-2 di Sumatera Barat.

3. Universitas Bung Hatta

Mengusung nama besar Bung Hatta, kampus yang terletak di Padang ini menempati peringkat ke-3 di Sumatera Barat, dan peringkat ke- 140 secara nasional.

Versi Webometrics, Universitas Bung Hatta merupakan kampus swasta terbaik di Sumatera Barat.

4. Politeknik Negeri Padang

Kampus yang bersebelahan dengan Unand ini sudah berdiri sejak tahun 1987.

Saat ini peringkat nasionalnya adalah 195.

5. UIN Imam Bonjol Padang

Universitas Islam Negeri ini menduduki peringkat ke-5 di Sumatera Barat. Secara nasional, peringkatnya adalah 234.

6. IAIN Bukittinggi

Peringkat 267 secara nasional, IAIN Bukittinggi merupakan kampus terbaik ke-6 di Sumatera Barat.

7. Sangkar Batu IAIN

Kampus yang terletak di Kabupaten Tanah Datar ini menempati peringkat ke-7 se-Sumatera Barat dengan peringkat nasional 290.

8.UM Sumatera Barat

UM Sumbar memiliki 4 kampus yaitu di Padang, Padang Panjang, Bukittinggi dan Payakumbuh.

di posisi ke-8 di Sumatera Barat, dan secara nasional di posisi ke-347. Saat ini UM Sumbar menduduki peringkat ke-2 kampus swasta terbaik di Sumbar setelah Universitas Bung Hatta.

Inilah 5 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Medan, Bisa Dipertimbangkan  

Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Medan – Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia sebelum DKI Jakarta dan Surabaya serta kota terbesar di luar Jawa. Medan sebagai kota perdagangan, industri dan bisnis yang sangat penting di Indonesia. Pada tahun 2020, Kota Medan memiliki jumlah penduduk 2.435.252 jiwa, dan kepadatan penduduk 9.522,22 jiwa. Selain itu, terdapat banyak kampus atau universitas di kota ini dan mendukung penuh pendidikan di kota ini, baik kampus negeri maupun swasta.

Berikut ini adalah daftar 5 kampus terbaik di Medan. Penilaian ini bisa Anda lihat langsung, antara lain sebagai berikut.

1. Universitas Sumatera Utara

Di posisi pertama Universitas Sumatera Utara, universitas ini menempati posisi pertama di kota Medan tepatnya di provinsi Sumatera Utara dengan menjadi peringkat 27 (Indonesia) dan peringkat 1 (Sumatera Utara). Universitas Sumatera Utara memiliki beberapa arsitektur, antara lain:

  • Ekonomi dan Bisnis
  • Farmasi
  • Hukum
  • Ilmu Budaya
  • Ilmu Komputer dan teknologi Informasi
  • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Kedokteran
  • Kedokteran Gigi
  • Kehutanan
  • Keperawatan
  • Kesehatan Masyarakat
  • Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Pertanian
  • Psikologi
  • Teknik
  • Pascasarjana

2. Universitas Medan Area

Kemudian di tempat kedua oleh Universitas Medan Area. Pada periode ini, UMA berhasil menduduki peringkat 2 di Sumatera Utara dan mendapatkan kampus swasta terbaik di Sumatera Utara, dengan menjadi peringkat 56 (Indonesia) dan peringkat 2 (Sumatera Utara). Universitas Medan Area memiliki 7 program sarjana, 4 program magister dan 1 program doktor, antara lain

Program Sarjana

  • Teknik
  • pertanian
  • Ekonomi dan Bisnis
  • hukum
  • Ilmu sosial dan ilmu politik
  • Psikologi
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi

Program Master

  • Magister Psikologi
  • Sarjana Hukum
  • Magister Administrasi Publik
  • Magister Agribisnis
  • Program Doktor
  • Ilmu Pertanian

3. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Dis posisi ketiga oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Kampus ini menduduki peringkat 3 di Sumatera Utara dan peringkat 2 di kampus swasta di Sumatera Utara, dengan posisi 59 (Indonesia) dan 3 (Sumatera Utara). Universitas memiliki beberapa arsitektur di antaranya.

  • Islam
  • keguruan dan ilmu pendidikan
  • Ilmu sosial dan ilmu politik
  • pertanian
  • Ekonomi
  • hukum
  • Teknik
  • Medis
  • Pascasarjana

4. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kemudian di posisi keempat ditempati oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Pada tahun 2021 UINSU menduduki peringkat ke-4 di Sumatera Utara dengan peringkat 62 (Indonesia) dan 4 (Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara memiliki beberapa arsitektur, yaitu:

  • Ilmu Sosial
  • Syariah dan Hukum
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Tarbiyah dan Keguruan
  • Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Dakwah dan Komunikasi
  • Usuluddin dan Kajian Islam
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat

5. Universitas Negeri Medan

Dan di posisi kelima dilihat oleh Universitas Negeri Medan. Kampus ini menempati peringkat 69 (Indonesia) dan 5 (Sumatera Utara). Di Universitas Negeri Medan, kita dapat menemukan beberapa arsitektur, yaitu:

  • Ilmu Pendidikan
  • Bahasa dan Seni
  • Ilmu Sosial
  • Matematika dan ilmu alam
  • Teknik
  • Ilmu olahraga
  • Ekonomi
  • Pascasarjana

25 Universitas Islam Terbaik di Dunia Versi UniRank 2022, Kampus Indonesia Masuk

Universitas Islam negara mana yang paling populer di dunia? Lembaga pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank mencoba menjawabnya dengan menerbitkan peringkat Universitas Islam terbaik di dunia.
Tujuan UniRank membuat pemeringkatan adalah untuk menyediakan tabel liga non-akademik dari Universitas Islam terbaik di dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi oleh sumber yang disediakan intelijen web independen dari data yang dikirimkan oleh Universitas itu sendiri.

Dalam pemeringkatan, lembaga UniRank melakukan penilaian dengan beberapa kriteria, antara lain:

– Perguruan tinggi telah diakui dan mendapat lisensi atau akreditasi dari lembaga yang memiliki kewenangan di Indonesia

– Perguruan tinggi menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktor).

– Perguruan tinggi menggelar kuliah terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, maupun jarak jauh atau online.

Baca Juga : 10 Kampus Terbaik di Jogja Versi UniRank 2022, Kampusmu Nomor Berapa?

Kairo Pertama, 9 Kampus Indonesia Masuk Daftar
Dari hasil penilaian UniRank 2022, Universitas Kairo Mesir menjadi kampus Islam terbaik di Dunia. Disusul Universiti Islam Antarabangsa Malaysia dan Shahid Beheshti University of Medical Sciences Iran di peringkat kedua serta ketiga.

Sedangkan untuk universitas Islam di Indonesia, ada 9 kampus yang masuk daftar top 25. Peringkat terbaik diraih oleh Universitas Islam Indonesia (UII) di peringkat ke-9. Kemudian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di peringkat ke-13.

Untuk peringkat top 25 Universitas Islam terbaik di Dunia, berikut ini daftarnya.

25 Universitas Islam Terbaik di Dunia Versi UniRank 2022:

1. Cairo University, Mesir
2. Universiti Islam Antarabangsa, Malaysia
3. Shahid Beheshti University of Medical Sciences, Iran
4. Umm Al-Qura University, Saudi Arabia
5. Jordan University of Science and Technology, Jordania
6. Isfahan University of Medical Sciences, Iran
7. Karadeniz Teknik Üniversitesi, Turkey
8. Süleyman Demirel Üniversitesi, Turkey
9. Universitas Islam Indonesia (UII), Indonesia
10. University of the Punjab, Pakistan
11. Al-Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University, Saudi Arabia
12. Iran University of Science and Technology, Iran
13. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Indonesia
14. Taibah University, Saudi Arabia
15. Isfahan University of Technology, Iran
16. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka), Indonesia
17. University of Isfahan, Iran
18. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
19. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
20. Islamic University of Gaza, Palestina
21. Université Cadi Ayyad, Maroko
22. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
23. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
24. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
25. Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Indonesia
Itulah daftar 25 Universitas Islam terbaik di Dunia versi UniRank 2022.

10 Kampus Terbaik di Jogja Versi UniRank 2022, Kampusmu Nomor Berapa?

Sederet kampus terbaik di Yogyakarta telah dirilis oleh lembaga pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank 2022. Peringkat ini dirilis untuk perguruan tinggi terbaik edisi Agustus 2022.

Mengutip laman UniRank, total ada 582 perguruan tinggi di Indonesia yang memenuhi kriteria seleksi tahun 2022. Termasuk di antaranya perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

Kriteria Pemeringkatan UniRank 2022

Pemeringkatan tersebut dilakukan berdasarkan penilaian beberapa kriteria, di antaranya perguruan tinggi yang telah diakui dan mendapat lisensi atau akreditasi dari lembaga yang memiliki kewenangan di Indonesia.

Kriteria selanjutnya yakni perguruan tinggi menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktor).

Kriteria terakhir adalah perguruan tinggi menggelar kuliah terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, maupun jarak jauh atau online.

Baca juga : 10 Universitas Tertua Negara-Negara ASEAN, Salah Satunya UI

Dari hasil tersebut, terdapat 10 kampus di Yogyakarta dengan peringkat terbaik di UniRank 2022. Ada kampus mana saja?

10 Kampus Terbaik di Jogja Versi UniRank 2022:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat nasional: 2

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Peringkat nasional: 16

3. Universitas Islam Indonesia

Peringkat nasional: 21

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta

Peringkat nasional: 25

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Peringkat nasional: 28

6. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Peringkat nasional: 41

7. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Peringkat nasional: 45

8. Universitas Sanata Dharma (USD)

Peringkat nasional: 53

9. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

Peringkat nasional: 76

10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY)

Peringkat nasional: 85

Nah, itulah sederet kampus terbaik di Jogja versi UniRank 2022.

Singapore Management University (SMU)

Profil

Singapore Management University (SMU) adalah institusi muda yang berada di baris depan pendidikan bisnis di Singapura dan Asia.

Didirikan pada tahun 2000 dan dibangun berdasarkan Wharton School University of Pennsylvania yang ternama, SMU menjadi penyedia pendidikan spesialis bisnis terkemuka di Singapura.

Universitas ini terdiri dari enam fakultas yang mencakup bidang akuntansi, bisnis, ekonomi, sistem informatika, hukum dan ilmu sosial. Masing-masing memiliki ahli akademik dan industri yang menyediakan pengalaman pendidikan kelas dunia bagi lebih dari 10.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana dari seluruh dunia, dengan pengalaman pembelajaran kelas atas.

SMU bertujuan untuk menghasilkan para lulusan yang piawai dalam hal pemikiran kritis dan kepemimpinan, menggunakan penelitian canggih yang digabungkan dengan pengetahuan bisnis untuk mendidik mahasiswa. SMU dikenal sebagai institusi penelitian kelas dunia dengan pengajaran yang berbobot, menangani berbagai masalah Asia berskala global dengan kesadaran terhadap lingkungannya.

Berada di pusat kota Singapura, SMU menawarkan mahasiswa akses ke kampus kota yang modern, yang terhubung strategis dengan bisnis, pemerintah dan komunitas yang lebih luas.

Walaupun baru berdiri selama dua dekade, SMU telah menerima rating lima bintang untuk Keunggulan Keseluruhan, Kesiapan Kerja, Fasilitas, Inklusivitas, Internasionalisasi dan Spesialisasi dalam Ilmu Sosial dan Manajemen oleh QS Asian Univesity Rankings pada tahun 2016.

Universitas ini juga merupakan institusi paling muda yang terakreditasi oleh AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business) pada tahun 2011, dengan Lee Kong Chian School of Business (LKCSB) dan School of Accountancy (SOA) yang memperoleh akreditasi kembali pada tahun 2016. Hanya 2% universitas di Asia Tenggara yang menawarkan gelar-gelar bisnis yang memiliki akreditasi ini.

Keunggulan

Kualitas Pengajaran

Semua tenaga pengajar di Singapore Management University adalah para ahli yang dipilih dari universitas-universitas ternama. Untuk membantu para mahasiswa mempelajari pengetahuan teori dan praktik, universitas ini secara khusus memilih para dosen yang ahli dalam penelitian dan memiliki pengalaman praktik. Untuk merefleksikan penekanannya pada pembelajaran ‘dunia kerja nyata’, SMU mengundang banyak pemimpin industri untuk berbagi pengalaman industri mereka dengan para mahasiswa.

SMU mengusahakan yang terbaik untuk mempertahankan kualitas kelas atas dari pendidikan pascasarjananya dengan menghadirkan Teaching Excellence in Postgraduate Programmes Award (Penghargaan Keunggulan Pengajaran Program Pascasarjana) bagi para tenaga pengajar yang menunjukkan kualitas pengajaran yang unggul, pengetahuan terbaru dan keterlibatan mahasiswa. Para mahasiswa dapat membaca lebih lanjut tentang kualitas pengajaran SMU di situs resmi universitas ini.

Selain pengajaran di ruang kelas, pendidikan pascasarjana di SMU juga dilengkapi oleh beberapa workshop interaktif sebagai bagian dari Professional Development Series/PDS (Seri Pengembangan Profesional). Workshop-workshop ini melengkapi pembelajaran di ruang kelas dan dibawakan oleh para tenaga pengajar yang ahli dalam bidang-bidang mereka. Selain itu, para mahasiswa juga didukung oleh para ahli industri yang terlatih. Topik-topik yang dibawakan juga menarik dan luas, mulai dari keahlian berpikir kritis/kreatif, komunikasi dan efektivitas interpersonal, negosiasi, kepemimpinan, analitik data, perilaku organisasi, spreadsheet modelling, inovasi dan keberlanjutan bisnis.

Peluang Jaringan & Karir Yang Tanpa Paralel

Dari lokakarya hingga pencocokan pemberi kerja, Anda akan menerima panduan komprehensif tentang keberhasilan dalam peluang kerja Anda dengan dukungan dari konselor karir kami yang berdedikasi. Dalam nada yang sama, kami secara ekstensif terhubung ke bisnis dari industri yang berbeda dengan banyak anggota manajemen senior yang melayani di dewan penasihat sekolah kami. Digabungkan dengan badan mahasiswa yang diambil dari beragam profesi, pengalaman, dan kebangsaan, jaringan ini memberi Anda wawasan penting tentang pilihan dan peluang karir masa depan Anda yang mungkin mengarah ke jalur menaiki tangga perusahaan.

Fasilitas

SMU membanggakan aula-aula seperti Mochtar Riady Auditorium yang dilengkapi oleh fasilitas-fasilitas modern yang dapat mengakomodasi lebih dari 300 mahasiswa sekaligus. Pedagogi SMU yang unik termasuk pendekatan bergaya seminar yang memungkinkan interaksi yang dekat antara para mahasiswa dan dosen. Ruang-ruang kelas dan ruang-ruang seminar dibangun khusus untuk mencapai tujuan ini.

Di luar ruang kelas, SMU menyediakan sejumlah fasilitas seperti gedung olahraga, pusat seni dan budaya, gimnasium dan lintasan lari. Gimnasium ini baru dan memiliki tiga lantai – satu untuk kardio, satu untuk angkat beban dan sirkuit-sirkuit, dan lantai basement untuk dance dan fitnes. Gedung olahraga ini adalah sebuah fasilitas multifungsi dimana para mahasiswa dapat bermain bola basket, bulu tangkis, bola voli, latihan bela diri, memanah dan masih banyak lagi. Gedung ini juga memiliki dinding setinggi 11 meter untuk memanjat batu. Di lantai enam dari bangunan administrasi ini terdapat kolam renang, yang dilengkapi dengan sauna dan ruang-ruang shower/loker.

SMU juga memiliki Basement Studio, dengan dinding kedap suara yang menjadikannya tempat terbaik untuk berlatih musik, membuat musik dan mengadakan sesi jamming.

Struktur Departemen

SMU menawarkan sejumlah program profesional pascasarjana melalui enam fakultasnya yaitu: akuntansi, bisnis, hukum, sistem informatika, ekonomi dan ilmu sosial. [https://masters.smu.edu.sg/programmes]

Fakultas Akuntansi: Fakultas ini mengajarkan tentang pembuatan keputusan dalam hal keuangan, manajemen risiko dan keahlian-keahlian manajerial. Fakultas ini menawarkan program-program studi seperti Master of Professional Accounting dan MSc in Accounting (Data & Analytics).

  • 1st di Asia & 3 Teratas di Seluruh Dunia – Penelitian Arsip Akuntansi (Semua Topik) dalam Peringkat Penelitian Akuntansi Universitas Brigham Young (Feb 2019).

Lee Kong Chian School of Business (LKCSB): fakultas bisnis ini memiliki akreditasi dari AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business), sebuah akreditasi EQUIS (European Quality Improvement System), dan akreditasi dari Association of MBA Schools (AMBA). Ini adalah salah satu fakultas termuda di dunia yang terakreditasi oleh lembaga-lembaga akreditasi di atas. LKCSB juga merupakan bagian dari EMBA Council bersama dengan fakultas-fakultas bisnis ternama di dunia. Fakultas ini menyediakan pendidikan holistik yang mencakup paparan global, jejaring industri dan spesialisasi.

  • 2nd di Asia & 33 Besar di Seluruh Dunia – Di University of Texas, Dallas Top 100 Worldwide Business School Rankings berdasarkan kontribusi penelitian untuk 2015–2019.

Fakultas Ekonomi: Fakultas Ekonomi ini masuk dalam 10 besar fakultas ekonomi terbaik di dunia dalam ekonometrik, menyediakan para mahasiswa wawasan mendalam dalam bidang ini, dengan bantuan dari anggota dosen global. Program MSc in Economics, MSc in Financial Economics dan PhD in Economics adalah program-program pascasarjana yang ditawarkan oleh fakultas ini.

  • 1st di Asia & 10 Besar Dunia – School of Economics (SOE) kami berada di peringkat 1 di Asia dan 10 teratas di seluruh dunia untuk Penelitian Ekonometrika, dan ke-76 di seluruh dunia untuk keseluruhan penelitian Ekonomi di Peringkat Penelitian Sekolah Ekonomi Universitas Tilburg berdasarkan kontribusi dari 2015 hingga 2019.

Fakultas Komputer dan Sistem Informatika: Fakultas ini berfokus pada inovasi, penelitian dan solusi-solusi TI. Fakultas ini juga menawarkan sejumlah program pascasarjana seperti Master of IT in Business, MSc in Computing, MPhil in Information Systems dan program-program PhD. Program terbaru dari fakultas ini adalah Doctor of Engineering (DEng).

Yong Pung How School of Law (YPHSL): Fakultas Hukum melatih para mahasiswa untuk menjadi pengacara-pengacara intelektual dalam bidang bisnis, ekonomi dan politik tingkat internasional. Fakultas ini menawarkan program-program pascasarjana seperti Master of Laws, Juris Doctor dan program-program penelitian.

Hasil Kelulusan

SMU memiliki minat khusus untuk meningkatkan kesiapan kerja para mahasiswa pascasarjana melalui pusat layanan karir pascasarjana. Universitas ini mengadakan lebih dari 100 program pengembangan karir dan bincang rekrutmen. Selain itu juga mengadakan pekan-pekan karir yang diikuti oleh lebih dari 250 perusahaan.

Para mahasiswa di SMU menikmati beragam inisiatif termasuk kerjasama dengan perusahaan-perusahaan dan terhubung dengan alumni. Para mahasiswa MBA SMU dijamin akan mendapatkan pekerjaan magang. Hal ini menyediakan mereka landasan ideal untuk mendapatkan pengalaman lapangan/industri dan menambah relasi.

Para mahasiswa universitas ini juga masing-masing menerima bimbingan khusus karir untuk membantu perencanaan karir mereka. Para pembimbing ini terhubung dengan jaringan perusahaan untuk memperluas pilihan karir mahasiswa. Hal ini dilakukan dengan mengadakan sesi bincang rekrutmen, dimana para pembicara dari perusahaan menceritakan pengalaman kerja dan menjelaskan proses rekrutmen serta budaya perusahaan.

Di SMU, 90% mahasiswa Program Master of Professional Accounting diterima bekerja dalam 3 bulan setelah kelulusan di tahun 2018. Tim layanan karir juga mengundang para profesional industri untuk berinteraksi dengan para mahasiswa pascasarjana. Dalam sesi-sesi tersebut, para mahasiswa akan mendapatkan gambaran mendalam dari industri yang mereka minati.

Inilah 10 Universitas Negeri Terbaik di Medan, Bisa Dijadikan Pertimbagan Kamu!

Horas Medan! Itulah semboyan anak-anak Medan yang cerdas dan berdaya juang tinggi. Tidak mengherankan bila da banyak perguruan tinggi negeri yang siap menerima anak-anak Medan dengan semangat yang tinggi tersebut.

Berikut ini adalah daftar 10 universitas negeri di Medan dan jurusannya yang terbaik. Masing-masing universitas memiliki jurusan yang khas dan disesuaikan dengan minat bakatmu. Apa sajakah itu? Silakan baca rincian berikut ini ya!

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

Ini adalah universitas tertua di Sumatera. Berdiri sejak tahun 1952 dengan Kedokteran sebagai fakultas pertamanya. Terdapat 15 fakultas di USU yang disiapkan untuk menampung mahasiswa-mahasiswi berprestasi yang berniat menuntut ilmu demi karir yang cemerlang.

2. Universitas Negeri Medan (UNIMED)

UNIMED adalah perguruan tinggi negeri yang paling terkenal di Medan. Pada umumnya mahasiswa UNIMED menempuh S1 di sini, lalu melanjutkannya hingga S2 dan S3. Hingga saat ini terdapat 47 program studi yang tersebar di 8 fakultas.

3. Politeknik Negeri Medan (POLMED)

POLMED merupakan perogram pendidikan vokasi yang siap mencetak lulusan dengan gelar ahli madya. Politeknik ini cocok untuk kamu yang ingin menjadi ahli di bidang teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, komputer dan informatika. Selain itu ada jurusan akuntansi dan administrasi niaga untuk kamu yang suka dengan bidang ekonomi.

4. UIN Sumatera Utara Medan (UINSU)

Dulunya UINSU bernama IAIN Sumatera Utara. Perubahan nama ini sekaligus membawa mimpi baru, yaitu menyiapkan lulus tangguh dengan mengedepankan IPTEK dan IMTAK. Di sini terdapat 8 fakultas dan 58 program studi yang bisa kamu pilih. 3 fakultas yang terkenal adalah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FSIH), serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK).

5. IAIN Padangsidimpuan

Ini bukan PTN Islam biasa, melainkan ada program unggulan di sini, yaitu Ma’had Jami’ah. Di program pendidikan berbasis pesantren ini, mahasiswa dibina secara intensif selama 2 semester pertama untuk mempelajarai Al-Qur’an, Bahasa Arab-Inggris, dan pembentukan karakter. Tentu saja, tetap berkuliah seperti biasanya karena ada 5 jurusan keislaman yang keren di sini. Coba cari tahu!

6. Politeknik Pariwisata Medan

Ini adalah salah satu PTN pariwisata terbaik di Indonesia. Dinaungi oleh Kemenparekraf, bertujuan untuk mencetak generasi yang mampu meningkatkan performa sektor pariwisata di Indonesia. Terdapat 7 jurusan kepariwisataan yang dijamin seru. Coba cari tahu juga ya!

7. Poltekkes Kemenkes Medan

Untuk kamu yang ingin meniti karir di dunia kesehatan, berkuliah di Poltekkes Kemenkes Medan merupakan pilihan yang tepat. Terdapat 7 program studi di sini, antara lain Gizi, Kebidanan, Keperawatan, Analis Kesehatan, Farmasi, Keperawatan Gigi, dan Kesehatan Lingkungan.

8. Politeknik Penerbangan Medan

Untuk anak-anak Medan dan sekitarnya yang ingin meniti karir di jalur udara alias transportasi udara, maka Politeknik Penerbangan Medan adalah jawabannya. Politeknik ini berada di bawah tanggung jawab Kementerian Perhubungan. Jadi besar sekali peluang untuk berkarir di bawah satuan kerja kementerian tersebut.

9. Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan (PTKI Medan)

Untuk kamu anak IPA yang suka dengan kimia, maka berkuliahlah di PTKI Medan. Jenjang karir dari jurusan di sini cukup banyak. Kamu bisa bekerja di kementerian atau pemerintahan, maupun bekerja di balik dapur industri swasta seperti pabrik mie, susu, pengalengan ikan, obat-obatan, dan lainnya.

10. Politeknik Pembangunan Pertanian Medan

Siapa lagi yang bisa memajukan sistem pertanian di Sumatera kalau bukan kamu? Tidak cuma pertanian sawah saja yang dipelajari di sini, melainkan juga perkebunan. Tenang saja, kamu akan diajari bagaimana cara mengolah pertanian dan perkebunan secara modern. Asyik, bukan?

Itulah daftar universitas negeri di Medan yang terbaik dan bisa menjamin masa depanmu bila kamu belajar dengan serius. Supaya semakin semangat belajarnya, ada baiknya bila kamu cari beasiswa. Untuk mendapatkan informasi beasiswa, kamu bisa simak di searcheducationportal.com ya!

Daftar 5 PTS Terbaik di Indonesia Tahun 2022

PTS Terbaik di Indonesia – Bertujuan masuk Perguruan Tinggi Swasta yang tak kalah dengan PTN, dan ternyata banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia yang masuk dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2022. Salah satu lembaga pemeringkat ini kembali merilis daftar perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Indonesia edisi Januari 2022.

Ada tiga indikator penilaian yang diterapkan dalam Webometrics. Yaitu pertama, impact (50%), dinilai dari performa website dalam jumlah link/link (backlink/domain referral) website tersebut. Kedua, keterbukaan (bobot 10%), kriteria ini dijadikan acuan dalam artikel jurnal dosen. Data bersumber dari Google Cendekia. Ketiga, keunggulan (bobot 40%).

Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2022

1. Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara Peringkat nasional: 11

BINUS memiliki beberapa arsitektur yaitu School of Business, Communication, Hotel & Tourism, Engineering, Humaniora, Computer Science, Information System, dan Design. Kabar baiknya adalah Universitas Bina Nusantara juga menawarkan kelas pembelajaran online untuk pembelajaran yang lebih fleksibel. Selain itu, terdapat program sarjana dan double degree internasional yang memungkinkan Anda untuk belajar di 2 program studi sekaligus.

2. Universitas Telkom (Tel-U)

Peringkat Nasional Universitas Telkom: 7

Telkom University menduduki peringkat kedua kampus swasta terbaik di Indonesia yang berlokasi di Buahbatu, Bandung. Terdiri dari Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Informatika, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Komunikasi & Bisnis, dan Fakultas Ilmu Terapan. Tidak perlu khawatir dengan biaya, karena Tel-U memiliki berbagai alternatif beasiswa. Oh ya, pada tahun pertama studi, mahasiswa diwajibkan untuk tinggal di asrama yang disediakan oleh pihak kampus.

3. Universitas Katolik Atmajaya Jakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta Peringkat Nasional: 27

Kampus yang sering disingkat UNIKA Atmajaya ini berdiri sejak tahun 1960, lho. Meski namanya ‘Katolik’, kampus ini menerima mahasiswa dari semua suku, ras, dan agama. Di sini, Anda dapat menemukan Fakultas Ekonomi & Bisnis, Administrasi Bisnis & Komunikasi, Pendidikan & Bahasa, Teknik, Hukum, Kedokteran & Ilmu Kesehatan, Psikologi dan Teknologi untuk tingkat Sarjana.

4. Universitas Islam Indonesia (UII)

Peringkat Nasional Universitas Islam Indonesia : 22

Kampus swasta yang terletak di Yogyakarta ini menempati peringkat keempat universitas swasta terbaik di Indonesia. UII telah melaksanakan program studi D3, S1 dan S1. Ada Fakultas Bisnis & Ekonomi, Hukum, Psikologi & Sosial Budaya, Teknologi Industri, Teknik Sipil & Perencanaan, Kedokteran, Studi Islam, dan MIPA. Semua program studi terakreditasi A lho! Ada total 10 miliar beasiswa untuk 1.500 siswa setiap tahun.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Peringkat Nasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: 16

Dijuluki kota pelajar, Yogyakarta juga memiliki kampus swasta yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif tempat belajar. Di UMY terdapat Fakultas Agama Islam, Ekonomi & Bisnis, Ilmu Sosial & Politik, Ilmu Kedokteran & Kesehatan, Pendidikan Bahasa, Pertanian, dan Vokasi. Total ada 23 program studi sarjana dan 3 program studi Diploma. Ada juga kelas internasional untuk jurusan Hukum, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, Komunikasi, dan Komunikasi Penyiaran Islam.

Inilah Daftar Universitas Negeri Terbaik (PTN) di Indonesia Tahun 2022

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia – Sebuah impian setiap lulusan siswa siswi yang ingin melanjutkan PTN terbaik di Indonesia. Dengan mendapat posisi di kampus favorit tentu menjadi dambaan setiap mahasiswa. Selain memiliki nama besar, kampus favorit biasanya memiliki fasilitas yang lengkap, sistem pembelajaran yang menyenangkan, dan memiliki jaringan alumni yang bermanfaat setelah lulus.

Sebanyak 5 perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam pemeringkatan ini. Kami mengklasifikasikan universitas dan penelitian berdasarkan tiga indikator utama yaitu kinerja penelitian, hasil inovasi, dan dampak sosial yang dilihat dari visibilitas website universitas.

Kriteria kampus terbaik di Indonesia adalah telah terakreditasi oleh organisasi yang terkait dengan pendidikan tinggi di Indonesia; memberikan setidaknya gelar pascasarjana atau gelar (gelar master atau doktoral); dan menyediakan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka dan non-jarak jauh.

Indikator penilaian yaitu visibilitas atau dampak konten web (dengan bobot 50%) adalah jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke institusi halaman web (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

Daftar PTN Terbaik di Indonesia

Gabungan dari berbagai sumber untuk peringkat PTN terbaik di Indonesia tahun 2022. Semoga daftar ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih kampus favorit!

1. Universitas Indonesia (UI), salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia

Universitas Indonesia (UI)
Peringkat dunia: 534

Ini adalah salah satu PTN yang paling diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia. UI selalu masuk 10 besar kampus terbaik versi apapun. Tak heran jika kampus yang berdiri sejak tahun 1849 ini merupakan salah satu perwakilan kampus dengan sejarah pendidikan tertua di Asia dan telah terakreditasi “A”. Nah, jika kamu tertarik, kamu bisa intip info lengkapnya di website resmi UI.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM)
Peringkat dunia: 586

Menurut Kemendikbud, PTN terbaik kedua di Indonesia adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus yang terletak di Sleman Yogyakarta ini berdiri sejak tahun 1949 dan memiliki jurusan yang tercatat sebagai jurusan terbanyak di Indonesia. Saat ini UGM juga telah terakreditasi “A” dan menjadi salah satu yang terpopuler di kancah internasional. Jika Anda tertarik untuk kuliah di UGM, kunjungi situs resmi UGM untuk mengetahui semua informasi tentang kampus ini.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB)
Peringkat dunia: 644

Di peringkat ketiga menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada Universitas Brawijaya (UB). Kampus ini memiliki berbagai jurusan dengan berbagai disiplin ilmu. Yang menarik, rutinitas yang dilakukan mahasiswa UB adalah kuliah dari Senin sampai Jumat, selebihnya bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk berorganisasi dan berwisata. UB atau Unibraw yang berdiri sejak tahun 1963 telah terakreditasi “A” dan berlokasi di Malang Jawa Timur. Jika Anda tertarik, Anda dapat mengakses situs resmi UB untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor (IPB)
Peringkat dunia: 612

PTN terbaik di Indonesia menduduki peringkat ke-4 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada Institut Pertanian Bogor (IPB). IPB didirikan pada tahun 1963 dengan nama Institut Pertanian Bogor. Kemudian, pada tahun 2019, lembaga ini berubah nama menjadi IPB University. Saat ini kampus yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat ini telah terakreditasi “A”. Jika anda berminat, silahkan akses website resmi IPB untuk mengetahui informasi tentang kampus yang satu ini.

5. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (Unair)
Peringkat dunia: 659

Kampus terbaik kelima menurut Kemendikbud tahun 2022 adalah Universitas Airlangga. Universitas yang berlokasi di Surabaya ini berdiri sejak tahun 1954. UNAIR merupakan kampus tertua ketiga setelah UI dan UGM yang juga telah terakreditasi “A”.

UNAIR memiliki 3 kampus dengan 3 lokasi berbeda yaitu di Tambaksari, Gubeng, dan Mulyorejo yang ketiganya berada di Surabaya, Jawa Timur. Jika Anda membutuhkan informasi detail tentang kampus ini, silakan mengakses situs resmi UNAIR.

10 Universitas Tertua Negara-Negara ASEAN, Salah Satunya UI

Tentunya mengenal ASEAN bukan? Organisasi yang terbentuk sejak 8 Agustus 1967 ini memiliki 10 negara anggota, mulai dari Indonesia sampai Kamboja.
Di seluruh negara anggota ASEAN, dikenal banyak universitas terkemuka seperti NUS di Singapura, Chulalongkorn University di Thailand, dan lainnya. Namun, apakah kalian tahu kampus apa saja yang paling pertama didirikan oleh negara-negara tersebut?

Berikut ini informasi mengenai universitas-universitas pertama di negara-negara anggota ASEAN.

Universitas Tertua Negara-Negara ASEAN
1. Temple of Literature, Vietnam
Temple of Literature dikenal sebagai perguruan tinggi nasional pertama di Vietnam. Mengutip dari aseanvietnam.vn, Temple of Literature didirikan dinasti Ly Thanh Tong pada 1.070 untuk menghormati Konfusius.

Baca Juga : Daftar 10 Universitas Terbaik di Bandung Versi UniRank 2022, ITB Nomor Berapa

Enam tahun kemudian, dibangunlah Quoc Tu Giam di belakangnya dan menjadi akademi Kekaisaran Vietnam.

2. Universitas Santo Tomas (UST), Filipina
Universitas Santo Tomas didirikan oleh Uskup Miguel de Benadives, O.P. yang juga seorang Uskup Agung ketiga di Manila. Mengutip dari laman resmi kampus, pada 24 Juli 1605 dia memberikan seribu lima ratus peso dan perpustakaan pribadinya untuk pendirian kampus ini.

UST kemudian berdiri secara lengkap pada 28 April 1611. Kampus aslinya berlokasi di Intramuros. Mulanya UST dinamakan sebagai Colegio de Nuestra Señora del Santisimo Rosario, lalu berganti nama menjadi Colegio de Santo Tomas.

3. Universitas Indonesia (UI), Indonesia
Disebutkan dalam laman resmi UI, kampus ini dibangun sejak 1849. Mulanya UI bernama Dokter Djawa School, lalu berganti nama menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) pada 1898.

Dahulu, UI sebetulnya adalah sekolah tinggi ilmu kesehatan. Penamaan Dokter DJawa School sendiri dilakukan pada 1851. Nama Universiteit van Indonesië yang kemudian menjadi Universitas Indonesia mulai digunakan sejak 1950.

4. Yangon University, Myanmar
Awal mula kampus ini didirikan adalah sebagai perguruan tinggi yang berafiliasi dengan University of Calcutta pada 1878. Pada waktu itu, pendiriannya berada di bawah kekuasaan Inggris dan masih bernama Rangoon College.

Namanya berubah lagi menjadi Government College pada awal 1900-an dan diubah lagi menjadi University College pada 1920. Mengutip dari situs resmi kampus, pada 1989 universitas ini pada akhirnya resmi bernama University of Yangon.

5. Chulalongkorn University, Thailand
Perguruan tinggi ini didirikan pada 26 Maret 1917 oleh Raja Vajiravudh (Rama VI) dengan penamaan menurut nama ayahnya, Raja Chulalongkorn (Rama V). Mengutip laman IISMA, pendirian Chulalongkorn University dilakukan saat Rama VI memprakarsai kebijakan mempromosikan pendidikan, supaya negara tersebut mampu beradaptasi dengan dunia yang berkembang dan menghindari penjajahan.

6. University of Malaya, Malaysia
University Malaya didirikan 28 September 1905 di Singapura sebagai King Edward VII College of Medicine. Pada 8 Oktober 1949, kampus tersebut diubah menjadi University of Malaya dengan adanya penggabungan antara King Edward VII College of Medicine dan Raffles College.

Mengutip dari laman kampus, nama University of Malaya diambil dari kata Malaya, sebagaimana negara Malaysia dulu dikenal.

7. Royal University of Phnom Penh, Kamboja
Royal University of Phnom Penh mulanya dibuka sebagai Royal Khmer University pada 13 Januari 1960. Lalu, dengan berdirinya Republik Khmer, pada akhirnya namanya diubah menjadi Phnom Penh University.

Singkat cerita, perubahan nama terakhirnya sebagai Royal University of Phnom Penh baru terjadi pada 1996. Demikian dikutip dari Cooperation Committee for Cambodia.

8. National University of Singapore (NUS), Singapura
NUS memulai sebagai sekolah kedokteran dengan hanya 23 siswa pada 1905. Dikutip dari laman NUS, kampus ini didirikan sekelompok pengusaha yang dipimpin oleh Tan Jiak Kim untuk melayani kebutuhan masyarakat setempat.

Setelah waktu yang lama dan mengalami berbagai macam dinamika, NUS diresmikan pada 1980 dengan penggabungan antara University of Singapore dan Nanyang University.

9. Universiti Brunei Darussalam
Disebutkan dalam laman resminya, Universiti Brunei Darussalam berdiri pada 1985. Pada waktu awal dibuka, kampus ini menerima 176 mahasiswa.

Universitas ini pindah ke lokasi saat ini, di Tungku Link pada 1995, dengan adanya lingkungan yang kondusif untuk belajar dan penelitian.

10. National University of Laos (NUOL), Laos
Universitas ini didirikan pada 5 November 1996. NUOL adalah universitas komprehensif atau lengkap pertama dalam sejarah Laos.

Mengutip dari Inowasia, sejak hampir 26 tahun pendiriannya, NUOL telah mempunyai 13 fakultas, 2 institut, 1 perpustakaan pusat, 3 kantor pusat, 1 rumah sakit, 11 kantor, dan 1 sekolah untuk anak etnis dan berbakat.

Daftar 10 Universitas Terbaik di Bandung Versi UniRank 2022, ITB Nomor Berapa?

Lembaga pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank telah merilis daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia untuk edisi Agustus 2022. Termasuk di antaranya kampus-kampus terbaik di Bandung.
Dalam pemeringkatan UniRank, ada 582 perguruan tinggi di Indonesia yang memenuhi kriteria seleksi tahun 2022. Perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta masuk dalam kategori pemeringkatan versi UniRank 2022.

Kriteria Penilaian UniRank 2022

Dikutip dari laman resmi UniRank, ada tiga kriteria untuk menentukan kategori perguruan tinggi terbaik, yakni:

1. Perguruan tinggi telah diakui dan mendapat lisensi atau akreditasi dari lembaga yang memiliki kewenangan di Indonesia

2. Perguruan tinggi menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktor).

3. Perguruan tinggi menggelar kuliah terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, maupun jarak jauh atau online.

ITB Nomor Satu-Telkom Kedua
Dari penilaian tersebut, Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati peringkat pertama dalam UniRank 2022. Secara nasional, ITB menempati posisi keempat di bawah UI, UGM, dan UB.

Menyusul di peringkat kedua ada Telkom University yang termasuk perguruan tinggi swasta (PTS). Kemudian di posisi ketiga ditempati oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Berikut untuk daftar lengkapnya.

10 Universitas Terbaik di Bandung Versi UniRank 2022:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Peringkat nasional: 4

2. Universitas Telkom
Peringkat nasional: 11

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Peringkat nasional: 13

4. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD)
Peringkat nasional: 55

5. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
Peringkat nasional: 58

6. Universitas Komputer Indonesia
Peringkat nasional: 60

7. Universitas Islam Bandung
Peringkat nasional: 71

8. Universitas Pasundan (Unpas)
Peringkat nasional: 84

9. Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung
Peringkat nasional: 114

10. Universitas Kristen Maranatha
Peringkat nasional: 115

Itulah daftar universitas terbaik di Bandung versi UniRank 2022.

Exit mobile version